Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!

Megha

New member
Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!


12312990040.jpg


Foto Ilustrasi





Tinggal di daerah tropis yang panas membuat kita sering berkeringat. Keringat ini membuat tubuh kita lembab, terutama pada organ seksual dan reproduksi yang tertutup dan berlipat.

Akibatnya bakteri mudah berkembang biak dan eksosistem di ###### terganggu sehingga menimbulkan bau tak sedap serta infeksi. Untuk itulah kita perlu menjaga keseimbangan ekosistem ######.

Ekosistem ###### adalah lingkaran kehidupan yang ada di ######. Ekosistem ini dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu estrogen dan laktobasilus (bakteri baik). Jika keseimbangan ini terganggu, bakteri laktobasilus akan mati dan bakteri pathogen akan tumbuh sehingga tubuh akan rentan terhadap infeksi.

Banyak faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem ######, antara lain kontrasepsi oral, diabetes melitus, pemakaian antibiotik, darah haid, cairan mani, penyemprotan cairan ke dalam ###### (douching) dan gangguan hormon (pubertas, menopause atau kehamilan).

Dalam keadaan normal ###### mempunyai bau yang khas. Tetapi, bila ada infeksi atau keputihan yang tidak normal dapat menimbulkan bau yang mengganggu, seperti bau yang tidak sedap, menyengat, dan amis yang disebabkan jamur, bakteri atau kuman lainnya. Jika infeksi yang terjadi di ###### ini dibiarkan, bisa masuk sampai ke dalam rahim.

Untuk menjaga kebersihan dan mematikan bakteri jahat di dalam ###### memang tersedia produk pembersih daerah intim wanita. Dari sekian banyak merek yang beredar rata-rata memiliki tiga bahan dasar.

Pertama, yang berasal dari ekstrak daun sirih (piper betle L) yang sangat efektif sebagai antiseptik, membasmi jamur Candida Albicans dan mengurangi sekresi cairan pada ######.

Sayangnya, jika pembersih berbahan daun sirih ini digunakan dalam waktu lama, semua bakteri di ###### ikut mati, termasuk bakteri laktobasilus. Sehingga keseimbangan eksosistem menjadi terganggu.

Kedua, produk-produk pembersih kewanitaan yang mengandung bahan Povidone lodine. Bahan ini merupakan anti infeksi untuk terapi jamur dan berbagai bakteri. Efek samping produk yang mengandung bahan ini adalah dermatitis kontak sampai reaksi alergi yang berat.

Ketiga, produk yang merupakan kombinasi laktoserum dan asam laktat. Laktoserum ini berasal dari hasil fermentasi susu sapi dan mengandung senyawa laktat, laktose serta nutrisi yang diperlukan untuk ekosistem ######. Sedangkan asam laktat berfungsi untuk menjaga tingkat pH di ######.


12312990060.jpg


Foto Ilustrasi


Untuk pemakaian jangka panjang sebaiknya memilih produk yang bisa memelihara ekosistem alami ######. Produk yang mengandung pembunuh bakteri sebaiknya hanya digunakan untuk jangka pendek atau ketika ada masalah saja.

Kebiasaan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan organ-organ seksual atau reproduksi, merupakan awal dari usaha menjaga kesehatan kita. Jika ekosistem ###### terjaga seimbang, otomatis kita akan merasa lebih bersih dan segar dan tentu saja lebih nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. JAdi, jangan malas untuk membersihkan ###### yah agar tetap cantik dan terjaga kebersihannya...(prp/pit)
 
Last edited by a moderator:
iya juga sih katanya kalau wanita sedang membersihkan daerah V nya bila sehabis BAB menyiram dari arah belakang kurang bagus juga.. karena mungkin bisa jadi kotoran bisa masuk ke daerah V dan itu bisa menyebabkan segala penyakit kelamin terjangkit di diri wanita :D
 
namun penggunaan sabun di daerah miss. v terlalu sering juga gak bagus, karena bisa bikin iritasi.

