Proses Pembutan Batu Bata Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Bisnis, Peluang Usaha & Lowongan Kerja > Bisnis Offline & Peluang Usaha
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Proses Pembutan Batu Bata

PROSES PEMBUTAN BATU BATA



kawula muda kemarin gw berkunjung (5/1 2009) kedaerah parung panjang letaknya desa gerong di sana gw jumpa dengan pak Rt Dayat. wah..walaupun di perjalanan gw harus menebus mentari yang keras. Tapi kawula muda ketahui semua itu terbayar setelah gw sampai di lokasi, tenang dan nyaman pokonya kaga terbayangkan deh..
Di sana gw melihat bagai mana proses pembuatan batu bata. Kawula muda pasti tahu yang nama nya batu bata, itu loh yang di jadikan sebagai tempat kita bernaung. nah maka dari itu kawula muda jangan sampai dong meluapakan mereka orang berjasa untuk kita yah setidak nya kamu-kamu bisalah sekali-sekali datang dan berkunjung kesana dan melihat bagai mana proses pembuatan batu bata.
di bawah terik mentari gw melihat beberapa orang menggali tanah tanpa lelah
wah mereka-mereka itu sudah seperti robot. Di saping itu Bapak dayat yang selaku pak Rt memberi sedikit pada gw bagai mana cara pembuatan batu bata
awalnya dari tanah atas yang di ambil sedalam tiga meter lalu tanah tersebut di basahkan dan di masukakn kedalam mesin yang model tempo doloe. Tapi walau mesin tempo dulu dia dalam sehari bisa menghasilkan sekitar lima belas ribu batu bata yang tercetak. Setelah itu batu batu tersebut di jemur selama kurang waktu satu bulan setelah itu baru deh di masukakn kedalam pembakaran yang nama nya di entep. hehehe pasti kawula muda tdak tahukan yang nama nya di entep kalau mau tahu datng dong kesana dan lihat langsung bagai mana proses pembuatannya pokonya kalau sudah lihat gw jamin lo pada kaga nysek deh.
Batu bata tidak bagus bila di buat dari tanah lepung karena itu hasilnya akan jelek yah katanya sih pada retak - retak jadi tidak seperti tanah atas ituloh kawuala mudadan untk hasil nya bisa lebih bagus lagi hasilnya tanah atas di campur dengan tanah lempung.
Tau tidak tempat pembakaran (LIO) yang berukuran 4x3 meter itu dapat membakar nbatu bata sekitar empat puluh ribu wow banyak juga yah. gw aja sempat heranloh waktu melihat nya dan kayu yang di gunakan untuk membakar batu bata itu bisa mencapai kurang lebih dua truk gila gila yah banyak banget mungkin kalau lagi di bakar kita berada di situ akan pasti akan merasakan panasnya api pembakaran. Sayang kemarin gw tidak sepat melihat proses pembakaran nya habis warga indonesiaindonesia.com waktu sudah menunjukkan tidak mungkin gw harus menunggu pembakaranya. oh..iya kawula muda tahu tidak selama dua puluh empat jam batu bata itu di dalam pembakaran(entep) lama juga yah. Nah begitu rekan - rekan muda. Setlah seleasi pembakaran batu batu tersebut di bawa kedaerah - daerah yang lebih di utamakan yah kejakarta.
Dan hasil usainya galian atau pengambilan tanah yang untk di gunakan pembuatan batu bata lahan lahan yang berlobang itu di gunakan oleh warga setempat di gunakan untuk lahan pertanian wah kaya nya saling menguntngkan yah. Nah dari seakarang deh kita yang muda-mudi mencari dan meneliti bagai mana di negri kita ini yang segal sesuatunya bisa dapat menhasilkan sebuah usaha, siapa tahu aja rekan muda-mudi mau menjadi pengusa batu bata. AJS BTVIA+
debu_jalanan
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Proses Pembutan Batu Bata

wah, mas debu_jalanan, menarik sekali tuh ...
itu pabriknya didaerah mana ya? pasti skalanya besar ya ...
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Proses Pembutan Batu Bata

hmmm kalau ada fotonya bisa lebih enak nich...
TamanDewi
City Level

Post: 414
 
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
anak kecil hobi makan batu bata ramon Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 12
kisah batu dan mutiara d4n1el Kristen Protestan 0
Batu Empedu mozilla_solo1 Kesehatan 0
Batu Besar neyzka Kesehatan 1
Batu - Peribahasa Movistar Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.