Kisah Para Seniman, dsb

purin

New member
Pelukis Rafael Meninggal Dunia
483 tahun yang lalu, yaitu tanggal 10 Oktober tahun1520, Rafael, pelukis, pematung, dan arsitek Italia, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1483. Setelah berkenalan dengan pelukis-pelukis terkenal dan belajar dari mereka, Rafael akhirnya menjadi salah seorang pelukis terkenal di Italia dan Eropa. Karya-karya terkenal Rafael, di antaranya berjudul "Keluarga Suci", "Sekolah Athena" dan "Kemenangan Relijius".

Francois Gerardon Meninggal Dunia
288 tahun yang lalu, yaitu tanggal 10 Oktober 1715, Francois Gerardon, seorang pematung Perancis, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1628. Keterkenalan Gerardon telah menarik perhatian Kanselir Perancis saat itu, Cardinal Richelieu, sehingga ia menyuruh Gerardon untuk membuat patung dirinya. Karya-karya Gerardon lainnya adalah "Apollo and The Nymphs" dan "The Rape of Proserpine".

Sidang Pertama Mahkamah Internasional Den Haag
101 tahun yang lalu, yaitu tanggal 10 Oktober tahun 1902, diadakan sidang pertama Mahkamah Internasional didirikan di kota Den Haag, Belanda. Mahkamah Internasional didirikan pada tahun 1899 atas proposal Tzar Nikola, kaisar kedua Rusia. Mahkamah ini merupakan salah satu lembaga peradilan internasional tertua dan berada di bawah PBB. Salah satu kewajiban terpenting Mahkamah Internasional Den Haag adalah menyelesaikan perselisihan negara-negara dunia dan mencegah terjadinya perang di antara mereka. Dalam Mahkamah Internasional Den Haag, terdapat 15 hakim yang dipilih oleh Majelis Umum dan Dewan Keamanan PBB tanpa mempertimbangkan kewarganegaraan mereka. Negara-negara dunia dapat menerima keputusan Mahkamah Internasional, secara penuh atau dengan syarat.

Marcel Proust Meninggal
81 tahun yang lalu, yaitu tanggal 10 Oktober tahun 1922, Marcel Proust, seorang penulis roman Perancis meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1871 di Paris. Proust menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum di Univesitas Sorbonne Perancis. Karya Proust yang paling terkenal adalah "Remembrance of Things Past" yang berisi otobiografinya sendiri. Di dalamnya, Proust menceritakan masa kecilnya, observasinya terhadap gaya hidup kaum aristokrat, dan berbagai pengalaman pribadi lainnya.

Jaroslav Hasek Meninggal

81 tahun yang lalu yaitu tanggal 10 Oktober tahun 1922, Jaroslav Hasek, seorang penulis pejuang kemerdekaan Cheko, meninggal dunia. Dia dilahirkan di kota Praha pada tahun 1889. Pada saat itu, negaranya berada di bawah kekuasaan imperium Austria-Hongaria. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Hasek memulai aktivitas perjuangan untuk kemerdekaan negerinya dan karena itu, dia berkali-kali dipenjarakan. Setelah Perang Dunia Pertama berakhir dan runtuhnya imperium Austria-Hongaria pada tahun 1918, Cheko dan Slovakia merdeka dan mendirikan negara gabungan, yaitu Chekoslovakia. Sebelum masa Perang Dunia Pertama, Hasek telah menghasilkan karya sekitar 500 cerita pendek humor. Karyanya yang paling terkenal adalah "The Adventures of The Good Soldier Scheweik".

Negara Fiji Merdeka
33 tahun yang lalu, tanggal 10 Oktober 1970, negara Fiji meraih kemerdekaannya dari Fiji dan hari ini dijadikan sebagai Hari Nasional Fiji. Negara ini mulai dijajah Inggris pada tahun 1873 dan terus berlangsung hingga lebih dari sembilan puluh tahun kemudian. Pada tahun 1965, diberlakukan undang-undang dasar baru di Fiji yang bertujuan untuk mendirikan pemerintahan sendiri. Akhirnya, baru pada tahun 1970, Fiji meraih kemerdekaan penuh.

Fiji adalah sebuah negara yang terdiri dari pulau-pulau dengan luas wilayah 18.274 kilometer persegi dan terletak di barat daya Samudera Pasifik.

Muhamad Khalidi Wafat

224 tahun yang lalu, yaitu tanggal 13 Sya'ban 1200 Hijriah, Husain bin Muhammad Shaleh Khalidi, seorang ulama terkemuka abad ke-13 Hijriah, meninggal dunia. Dia dilahirkan di Baitul Muqaddas dan di kota itulah ia menuntut ilmu-ilmu yang berkembang pada zaman itu. Selain dikenal sebagai ulama, Khalidi juga terkenal karena keahliannya dalam menulis indah dan menyusun syair dalam bahasa Arab
 
bagus tuh buat refensi sok tahu ku ahhhhh!
ehhhh kamu kok bisa manis sih??? rahasianya apa neng???????????
 
Back
Top