yups~ benar
nie sedikit~ dari catatan saya~ maklum saya anak science harus tw~
Permasalahan seputar organ intim yang sering terjadi adalah:
1.Iritasi.
Iritasi adalah kulit meradang, merah, terasa gatal, panas, perih dan bengkak. Peradangan ini dapat terjadi karena banyak berkeringat, terlambat mandi, gesekan baju ketat, dan garukan kuku.
Masalah iritasi juga dapat terjadi karena orang terobsesi ingin selalu bersih, sehingga terlalu banyak menggunakan pembersih organ intim yang tidak proporsional. Semisal mencuci dengan air panas, membilas dengan sabun terlalu banyak atau dengan cairan pembersih yang terlalu pekat.
Sebaiknya tidak demikian, karena kulit organ intim lebih lembut dan tipis daripada daerah lain. Menggosoknya pun jangan terlalu keras.
Bila ada iritasi sebaiknya untuk sementara rambut organ intim dicukur saja agar pemantauan keadaan kulit lebih mudah dan pemakaian salep atau krim lebih mudah pula.
Bila terjadi radang, batasi penggunaan sabun. Pilihlah larutan busa pembersih dengan pH 4-5. Bilas sampai bersih, jangan ada sabun yang tersisa.
Bila mandi air panas, jangan disiramkan langsung ke organ intim, karena iritasi akan meningkat. Kompreslah dengan air es untuk meredakan peradangan.
Jangan menggaruk pada daerah organ intim, karena garukan kuku mudah tercemar. Lokasi organ intim dekat dengan dubur yang banyak bakteri E. colli.
Dokter spesialis kulit dan kelamin mungkin akan memberikan krim obat yang lembut dan larutan busa pembersih khusus vagina.
Jangan memakai/menentukan sendiri larutan pembersih vagina karena indikasinya bermacam-macam, sehingga harus selektif dalam menentukannya.
2.Alergi
Alergi merupakan keadaan yang dialami orang tertentu yang memiliki bakat alergi. Akan terjadi reaksi penolakan berupa gatal dan kemerahan di tempat kontak.
Beberapa orang mengalami DKA terhadap pembalut wanita, reaksi gatal terutama dirasakan setelah haid saat kontak dengan pembalut tersebut. Lokasi kelainannya khas. Masalah alergi akan menjadi menahun bila penyebabnya tidak diketahui. Berbagai sabun antiseptik yang dipakai akibat ketakutan akan infeksi jamur justru dapat memperparah proses peradangan.
Cara mengatasi: menghindari kontak langsung dengan zat penyebab alerginya. Saat gatal menyerang hindari menggaruk, cukup kompres dengan air es.
3.Infeksi
Keputihan adalah keluarnya cairan putih encer atau kental dan kekuningan dari lubang vagina. Bentuk cairan yang keluar menentukan apakah keadaan tersebut berbahaya atau tidak.
4. Infeksi Jamur
Tersering disebabkan candida albikans. Jamur ini ada di dalam tubuh manusia (rongga mulut – dubur). Bila jumlahnya normal, jamur ini berperan pada proses pembusukan sisa-sisa makanan. Namun bila bermigrasi ke vagina dan tumbuhnya berlebihan akan menyebabkan peradangan pada vagina disb candidiasis vulvovaginalis.
Keluar cairan berwarna putih susu, lengket, melekat erat dan biasanya disertai rasa gatal dan panas-pedih. Organ intim akan tampak merah.
Faktor predisposisi: kehamilan, kegemukan, penyakit kencing manis, terlalu banyak minum AB, pakaian dalam tebal, ketat dan tidak menyerap keringat.
Pencegahan: Menjaga agar kondisi disekitar organ intim senantiasa kering ? tissue toilet. Sabun pembersih pH 4-5.Hindari pakaian dalam ketat. Hindari kegemukan. Konsumsi cukup vitamin
5. Infeksi Bakteri
Bakteri gardnerella. Bakteri ini ditemukan dalam jumlah kecil dan dalam keadaan normal di dalam vagina. Perubahan pH vagina (N asam, pH4-5) menjadi basa, misal menyimpan air mani suaminya semalaman karena ingin segera hamil dapat merubah suasana menjadi basa (pH 8-9). Perubahan ini akan menyuburkan pertumbuhan bakteri gardnerella sehingga produksi cairan berlebihan, berwarna putih kelabu, encer, becek dan berbau amis seperti ikan busuk.
6.Infeksi Gonore
Pada wanita infeksi terjadi dalam mulut rahim, sehingga nanah yang muncul tidak terlihat keluar. Bila kelenjar bartolini terinfeksi akan timbul benjolan merah dan nyeri sebesar telur di bawah labia minora (abses bartholini).
Komplikasi terjadi bila infeksi menjalar ke dalam tuba sehingga timbul nanah dan pecah. Nyeri perut dan demam tinggi dapat terjadi mendadak. Dapat terjadi penyumbatan tuba sehingga dapat terjadi kehamilan di luar kandungan (KET). Bila terjadi peradangan menahun dapat mengakibatkan sumbatan tuba total ? kemandulan.
Pencegahan, gunakan pemakaian kondom dan segera berobat ke dokter bila gejala nyeri waktu BAK.
7. Infeksi chlamydia trachomatis.
Peradangan yang terjadi sangat minimal, sehingga penderita tidak mengalami rasa nyeri dan tidak melihat adanya nanah.Wanita tidak mengalami keluhan dan gejala, sehingga wanita hanya berfungsi sebagai carier (pembawa kuman).
8. Infeksi protozoa (trichomonas).
Infeksi dapat ditularkan melalui hubungan seksual, juga melalui air WC umum yang tercemar. Keluar cairan kental, kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk. Rasa panas dan terbakar diliang vagina. Vagina menjadi merah seperti strawberry. Pada pria jarang disertai keluhan. Pencegahannya, hindari kontak dengan air WC umum. Gunakan tisu kering untuk bersihkan organ intim. Obati pasangan.
9. Infeksi Virus.
Infeksi Herpes simpleks (sariawan kelamin). Ditandai dengan adanya bintil-bintil berair yang tampak berkelompok. Bintil-bintil ini akan segera pecah dan meninggalkan bekas luka seperti sariawan. Kondiloma akuminata (kutil kelamin, jengger ayam). Disebabkan virus papilloma humanus. Virus yang berpotensi menyebabkan tumor ganas ( kangker leher rahim) dikemudian hari. Setelah pengobatan diperlukan pemeriksaan papsmear.
Moluscum contagiosum. Kutil ini berupa bintil-bintil putih ukuran 1-2mm, akan keluar butir lunak seperti nasi bila ditekan. Penularan melalui kontak langsung dan garukan di kulit.
 
