Platini Pangkas Inggris, Spanyol dan Italia

Adamsuhada

New member
Presiden UEFA, Michel Platini, sekali lagi mengungkapkan niatnya memangkas jumlah klub yang lolos ke Liga Champions. Tiga negara yang akan jadi target, Inggris, Spanyol dan Italia.

Setelah terpilih jadi Presiden UEFA menyisihkan Lennart Johansson, Platini menegaskan ingin memangkas jumlah klub yang lolos ke Liga Champions dari tiga negara tersebut. Kalau sebelumnya Inggris, Spanyol dan Italia meloloskan empat klub, maka pada tahun 2009 nanti ketiga negara itu hanya akan meloloskan tiga saja.

"Saya mengusulkan bahwa nantinya hanya akan ada tiga klub yang lolos, mulai 2009. Kita perlu menciptakan keseimbangan antara negara dengan klub-klub besar dan klub di negara UEFA lainnya," ujar Platini dikutip AFP, Senin (29/1/2007).

Jika pemangkasan itu jadi dilakukan, maka nada-nada tidak setuju sangat mungkin akan disuarakan klub-klub besar. Namun Platini tampaknya tidak ambil pusing dengan hal tersebut.

"Mereka tinggal berkonsentrasi finis di urutan tiga," sahut dia.

Namun legenda sepakbola Prancis itu juga menambahkan bahwa rencana pemangkasan tadi hanyalah bagian kecil dari proyeksinya secara keseluruhan selama empat tahun ke depan. Yang jadi isu utama dari masa kepemimpinannya nanti adalah seputar masalah solidaritas.

Menurut dia saat ini federasi sepakbola negara kecil memang telah diberikan lebih banyak dana, padahal masalahnya tidak melulu uang. Untuk itu dia mengusulkan untuk mengundang pelatih dari negara kecil ke negara sepakbola maju untuk belajar dan menambah pengalaman.

"Contohnya mengundang pelatih dari Georgia ke pusat latihan Prancis selama dua minggu. Semua pengeluarannya akan ditanggung UEFA," tandas pemain yang bersinar saat membela klub Juventus itu.
 
Back
Top