Samsung Uvending: Vending machine Anti Vandalisme

Megha

New member
Mungkin di Indonesia keberadaan vending machine masih sangat terbatas. Paling-paling adanya di mall-mall elite dan tempat mewah lainnya. Tapi di luar negeri keberadaan vending machine ini sudah sangat familiar dengan kehidupan masyarakat.

Vending machine atau mesin penjual sering menjadi korban vandalisme oleh oknum tidak bertangung jawab yang suka merusak. Entah itu mereka memukul mesin penjual ini supaya minumannya kaleng yang mereka inginkan keluar, atau cara kasar lain.




Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Samsung menciptakan sebuat mesin penjual anti vandalisme. Produk yang dipamerkan dalam CES (consumer electronic show) 2009 di Amerika ini diberi nama Uvending. Uvending dilengkapi dengan sistem pembayaran melalui kartu kredit atau debit, tanpa melupakan keberadaan koin. Uvending juga dilengkapi dengan sensor anti getaran seperti yang ada di mobil-mobil agar dapat memberikan peringatan jika ada orang berbuat vandalisme pada alat ini. Selain itu, mesin penjual ini juga memiliki kamera untuk memantau penggunanya, mirip yang di mesin ATM (anjungan tunai mandiri).

Selain semua fitur canggih tersebut, Uvending juga dilengkapi dengan layar LCD yang lebar untuk mempromosikan produk yang dijual dan memberikan informasi kepada calon pembeli mengenai produk tersebut. Selain semua itu, Uvending dilengkapi dengan wifi agar bisa terkoneksi ke jaringan internet. Fungsinya? agar pemilik Uvending dapat memonitor stok barang yang dijual dari jaringan internet.

Hmm.. ternyata selain anti vandalisme, Uvending juga sangat canggih ya??

shirogadget*
 
Last edited:
Back
Top