Apa Ide kalian untuk menaikan keadaan ekonomi kita??

seorang teman ada yang bertanya kepada saya terkait tulisan saya diatas tentang expor dan impor..
pertanyaan singkat nya gini..:
"mmh.. maksud lo dengan dalam jangka pendek lebih baik memperhatikan ekspor tuh gimana ya..?? and.. kenapa elo bisa bilang ekspor digenjot sama aja..?? bukannya ekspor lebih baik..?? kan mendatangkan devisa..??

kira kira begitu pertanyaannya..
oke..
sekalian saya jawab disini deh.. biar yang baca thread ini ikutan dapet pemahaman dikit..

mhh.. gini..

ekspor dan impor ya..??
hmm..
gak perlu penjelasan sampe terminologi eksport dan importnya kan ya..?? kita bypass aja

langsung ke pokok permasalahan.. tentang statement gue..
gini..
pada dasarnya.. ekspor memang akan terlihat lebih menguntungkan dari pada import.. karena.. sekali lagi benar.. eksport mendatangkan devisa..
tapi kita juga tidak boleh melupakan bahwa.. tidak ada negara mampu memenuhi segala kebutuhannya dari dalam negeri.. maka.. impor pasti dibutuhkan juga utk barang barang atau komoditi yang memang dibutuhkan yang tidak dapat disediakan dari dalam negeri..
let's say.. negara satu eksportir barang A... maka negara ini akan mendapatkan devisa dari eksportnya..
tapi negara satu ini juga membutuhkan barang B yang tidak mampu di produksi dalam negeri.. maka.. negara satu ini melakukan impor utk memperolehnya..
- kita masih membahas dua negara dulu.. negara satu.. dan lawan berdagangnya misalnya negara dua deh..-

terciptalah neraca perdagangan antara kedua negara tersebut.

kemudian.. disini lah letak titik tekan pada statemen saya bahwa.. dalam jangka pendek.. memang lebih baik memperhatikan ekspor..tapi tidak utk jangka panjang
kenapa..??
karena.. dalam jangka panjang.. jika siklus ekspor barang A sudah sedemikian establish..dan akibatnya kebutuhan dalam negeri pun tidak dapat lagi dipenuhi oleh produsen barang A (karena mementingkan produksi utk ekspor)
maka.. dari mana kita akan memperoleh barang A..??
xixixi..
ya impor..
disini lah letak kerugiannya..
karena pada saat kita melakukan impor atas barang A.. maka.. kita sudah memberikan nilai tambah utk barang A minimal sebesar 2 kali ongkos angkut..ditambah dengan margin keuntungan utk negara 2.. belum lagi selisih kurs yang terjadi..
dalam jangka panjang.. hal ini yang akan terjadi.. -apalagi jika ekspornya adalah bahan mentah (sedihnya.. ini yang banyak terjadi dinegara kita tercinta ini).. dan bukan barang olahan-

mhh.. kira kira gitu gambaran kasarnya..
 
Apa saran kalian untuk Indonesia???? orang miskin :Crybaby: orang kaya :Badgrin: tapi bapak dari ekonomi misikin pun berusaha! anak nya berusaha@! apa Ide kalian untuk menaikan keadaan ekonomi kita yang sedang menurun!?

pemerintah buka lahan pertanian seluas2nya
Tanam komoditas eksport misalnya: kelapa sawit, cengkeh, merica, pala dll
 
Back
Top