Chip RF Baru dengan kemampuan Transmisi 60GHz
 
Go Back   Home > Elektronik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Chip RF Baru dengan kemampuan Transmisi 60GHz

Chip RF Baru dengan kemampuan Transmisi 60GHz




Perkembangan dunia nir kaber (wireless) nampaknya belum berhenti. Segala cara dan kemampuan dikerahkan untuk menciptakan alat dengan kemampuan data transfer yang semakin besar. Tuntutan kecepatan ini juga tidak lepas dari perkembangan teknologi penyimpanan yang semakin besar yang mendorong banyaknya file dengan kualitas tinggi dan ukuran besar yang harus ditransmisikan.

Jika dulu kita mendengar hardisk dengan satuan giga sudah kagum,, tentunya sekarang tidak lagi karena hardisk dengan satuan Tera sudah banyak dijual. Begitu pula dengan transmisi nirkabel. Mungkin kita saat ini mengagumi kemampuan WiFi (Wireless Fidelity) yang mampu mentransfer data sampai dengan 100 Mb/s (ada pada WiFi type n — IEEE 802.11n) dan bergerak pada frekuensi 2.4GHz. Namun itu sekarang, suatu hari kita akan melupakan WiFi sebagaimana kita cuek dengan keberadaan infrared.





Ya, sebuah chip baru dari The Georgia Electronic Design Center (GEDC) milik the Georgia Institute of Technology memiliki kemampuan transmisi pada frequency tinggi yakni 60GHz. Tentunya dengan frequency seperti ini, jarak jangkauannyapun lebih pendek.

Komponen chip ini terintegrasi dengan low-power radio dan embeded antena. Hanya dibutuhkan 100 milliwatts untuk menghidupi chip mungil namun canggih ini. Pihak GEDC telah mencoba berbagai konfigurasi dan berikut hasilnya: Chip mampu mencapai kecepatan sampai dengan 15 Gbps pada jarak transmisi 1 meter. Pada jarak 2 meter, kecepatannya turun menjadi 10 Gbps. Pada jarak 5 meter, kecepatan turun lagi sampai dengan 5 Gbps.




Namun, tentunya kehadiran chip ini tidak akan begitu saja menghilangkan keberadaan WiFi mengingat area kerja mereka berbeda frekuensi. Jarak jangkau chip baru inipun lebih pendek jika dibanding WiFi. Ecma International telah mengeluarkan standart mengenai penggunaan frekuensi 60GHz ini, lengkap dengan spesifikasi dan siap untuk dijadikan ISO tahun ini. Shirogadget*
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.426
 
Reputasi: 547

__________________

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Chip RF Baru dengan kemampuan Transmisi 60GHz

Kirain Tulisan Na Chit(cheat) Rf Baru...
Ternyata Salah Liat...
Sori Salah Msuk Kamar...

By The Snow Wolf
lothan
lothan lothan is offline
Continent Level

Post: 2.992
 
Reputasi: 81

__________________
The Snow Wolf

By The Snow Wolf



FEEL THE PAIN OF MY TORMENT..
AT MY FACEBOOK : "Code Name : Lothan Eltroya Alteizen"
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.