kata tunjuk dalam bahasa jepang
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Japanese

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

kata tunjuk dalam bahasa jepang

1. kono, sono, ano dan dono

Kono berarti “ini” dalam bahasa Indonesia. Dalam penggunaannya kata “kono” harus dibarengi oleh kata benda yang menjadi subyek kalimat. Kono berarti menunjukan benda yang dekat dengan si pembicara Contoh :

Kono kompyuta ga watashino desu
(computer ini punya saya)

Sono berarti “itu” dalam bahasa Indonesia, penempatan dan penggunaannya sama dengan kata “kono” yang berbeda adalah benda atau subyeknya. Subyek di sini yaitu sesuatu yang jauh dari si pembicara dan dekat dengan lawan bicara. Contoh :

Sono hon wa anatano desuka ?
(buku itu apakah punya kamu)

Ano berarti “itu” dalam bahasa Indonesia. Sama seperti “sono” namun dalam hal ini benda yang akan ditunjuk jauh dari si pembicara dan lawan bicara. Contoh :

Ano aruita onna wa anatano koibito desu ne
(wanita yang sedang berjalan itu pacar kamu yah !)

Dono berarti “yang mana”, kata ini digunakan sebagai kata Tanya penggunaannya setelah kata “dono” adalah kata benda yang menjadi objek pertanyaan. Contoh :

Anatano jidosha wa dono jidosha desuka ?
(mobil punya kamu mobil yang mana ?)

2. kore, sore, are, dan dore

Meski dalam pengertiannya kata “kore, sore, are dan dore” sama dengan kata “kono. Sono, ano, dan dono” akan tetapi pola kalimat yang digunakan berbeda. Dalam kata tunjuk “kore, sore, are, dan dore” setelah kata tunjuk harus menyebutkan partikel seperti wa, ga, dan desu jadi tidak menunjuk langsung kepada kata benda.

Kore berarti “ini” dalam bahasa Indonesia. Kata ini digunakan untuk menunjukan benda yang dekat dengan si pembicara. Contoh :

Kore wa anatano hon desuka ?
(apakah ini buku punya mu ?)

Sore berarti “itu” dalam bahasa Indonesia, kata “sore” digunakan untuk menunjuk benda yang dekat dengan lawan bicara dan jauh dari pembicara. Contoh :

Sore wa kereina hana desu ne
(itu bunga yang bagus yah)

Are berarti “itu” dalam bahasa Indonesia, sama seperti “ano” yang menunjuk kepada benda yang jauh dari pembicara dan lawan bicara. Contoh :

Are wa watashino uchi desu
(itu rumah saya)

Dore bararti “yang mana” dalam bahasa Indonesia, sama seperti kata “dono” yang brbeda hanyalah pola penggunaannya. Contoh :

Anatano jidosha wa dore desuka ?
(mobil punya kamu yang mana?)

selamat belajar
ganbatte kudasai ne !!

belajar bahasa jepang di sini
munarman_182
munarman_182 munarman_182 is offline
Home Level

Post: 6
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

wah arigato den munarman_182
otoy otoy is offline
City Level

Post: 304
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

biar lebih cepat ngapalin, ada rumusnya : hapalin aja kata KO SO A DO. Tinggal ditambah no, re, chira,
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

loch kamu mudeng juga ?
chickenfighter
chickenfighter chickenfighter is offline
World Level

Post: 15.245
 
Reputasi: 38

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Resmi Jadi Kakek   





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

iyah, KO SO A DO,

KO... : Dekat pembicara.
SO... : Jauh dari pembicara.
A... : Jauh dari pembicara dan orang yang diajak berbicara.
DO... : Untuk menanyakan.

Ntar tinggal ditambah re, no, ko, chira....
kecuali ketika nunjuk tempat ( tambah ko ) A bukan jadi Ako, tetapi jadi Asoko.

Contohnya :
Koko wa ginkou desu. ( Disini adalah bank ).
Soko wa ginkou desu. ( Disitu adalah bank ).
Asoko wa ginkou desu. ( Disana adalah bank ).
Doko wa ginkou desu. ( Bank ada dimana ? ).

Sedangkan untuk bentuk yang lebih sopannya, ditambah chira.
Contohnya :
Kochira wa otoire desu. ( Sebelah sini adalah toilet ).
Sochira wa otoire desu. ( Sebelah situ adalah toilet ).
Achira wa otoire desu. ( Sebelah sana adalah toilet ).
Kochira wa otoire desu. ( Toiletnya di sebelah mana ? ).
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

tau dari mana say
chickenfighter
chickenfighter chickenfighter is offline
World Level

Post: 15.245
 
Reputasi: 38

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Resmi Jadi Kakek   





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

Lah aku kan diajarin bahasa jepang, bahasa inggris, bahasa indonesia, bahasa mandarin sama bahasa perancis. Kalau nurut aku, di antara bahasa asing, bahasa jepang tuh yang paling mudah dipelajari. selain bacanya sama, rumusnya juga hampir sama kayak bahasa indonesia. Tinggal ngapalin kosakatanya aja. Bisa cas cus.....
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

ow iya lupa aku klo kamu kejar paket b nya di jepang
chickenfighter
chickenfighter chickenfighter is offline
World Level

Post: 15.245
 
Reputasi: 38

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Resmi Jadi Kakek   





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: kata tunjuk dalam bahasa jepang

Teman-teman bila ada yang ingin belajar bahasa Jepang,kami siap membantu.Didukung oleh tenaga pengajar yang sangat pengalaman.Siap datang ke rumah atau kantor anda ( in house training )
asnaspatria
asnaspatria asnaspatria is offline
Village Level

Post: 20
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: kata tunjuk dalam bahasa jepang

Kutip:
Oleh munarman_182 View Post
1. kono, sono, ano dan dono

Kono berarti “ini” dalam bahasa Indonesia. Dalam penggunaannya kata “kono” harus dibarengi oleh kata benda yang menjadi subyek kalimat. Kono berarti menunjukan benda yang dekat dengan si pembicara Contoh :

Kono kompyuta ga watashino desu
(computer ini punya saya)

Sono berarti “itu” dalam bahasa Indonesia, penempatan dan penggunaannya sama dengan kata “kono” yang berbeda adalah benda atau subyeknya. Subyek di sini yaitu sesuatu yang jauh dari si pembicara dan dekat dengan lawan bicara. Contoh :

Sono hon wa anatano desuka ?
(buku itu apakah punya kamu)

Ano berarti “itu” dalam bahasa Indonesia. Sama seperti “sono” namun dalam hal ini benda yang akan ditunjuk jauh dari si pembicara dan lawan bicara. Contoh :

Ano aruita onna wa anatano koibito desu ne
(wanita yang sedang berjalan itu pacar kamu yah !)

Dono berarti “yang mana”, kata ini digunakan sebagai kata Tanya penggunaannya setelah kata “dono” adalah kata benda yang menjadi objek pertanyaan. Contoh :

Anatano jidosha wa dono jidosha desuka ?
(mobil punya kamu mobil yang mana ?)
Karena ribet kalau njelasinnya pake' keterangan jauh atau dekat, saya lebih suka terjemahan versi bahasa Jawanya:
Kono = Iki
Sono = Kae
Ano = Kuwi
Dono = Sing endi
Monoxdifly Monoxdifly is offline
City Level

Post: 292
 
Reputasi: 1

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Belajar Bahasa Jepang Megha Japanese 415


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.