Dari Mana Datangnya Komedo?

her_is_mine

New member
Pasti ada saatnya di mana Anda merasa sebal dengan komedo di wajah Anda. Mau dikeluarkan, kok rasanya sakit, ya? Tapi jika dibiarkan akan mengganggu penampilan dan membuat wajah Anda nampak tidak fresh. Sebenarnya apa sih komedo itu? Bagaimana cara mengenyahkannya?
Komedo dikatakan sebagai bentuk awal dari jerawat. Banyak hal yang menyebabkan komedo muncul, tapi yang utama adalah aktifnya kelenjar minyak di kulit. Polusi dan udara yang panas adalah hal yang berperan penting dalam merangsang aktifnya kelenjar minyak tersebut. Karena kita tinggal di negara yang tingkat kelembabannya tinggi, maka kita ‘korban’ potensial komedo.
Komedo adalah hasil dari penumpukan minyak di kulit wajah dan sel kulit mati yang terkontaminasi dengan kotoran dan menyumbat pori-pori. Bentuknya kecil dan berwarna putih atau hitam. Komedo berwarna putih biasanya berada di bawah permukaan kulit, karena itu sulit dikeluarkan. Sementara yang berwarna hitam biasanya sudah muncul di atas kulit wajah, sehingga mudah dikeluarkan.
Biasanya komedo muncul di daerah dahi, hidung, dan dagu. Jika komedo berinteraksi dengan bakteri, maka muncullah jerawat. Kulit wajah yang berkomedo biasanya adalah kulit yang berpori-pori besar. Kulit jenis ini biasanya memang mudah ditumbuhi jerawat jika tidak dijaga kebersihannya.

Bagaimana cara menghilangkan komedo? Kulit wajah tiap-tiap orang berbeda dan kecocokkannya terhadap produk perawatan wajah juga berbeda-beda. Karena itu tak ada gunanya menyarankan menggunakan berbagai macam produk yang mungkin ampuh untuk orang-orang tertentu, tapi akan jadi bumerang untuk orang yang lain. Maka itu, untuk mengatasi komedo, facial adalah langkah yang paling tepat. Lakukanlah facial secara berkala, yakni paling tidak sebulan sekali untuk membersihkan komedo yang sudah muncul.
 
facial dapat dilakukan dirumah Cukup luangkan waktu kamu sekitar 25-30 menit
Yang harus di siapkan:
Pembersih wajah, Krim untuk pengelupasan (scrub), Air hangat dan waslap khusus wajah, Masker(tergantung jenis kulit wajah), Pelembap

1. Bersihkan Wajah
Bertujuan mengangkat semua kotoran sebagai langkah awal. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, bersihkan dengan foaming cleanser/busa pembersih (soap-free). Untuk kulit kering, pakailah cream cleanser/susu pembersih.

2. Pengelupasan
Dengan menggunakan jari-jari tangan Anda, usapkan krim scrub membentuk gerakan sirkular pada wajah Anda. Konsentrasikan area sekitar hidung dan dahi jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi. Basuh wajah sampai bersih mengingat butiran krim scrub cenderung mengeringkan kulit.

3. Penguapan
Isi baskom berukuran sedang dengan air hangat, celupkan waslap khusus untuk wajah, peras lembut lalu tekan-tekan wajah Anda sebanyak 2-3 kali

4. Kenakan Masker
Kulit kering disarankan untuk menggunakan masker berbentuk hydrating gel atau krim. Kenakan masker selama 10-20 menit (atau sesuai instruksi pada kemasan) dengan menghindari area sekitar mata. Bersihkan dengan air.

5. Berikan Pelembap
Langkah selanjutnya bubuhkan pelembap, namun hindari pelembap yang mengandung retinol atau asam, karena dapat mengeksfoliasi kulit secara berlebihan (over-exfoliate)
 
Ini ada beberapa cara untuk setidaknya mencegah datangnya komedo :
1. Membersihkan wajah minimal 2x sehari.
Kalau punya aktifitas padat di luar ruangan, sering membersihkan muka.
2. Hindari berbagi kosmetik, peralatannya, dan face towel dengan orang lain.
3. Sering mengganti handuk dan sarung bantal.
4. Perbanyak minum air putih. Untuk menghilangkan toksin.
5. Hindari junk food, makanan berlemak, dan makanan pedas.
6. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang alami.
 
mending pake yg natural aja

dengan meningkat kan metabolisme tubuh dan berkeringat,.,.,maka penyumbat kotoran diwajah (sebelum jadi komedo) akan mudah keluar

bisa ikut gym atau olah raga lainya
 
Komedo tuh bukannya yang diluncurin gitu, yang biasa ada di perang-perang tuh ? Komedo kan itu ?

Komedo itu adanya di hutan hutan dekat sungai, tapi udah mulai punah seh...
Oot ah |:mad:


ribet juga ya..
apalagi gw cowok...tyus kulit gw agak kering gitu..masak pake susu?>8o
 
intinya harus rajin2 bersihin muka n pola hidup sehat ya,,,
nah, g tmasuk yg lom bs terapin poa hidup sehat tuh,,,
masih sk ngemil gorengan n junk food,,, hehehe
 
Back
Top