Platini akan kurangi jatah Inggris, Italia dan Spanyol

Adamsuhada

New member
Ketua UEFA yang baru, Michel Platini mengatakan pihaknya berencana mengurangi jatah klub Inggris, Spanyol dan Italia yang tampil di Liga Champions, dari empat klub menjadi tiga klub.

Rencana itu, kata Platini yang mengalahkan pejabat lama Lennart Johansson dalam pemilihan ketua UEFA Jumat lalu, merupakan salah satu agenda dari program besar yang akan dikerjakannya dalam empat tahun masa tugasnya ke depan.

Mantan bintang Prancis ini berharap pengurangan jatah untuk ke tiga negara tadi sudah bisa terwujud pada 2009 nanti. Artinya sejak musim 2009-2010, hanya tiga klub teratas hasil kompetisi liga domestik dari ke empat negara itu yang berhak lolos ke Liga Champions.

Pengurangan jatah itu, kata Platini, dimaksudkan demi pemerataan jatah setiap negara Eropa di ajang bergengsi tersebut.

"Kami perlu menyeimbangkan jumlah peserta antara negara-negara yang memiliki klub-klub besar dengan negara-negara anggota UEFA lainnya," jelas Platini seperti dilansir Reuters.

"Inggris, Spanyol dan Italia selama ini mendapatkan jatah dua plus dua ke Liga Champions (dua langsung lolos ke putaran grup, sedangkan dua lainnya melalui babak kualifikasi). Program saya, mereka hanya diwakili masing-masing tiga klub yang langsung lolos ke putaran grup. Itu dimulai 2009."

Rencana Platini ditentang keras oleh pelatih MU Sir Alex Ferguson dan pemain legendris Jerman Franz Beckenbauer yang memang sejak awal tidak menyetujui Platini sebagai ketua UEFA. Menurut mereka, format Liga Champions yang berlaku saat ini sudah bagus.
 
Back
Top