tolong dunx,,aki mobil tekor mulu??

udinsambel

New member
para penghunu ii,,tolong saran dan pengalamannya yah???

mobil saya toyota avanza jadi sering ngmbek gara-gara akinya tekor mulu, ini terjadi 1bulan belakangan ini karena memang lagi jarang dipake bisnya macet mulu di lebak bulus,,,

tolong yah???:D:D
 
bro pake aki kering atau aki basah?saya kurang tau ori nya avanza, ngga pernah megang ni mobil soalnya :D

logikanya, aki yang sehat ngga tekor walau tidak terpakai a.k.a ngendon, kalau ternyata tekor berarti something trouble, bisa di cek :
1. air aki, hanya berlaku u aki basah
2. kabel2 kelistrikan dan panel2, pastikan semuanya off saat mesin di matikan, dan pastikan tidak ada kabel yang unground
3. alternator dan dinamo, 2 hal ini sering berkaitan kalau bermasalah. cek alternator bisa menggunakan alat amperemeter, pastikan daya nya tidak drop saat mesin di hidupkan dan semua perangkat kelistrikan dinyalakan (lampu2, tape dst). cek Dinamo bisa dilakukan simple saat menyalakan mesin, terasa berat atau tidak, dinamo yang kumparannya sudah aus, biasanya berat banget waktu mau di starter, otomatis kondisi ini menyedot arus listrik yang banyak, dan bisa mengakibatkan aki tekor


semoga membantu :)(
 
1 Sifat dari aki mobil adalah, jika dia sudah terisi Air Aki ( Aki Basah ) dia akan membunuh dirinya sendiri, sering disebut self discharge.
Jadi jika dalam kurun waktu lama sebaiknya di charge diluar ( ditukang tempat charge Aki )
Tapi jika kondisi itu sudah dilakukan maka coba diperiksa pengisian akinya atau sering disebut Alternator, Alternator yang pengisiannya terlalu berlebihan maka menyebakan over charge dengan indikator bahwa air aki sering kurang dan berakibat komponen matril dari plate aki akan berantakan.
Coba dech cek ..bagian mana dari dua kemungkinan tersebut.
Selamat mencoba............
 
please help me,..
saya punya mobil toyota picnic tahun 1999 tetapi master kunci kontak hilang, mohon saran dan anjurannya, gimana untuk dapatkan kunci penggantinya, terima kasih atas perhatiannya.
 
Aki thekor karena lama tidak diisi. Maka beli saja charger yang bagus untuk mengisi aki ketika mobil lama tidak dipakai.
 
Back
Top