ips perawatan organ intim:
Organ intim hendaknya tidak dibilas dengan menggunakan air toilet umum. Keringkan organ intim dengan tisu kering setelah BAK dan BAB. Jika organ intim terasa gatal, jangan digaruk. Lebih baik dikompres menggunakan air es. Hindari semprotan air panas ketika organ intim meradang. Agar organ intim terhindar dari risiko iritasi hendaknya gunakan sabun pembersih dengan pH 4-5 untuk membilas.
Tips menghindari alergi pada kulit organ intim:
Ganti jenis/merek pembalut wanita. Bilas dengan air bersih/ aquades. Hindari pemakaian sabun hingga radang mereda. Gunakan sabun cuci yang lembut untuk cuci pakaian dalam. Oleskan krim antialergi dengan lembut dan hati-hati. Tidak menggaruk bila gatal, kompres dengan handuk yang dicelup ke air es. Kulit akan sembuh sendiri bila diberi kesempatan. Hindari tindakan penyebab alergi dan iritasi.


semoga bermanfaat buat wanita'' indonesia yang cantik dan bersiH~
 
Mungkin memang terkesan agak ribet dan perlu lebih ekstra ya perawatan untuk wanita dibanding pria. Tapi tentu saja organ wanita itu sangat penting, karena itu perawatan dan perhatian sejak dini sangat diperlukan. Dan ketika muncul hal2 kecil yang menggangu tidak bisa disepelekan begitu saja.
 
