Kekuatan Pelipatgandaan

xraith

New member
Di “Museum Ilmiah dan Industri” yang terletak di Chicago ada sebuah display (presentasi) tentang multiplikasi jumlah butir beras.

Satu (1) butir beras ditaruh pada kotak pertama sebuah papan catur, dua (2) butir pada kotak kedua, empat (4) butir pada kotak ketiga, kemudian 8, 16, 32, 64, 128 pada kotak-kotak berikutnya (setiap kali pindah kotak dikalikan dua).

Sampai pada kotak tertentu, butir-butir beras tersebut sudah tidak tertampung lagi sehingga tertumpah ke kotak sebelahnya. Maka display pun berhenti sampai di situ. Kemudian ada sebuah pertanyaan: “Dengan prinsip pelipatgandaan pada setiap perpindahan ke kotak berikutnya, berapakah jumlah butir beras yang terdapat pada kotak ke-64?”

Jawabannya sangat mengejutkan! Jumlah butir beras tersebut dapat menutupi permukaan tanah seluas jazirah India dengan ketinggian 50 kaki (15,25 meter). Itu adalah 153 miliar ton beras, yang lebih dari cukup untuk memberi makan seluruh dunia selama 1000 tahun.

Contoh kedua dari pelipatgandaan adalah sebagai berikut. Ada dua orang anak yang berlomba mengumpulkan uang dari ayahnya. Anak pertama meminta sepuluh ribu rupiah (Rp 10.000) setiap minggu, sedangkan anak kedua hanya meminta dua ratus rupiah (Rp 200) pada minggu pertama, tetapi melipatgandakannya setiap minggu berikutnya. Jadi berapakah uang yang mereka dapatkan?

Anak pertama pada akhir tahun (52 minggu kemudian) hanya mendapatkan Rp 520.000. Sedangkan anak kedua, walaupun pada minggu pertama hanya menerima Rp 200, pada minggu ke-52 ia memperoleh uang yang jauh melampaui kebutuhan untuk membayar seluruh utang bangsa kita.

Betapa dahsyatnya kekuatan pelipatgandaan. Dalam kehidupan sehari-hari, prinsippelipatgandaan ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Semuanya dapat dimulai dari diri kita.

Misalnya, jika kita ingin memiliki masyarakat yang jujur. Pada tahun pertama kita dapat mementor satu orang untuk hidup jujur. Pada tahun kedua, orang yang sudah terbiasa hidup jujur itu mementor satu orang lain untuk hidup jujur. Sementara kita sendiri juga mementor satu orang berikutnya.

Pada awal tahun ketiga sudah ada 4 orang jujur yang siap mementor 4 orang lainnya. Demikian seterusnya. Apa yang akan terjadi? Dalam waktu 32 tahun kita dapat mengubah 4 miliar manusia untuk hidup jujur.

Sumber: Touching Heaven Changing Community (THCC) – Seri Berlipat Ganda, Ir. Eddy Leo, M.Th., Metanoia Publishing, Cetakan Pertama, Mei 2007, hlm. 22 – 23.
 
tapi kalo pelipatgandaan yang terjadi di masyarakat kita belakangan kayaknya bahaya yakk :D

inget kan kasus dukun yang katanya bisa melipatgandakan uang :D
 
yah.. yang ini juga ada versi film-nya judul : Pay it Forward...
tentang anak kecil dan beberapa orang yang berusaha menjalankan kebaikkan dengan cara pelipatgandaan.
tapi pemeran utamanya sih anak kecil. Si anak itu berusaha nolong 3 orang dengan syarat mereka yg udah ditolong, menolong 3 orang lagi.
Awalnya anak itu nolong ibu2 yang kecanduan alkohol, truz pecandu narkoba, ama gurunya di sekolah yang mukanya kena luka terbakar.
Namun, usahanya tidak menampakkan hasil bahkan sampai akhir hayatnya. Di tahun yang sama, ia dibunuh oleh teman seangkatannya pake pisau.
Tapi beberapa hari setelah kematiannya.... ada sesuatu yang terjadi...
Klo tertarik nonton aja...
Ceritanya sedih tapi bagus. Tentang pelipatgandaan juga.
 
Back
Top