11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

Mau sehat dan bugar setiap saat ? Tidak ada salahnya untuk mengikuti tips sehat ala ahli gizi Jonny Bowden.

Dr. Jonny Bowden adalah penulis buku "The 150 Healthiest Foods on Earth" atau "150 Makanan Tersehat di Bumi. Dia telah menyusun daftar makanan sehat yang seharusnya disantap tapi kerap dilupakan orang.

Beberapa makanan dalam daftarnya memang kerap disantap orang, seperti jambu, tapi di luar itu, daftar makanan sehat yang lainnya cenderung diabaikan banyak orang.

Berikut beberapa saran dan tips Bowden tentang makanan sehat.


1. Bits
Kalau tidak mengenal dengan makanan ini, coba dengan bayam merah. Pada sayuran ini terdapat sumber asam folat dan pigmen merah yang baik untuk melawan kanker. Ingin menyantapnya ? coba sebagai lalapan atau buat salad, karena jika dimasak dapat menurunkan kekuatan antioksidannya.




Kubis manjur untuk kanker


2. Kubis.
Mengandung banyak nutrisi seperti sulforaphane. Menurut Bowden, bahan kimia yang dihasilkannya itu bisa menghasilkan enzim penghasil kanker.

Orang Indonesia kerap menghindari konsumsi kol karena takut penyerapan yodium ke dalam tubuh terhambat oleh sayuran ini. Namun, memakan kol dalam jumlah memadai bisa bermanfaat untuk perang melawan kanker.

Saran untuk menyantapnya coba diiris-iris saat mentah atau menjadi taburan dalam burger atau sandwich.


3. Lobak Swiss.
Lobak mengandung karotenoid yang bisa melindungi penuaan mata. Jika ingin maksimal, coba santap dengan cara memotong-motong kecil-kecil lalu menumisnya dengan minyak zaitun.


4. Kayu manis.
Berfungsi dapat mengontrol gula darah dan kolesterol. Saran untuk mengkonsumsinya bubuhkan dalam minuman atau masakan. Kolak Padang biasa memakai kayu manis. Nasi kebuli Arab kadang juga memakai kayu manis.


5. Jus delima.
Berfungsi dapat menurunkan tekanan darah dan kaya dengan antioksidan. Agar lebih bermanfaat coba dibuat jus selain tidak banyak vitamin yang terbuang, kesegarannya pun dapat dirasakan.


6. Plum kering.
Buah ini mengandung antioksidan sehingga tak boleh diabaikan. Biasa dikonsumsi sebagai bahan tambahan dalam kue.





Banyak mengandung magnesium


7. Biji labu.

Bagian yang cenderung kerap dibuang ini ternyata mengandung banyak magnesium, mineral yang yang bila kadarnya cukup akan membuat risiko kematian dini berkurang.

Selain biasa dikonsumsi dalam bentuk kuaci, juga dapat ditaburkan pada salad.


8. Sarden.
Makanan ini mengandung omega 3 dan kalsium yang tinggi dan minim zat merkuri. Ikan sarden biasanya juga mengandung mineral penting yang biasa menjadi "kawan" dari vitamin B seperti: besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, tembaga dan mangan. Bagaimana menyantapnya ?

Coba pilih sarden yang dikemas dalam minyak zaitun atau yang lainnya. Makan begitu saja atau sajikan bersama salad, sandwich atau dengan teman bawang dan mustard.




Kunyit mengandung anti kanker


9. Kunyit.
Dikenal sebagai rempah-rempah yang mengandung zat anti kanker dan anti-inflamasi. Biasa dikonsumsi sebagai sebagai jamu atau dicampur dengan telur dadar dan sayuran lain.


10. Bluberry beku.
Meskipun dibekukan buah ini kadar nutrisinya tak berkurang banyak. Ia mengandung zat yang dalam tes bisa meningkatkan memori otak. Ingin menyantapnya ? coba buat jus pasti sedap. Bisa dicampur dengan yoghurt, cokelat, susu kedelai atau taburan kacang almond.


11. Labu.
Sayuran rendah kalori yang memiliki kadar serat tinggi dan meningkatkan daya tahan tubuh karena pasokan vitamin A yang tinggi. Bisa mengenyangkan tapi tetap rendah kalori. Jika ingin menyantapnya bisa diolesi mentega, dan taburan kayu manis atau dibikin kolak tapi awas kadar gulanya. (nyt/HL/ly)
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.426
 
Reputasi: 547

__________________

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

nice info.... tp ingat makanya jgn berlebihan , karena klo berlebihan bisa berbahay bukanya sehat tapi makanan racun
her_is_mine
her_is_mine her_is_mine is offline
National Level

Post: 1.917
 
Reputasi: 25

__________________
Dukung Kami...........

INDONESIAINDONESIA.COM





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

roman romannya menu vegetarian mua neh......

Cmiiw
mutafuka mutafuka is offline
Village Level

Post: 50
 
Reputasi: 0

__________________
Do OR NOthing!!!:thumbsdown:





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

labunya,labu kuning yang utk kolak ya??? apa labu siam nih yang untuk sayur? btw thx infonya..........
yufrenz yufrenz is offline
City Level

Post: 478
 
Reputasi: 0

__________________
:wow:





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

Asyik juga tuh infonya. Tapi tu ahli gizi dari mana ya? bisa g yang disesuaikan sama lidah & tradisi orang timur, khususnya indonesia.
Ayo dong indonesiaindonesia klo ada ahli gizi yang mau berbagi infonya dari kita untuk kita.
ariefadi
ariefadi ariefadi is offline
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

nice inpow, gan...
teng kyu bgt....
the_watcher
the_watcher the_watcher is offline
Home Level

Post: 16
 
Reputasi: 0

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

mamaku suka masak sarden kaleng dengan jahe....
enak lho....
aduh jadi laper kan......

Aq suka Sarden!
EsterAntonia
EsterAntonia EsterAntonia is offline
National Level

Post: 1.458
 
Reputasi: 15

__________________
Kembali Berkarya





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

kenapa sih harus ada ikan..?? hueek.
Bayu_erfastianto
Bayu_erfastianto Bayu_erfastianto is offline
Continent Level

Post: 7.873
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: 11 Makanan Sehat Yang Jarang Disantap

Selamat mencoba yaaaaaa, mungkin Ada KOKI disini kira2 dibuat makannan apa aja yaaa
her_is_mine
her_is_mine her_is_mine is offline
National Level

Post: 1.917
 
Reputasi: 25

__________________
Dukung Kami...........

INDONESIAINDONESIA.COM
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
10 makanan paling sehat aku_gue_dia_kamu Memasak & Makanan 8
Ikan, Makanan sehat untuk Otak andy_baex Memasak & Makanan 1
Tip dan Triks Masakan serta Makanan Sehat busyet06 Memasak & Makanan 8


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.