Jihad

bukan hanya sekadar berjuang di medan peperangan untuk menegakkan agama Allah semata-mata malah jihad juga merangkumi perjuangan menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar, jihad melawan nafsu, berjihad menyatakan kebenaran Islam, berjihad menghapuskan kezaliman dan penindasan, berjihad menentang musuh-musuh Islam dan sebagainya.

keren nah ini baru mudeng

keren bay 3 bintang deh
 
pedagang yang dalam melakukan perdagangannya selalu memegang teguh contoh dari rasulullah juga berjihad..
yang seperti apa..? yang mengatakan bahwa yang jelek itu jelek dan tidak mencampur campurnya.
sekarang ada gak ya pedagang yang kayak gitu..? he..he.. kayaknya udah langka ya.. mungkin udah setara sama unicorn atau lochness kali ya..?
 
Secara umum jihad ada 2, jihad dlm suasana perang dan jihad dlm suasana damai. Apa yg diposting saudara bayu adalah jihad dlm suasana damai yg pelaksanaannya memang jauh lebih sulit drpd jihad perang. Jihad damai (spt di negara Indonesia ini) memang jauh lebih sulit drpd jihad perang, tetapi tidak 'mematikan' kaidah2 jihad perang dan bersembunyi dibalik kata damai, itu pengecut namanya. Sebuah negara diserang oleh pasukan asing (semisal Palestina yg baru2 ini dibantai oleh Israel, +/- 230 orang tewas, sbagian besar wanita dan anak2 yg sedang bermain di jalan kota Gaza) akankah penduduknya berdiam diri? Melawan penjajah membela tanah air dg bergerak adl jihad perang seperti yg ditunjukkan eyang2 kita dulu melawan penjajah, soal hati itu urusan personal dg Allah SWT.

"Telah diizinkan (berperang) bagi orang2 yg diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu. (Yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar,.." (QS. al-Hajj 39)
 
so
seorang suami yang berangkat kerja dengan niat tulus tuk memberi nafkah keluarga juga bisa dikatakan jihad

seorang ibu jika ia meninggal karena berusaha mati-matian untuk ngelahirin sang anak jg dikatakan jihad

mungkin sangat luas, pengertian dan parameter jihad
 
Ups.. korban saudara2 kita di Palestina jadi 360 orang!

Secara harfiah jihad berarti 'berjuang'. Kata jihad berasal dari kata jahd atau juhd yang berarti, 'kemampuan', 'menggunakan kekuatan untuk mengusir musuh'. Yang artinya juga mencakup berjuang memperbaiki diri.

Yup bang lisaristina, itu termasuk jihad dlm keadaan damai. Jihad melawan nafsu diri, jihad mencari nafkah, jihad berniaga, jihad dlm rumah tangga dll..

Penafsiran jihad oleh ulama tentu ada yg berbeda tergantung bagaimana keadaan negerinya.
 
smoga saudara2 kita yang di palestina yang menjadi korban kekejaman israel diterima seluruh amal baiknya, & di ampuni segala dosa2nya.. smoga diterima di sisi Allah SWT.. amien..
 
smoga saudara2 kita yang di palestina yang menjadi korban kekejaman israel diterima seluruh amal baiknya, & di ampuni segala dosa2nya.. smoga diterima di sisi Allah SWT.. amien..

Amien...kita semua harus prihatin tentang masalah ini. Bantulah dengan doa2 dalam salat 5 waktu. Kalau ada uang extra, kirimlah ke sana untuk obat2an dan makanan melalui organization seperti islamic relief (www.irw.org). Smoga Allah memberi kemenangan bagi kita.
 
Bersumber dari Abu Hurairah r.a. ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa meninggal dunia, sementara ia tidak pernah berjihad dan tidak mempunyai keinginan untuk berjihad, maka ia meniggal dunia dengan masih membawa cabang kemunafikan."

(HR Muslim)

Dari kitab Bulughul Maram hadist no. 1283
 
Back
Top