Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

Jerman itu... waktu memulai perang th 1939 superior banget. Cuma dalam waktu setahun (hingga 1940), bberapa negara langsung takluk pada mereka, mulai dari Polandia, Denmark, Norwegia, Belgia, Belanda dan puncaknya Perancis.

Tapi setelah itu, ekspansi mereka berjalan lamban, sebelum akhirnya berbalik memukul ke arah Jerman sendiri hingga akhirnya menyerah pada April 1945.

Menurut pendapat saya, ada beberapa hal penyebab kekalahan Jerman tersebut:

1. Keputusan menyerang Rusia (Operasi Barbarosa), karena hal itu berarti membuka fron tempur di dua tempat, Barat dan Timur. Terbukti mereka hancur total di Rusia.

2. Membiarkan lolos 340,000 tentara Inggris dan Perancis di pantai Dunkirk yang berarti membiarkan mereka bersiap diri untuk kembali menyerang Jerman di kemudian hari. Terbukti sebagian besar dari mereka bergabung kembali dalam invasi Normandia pada 6 Juni 1944.

3. Biaya produksi peralatan perang yang terlalu tinggi, sebab biaya untuk membuat 1 tank Tiger setara dengan produksi 3 buah Tank T-34 Uni Soviet. Peralatan tempur Jerman itu memang berkualitas baik dan banyak ditiru pasukan Sekutu, namun biaya untuk memproduksinya terlalu mahal.

4. Kebiasaan Hitler menginvasi keputusan militer, karena Hitler ini memang orang yang sangat keras kepala sehingga sering berbenturan dengan jendral-jendralnya. Apabila keputusannya ditentang, dengan segera ia mengganti jendral-jendral tersebut. Contoh paling jelas adalah, keputusan menaklukkan Stalingrad, yang akhirnya menjadi kuburan bagi 600,000 tentara Jerman terbaik. Jendral-jendral Jerman sebenarnya lebih memilih untuk menaklukkan Moskow dan Leningrad, tapi Hitler memaksa mereka bergerak ke Stalingrad.

5. Ideologi Nazi yang kaku dan sangat rasial juga membuat mereka mempunyai musuh tidak hanya pasukan (militer) negara lain, melainkan juga para penduduk sipil di negara-negara yang mereka taklukkan. Sehingga para penduduk ini sering melakukan sabotase kecil dan serang sporadis yang cukup merepotkan Jerman. Contoh paling jelas adalah terbunuhnya tangan kanan Heinrich Himmler, Reynhard Heidrich di Cekoslowakia, yang ditembak oleh pejuang-pejuang Ceko ketika ia sedang naik mobil terbuka.

Ada pendapat lainnya nggak?
febbydc
City Level

Post: 114
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

wah pak bapak ini pintar dalam menganalisa suatu strategi
jangan jangan bapak anggota BIN
rizalolo
Mod

Post: 45.525
 
Reputasi: 261

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

Bisa aja pak lolo ini.... Nggak ah... jauh-jauh dari yg begituan.... serem...
febbydc
City Level

Post: 114
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

yg pasti sih karena sehebat-hebatnya Hitler, dia jg manusia yg bisa khilaf..

terutama karena membiarkan ratusan ribu tentara inggris lolos (no. 2)
dian9ball
City Level

Post: 165
 
Reputasi: 0

__________________
CANCER

I Can't Smile Without You

Recent Blog:





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

Sebenarnya saat itu (23 Mei 1940), Panzer-panzer Jerman dibawah pimpinan Heinz Guderian sudah berada di tepi kota dunkirk dan bersiap melanjutkan gerakan ofensif mereka untuk menawan 340.000 tentara Inggris dan Perancis yang bertahan di pantai kota tersebut. Semangat tempur mereka pun sebenarnya sudah rontok. Akan tetapi, tiba-tiba datang pesan radio dari Berlin yang menyatakan bahwa Hitler memerintahkan Guderian untuk berhenti maju.

Keputusan yang sangat aneh. Hingga akhirnya, ketika ia membatalkan keputusan tersebut tiga hari kemudian, semuanya sudah terlambat, karena Ingrris telah berhasil mengevakuasi seluruh 340.000 prajuritnya dan prajurit Perancis dari Dunkirk ke kepulauan Inggris Raya.
febbydc
City Level

Post: 114
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

wahh coba di bantai aja pasukan inggris
rizalolo
Mod

Post: 45.525
 
Reputasi: 261

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

Kalau itu terjadi pak lolo... sejarah dunia kita pasti udah berbeda sekarang... karena mungkin bisa membuat Perang Dunia II nggak berakhir di tahun 45, mungkin bs lebih lama lagi...
febbydc
City Level

Post: 114
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

iyo
marhas_03
Continent Level

Post: 2.056
 
Reputasi: 3

__________________
RAMBO RI



Berilah aku BINTANG agar dapat bersinar





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

Apalagi kalo jerman memutuskan untuk nggak nyerang Uni Soviet, tapi malah bersekutu dengan mereka.... Udah deh... abis nih seluruh dunia...
febbydc
City Level

Post: 114
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Penyebab Kekalahan Jerman di Perang Dunia II

setuju ama point 1 pak, buka front di timur

yang pasti, jerman kalah bukan gara2 amerika masuk ke pertempuran
waktu itu emang jerman udah lemah juga

tapi kalo waktu itu jerman dibiarin menang serem juga pak.
bisa2 ujung2nya merambah ke asia


salam kenal bro n sis semua
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Perang Dunia ke Dua xraith Humor 9
Perang Dunia II langit_byru Sejarah & Budaya 4
Perang Dunia I langit_byru Sejarah & Budaya 1
Perang Dunia Ke III andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.