Kepedulian Terhadap Sesama

xraith

New member
Membaca koran kompas kemaren pagi di kantor sungguh mengugah hati, di rubrik Kilasan Kawat Sedunia, disebutkan ".....Pejabat cile (Santiago) putus asa dalam menemukan seekor anjing yang membuat banyak orang kagum. Anjing itu tertangkap kamera jalan tol di cile sedang menarik tubuh seekor anjing lainnya yang sekarat di tabrak mobil.

Anjing yang di duga tak bertuan itu menarik tubuh anjing yang ditabrak ke median (trotoar) jalan yang aman dari arus lalu lintas. Anjing yang sekarat itu akhirnya mati, tetapi rekaman kamera yg disiarkan ke seluruh dunia tersebut mengundang decak kagum pemirsanya.. ....".

Subhanallah bagaimana seekor anjing bisa mempunyai kepedulian begitu besar terhadap sesama-nya.. .??? Kisah Nyata tersebut memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kita manusia, bahwa kita haruslah bisa saling tolong menolong dalam mengarungi bahtera kehidupan dunia ini. Terlebih lagi sebagai sesama pengusaha muslim hendaklah bisa saling tolong menolong dalam berbuat kebajikan... , saling menasehati dan ber-empati kepada sesama saudara kita yang sedang mengalami kesulitan, serta berupaya dengan segala kemampuan kita untuk menolong mereka keluar dari kesulitan tersebut....

Oleh karena itulah untuk dapat memberikan pertolongan yang maksimal atas orang yang membutuhkan, Kelompok pengusaha muslim ini haruslah kuat ; kuat dalam arti keimanan dan kemampuannya untuk menolong.... Untuk dapat menjadi kuat kita haruslah bersatu padu mesninergikan segala kemampuan dengan arah dan tujuan yang jelas untuk mendapatkan "mardhotillah" (ridhonya allah).

Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan bersinergi dengan pesantren Darul Falah Ciampe Bogor (ini hanya sekedar ide dasar dari saya), dan alhamdulilah insyaallah akan direspon dalam pertemuan tgl 13 desember 2008 di pesantren Darul Falah ciampea Bogor. Dengan adanya sinergi tersebut maka kekuatan kita sebagai pengusaha muslim akan menjadi besar, sehingga kemampuan kita untuk dapat menolong sesama anggota member pengusaha muslim yang berada dalam kesulitan juga akan lebih kuat..... sodaqoh, zakat, infaq yang dikeluarkan- pun dengan adanya sinergi bisnis ini akan menjadi lebih besar.

Langkah konkritnya dapat dimulai dengan 1 orang member berinvestasi untuk 1 produk, misalnya di bidang pertanian atau peternakan, dengan akad yang jelas. Lalu jika bisnis tersebut dapat dikelola dengan baik; produksi, distribusi dan pemasarannya tentulah akan menjadi lebih besar dari waktu ke waktu. Akibatnya akan lebih banyak keluarga muslim yang tidak mampu terberdayakan dan tersantuni.. ..karena jika kita membiarkan para keluarga muslim hidup dalam kesulitan tentulah ini akan mendekatkan mereka pada ke kufuran.

Hal ini sesuai dengan hadits nabi "kemiskinan itu dekat dengan kekufuran". Dan bukankah Allah SWT memerintahkan kita untuk tolong menolong dalam berbuat kebajikan Jadi sepantasnya- lah kita peduli dan memikirkan hal ini....??? Kalau bukan Kita sebagai pengusaha muslim yang berkontibusi memikirkan hal ini, lalu siapa lagi....???
Wallahu a'lam bi showab. Semoga bermanfaat.. ..

Sory ni ye...
bukan bermaksud mw curhat,
eh..
ceramah..
 
ya ampun... mengharukan banget tuh anjing...
kayakny aq harus belajar banyak dari dy...

bukan apa-apa
kadang=kadang aq tlalu sibuk dengan diri sendiri sampe2 ga memperhatikan orang lain...
fiuh...
klo melihat kepedulian seperti itu, rasanya hidup menjadi lebih indah ya...
 
Klo binatang bisa peduli terhadap sesamanya..??
kenapa kita sebagai manusia yang dikatakan solider tidak mampu menunjukkannya..???
 
Bls: Kepedulian Terhadap Sesama

@xtraith
Manusia itu memiliki banyak kepentingan sehingga kadang2 ia memilih utk peduli pada org yg punya kepentingan sama dan tak peduli pada yg lain. Sedangkan hewan tak banyak kepentingan, diantaranya cuman kecukupan makanan dan kenyamanan
 
Back
Top