Bls: Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!

Hai para wanita......
Sekarang sudah waktunya dan seharusnya kita kembali pada alam.
Jaman semakin maju, ko malah penyakita semakin meraja lela ya, dulu.....? alat pembersih tidak secanggih sekarang, tapi penyakit khususnya kewanitaan ga neko-neko tuh... kenapa... tahukan kawan...? ternyata produk kesehatan yang beredar sekarang memang bisa mengatasi satu masalah tapi malah mendatangkan 5-8 masalah di organ lainnya. nah tuh.....
Hati-hati deh pilih produk sekarang, hanya produk Herbal, alami yang tidak ada efek samping.
Kami tidak promosi, tapi bagi-bagi pengalaman dengan memakai produk Herbal bentuknya cristal panjang 4cm besarnya tidak lebih dari jari klingking atau sebesar pulpen terkenalnya sih stik ajaib ternyata bisa menyembuhkan keputihan dan menjadikan bau mis V jadi harum, lebih-lebih suami kita jadi lebih senang, tentu tercipta keluarga yang harmonis.
waktu itu saya dikasih alamat internetnya.
kemudian saya pesen 2. terus temen penasaran ikut juga setelah merasakan akhirnya dia sekarang bisa stok banyak melayani ibu2 di komplek perumahan sekitar. saya pakai udah 2 bulan belum habis cukup lumayan irit, padahal dipakai tiap hari 2x abis mandi untuk menjaga kesehatan dan keharuman he...he..
 
Last edited by a moderator:
Bls: Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!

Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!


Iya bener nih jangan malasa, coba kita lihat.rambut dicuci,kuku dibersihan, tapi mis V di abaikan.padahal barang yang termahal dan terpenting dalam hidup kita.khususnya buat suami kita he...he...
 
Last edited by a moderator:
Bls: Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!

Untuk pemakaian jangka panjang sebaiknya memilih produk yang bisa memelihara ekosistem alami vagina. Produk yang mengandung pembunuh bakteri sebaiknya hanya digunakan untuk jangka pendek atau ketika ada masalah saja.

Kebiasaan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan organ-organ seksual atau reproduksi, merupakan awal dari usaha menjaga kesehatan kita. Jika ekosistem vagina terjaga seimbang, otomatis kita akan merasa lebih bersih dan segar dan tentu saja lebih nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. JAdi, jangan malas untuk membersihkan vagina yah agar tetap cantik dan terjaga kebersihannya...(prp/pit)

Gunakan BODY INTIMATE CLEANSER, pembersih khusus organ kewanitaan mengandung CHLORHEXIDINE DIGLUCONATE, antiseptik yang dapat memberikan efek kesegaran pada organ kewanitaan.
 
Last edited:
Bls: Hai Wanita, Jangan Malas Membersihkan Organ Intim!

Zaman skarang mencari antiseptic untuk Vagina harus hati_hati, sebab banyak produk" kewanitaan yang dijual palsu So kita kudu tahu dari bahan-bahan apa saja produk tersebut dibuat. yang paling aman untuk membersihkan daerah kawanitaan dengan memakai bahan-bahan alami. Pengetahuan tentang kewanitaan juga sangat penting di ketahui,bagi para wanita jangan malas yach...membersihkan organ intim.
 
gw menawarkan jasa untuk pembersihan iitu tu.....

^
^
^
aku jadi asisten nya boleh ngga ?

wewww keknya nyasar nih ak
th144.gif

Kalian memang pintar memanfaatkan peluang ya..

Untuk membersihkan Miss V yang alami bisa dengan rebusan daun sirih yang kita basuhkan ke areal penting wanita ketika mandi pagi dan sore dan sebelum tidur ;) kalau menurut ibuku, rebusan air daun sirih ini juga bagus jika di minum, jadi pembersihannya dari luar dan dalam tubuh.
 
Back
Top