Mak Comblang ( MC )

bla_bla_bla

New member
Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan AllahMaha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui ( QS. AN NUR 38).

Mak comblang dalam Al Quran merupakan tugas yang sangat mulia dan merupakan suatu ibadah. Hal ini dikarenakan mak comblang mempertemukan dan menyatukan 2 orang untuk menikah yang mana menikah sendiri adalah merupakan ibadah. Dan karena membuat orang lain bahagia juga merupakan ibadah dan berpahala besar. Proses proses yang dilalui sebelum menikah juga merupakan ibadah asalkan dilakukan sesuai syariat. Pada jaman Nabi dulu, dalam perkawinan Nabi Muhammad dengan Khadijah, tak lepas dari peran mak comblang.

Hal hal yang harus dipeerhatikan oleh mak comblang antara lain :
1. Berniat hanya karena Allah. Jadi mak comblang harus iklhlas, tidak mengharapkan pamrih apa pun dari pasangan yang dicomblagi.
2. Mencomblangi pasangan yang berorientasi untuk nikah, bukan pacaran semata. Seseorang yang menunjukkan kebaikan, maka ia akan memperoleh kebaikan pula. Dan orang yang menunjukkan pada keburukan maka ia akan memperoleh keburukan itu juga.
3. Mak comblang harus mengenal betul karakter pasangan yang dicomblangi.
4. Mak comblang harus mempunyai pandangan kalau pasangan yang akan dicomblangi tersebut sekufu. Dalam hal ini dilihat dari segi kafaah terutama agamanya untuk meminimalkan ketidakcocokan pasangan tersebut.
5. Mempertemukan dan mengenalkannya harus sesuai syariat.

Tidak ada salahnya menjadi mak comblang, dan tidak ada salahnya juga cowok atau cewek yang belum menikah menggunakan jasa mak comblang. Mulai sekarang mulai lihat di sekeliling kita yuk? Teman atau saudara yang belum memperoleh pasangan untuk menikah. Dengan menjadi mak comblang akan membantu mereka menemukan pasangan untuk berjuang bersama dalam beribadah, yaitu pernikahan. Menjadi mak comblang pahalanya besar loh. Tapi yang paling penting untuk diingat, bukan yang berorientasi pacaran tapi benar benar untuk nikah.....
 
Back
Top