Resep Untuk Mencapai Ketenangan Batin Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Buddha
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Resep Untuk Mencapai Ketenangan Batin

Resep Untuk Mencapai Ketenangan Batin


Sududdasaṁ sunipuṇaṁ, yattha kāmanipātinaṁ
Cittaṁ rakkhetha medhāvī, cittaṁ guttaṁ sukhāvahaṁ

Pikiran itu sungguh sukar diawasi. Ia amat halus dan senang mengembara sesuka hati. Karena itu, hendaklah orang bijaksana selalu menjaganya. Pikiran yang dijaga dengan baik akan membawa kebahagiaan.

(Dhammapada, III : 4)



Jaman sekarang merupakan jaman yang serba canggih dan modern, karena kehidupan kita juga dipenuhi oleh hal-hal yang serba modern. Pengaruh jaman sekarang memang banyak sekali membantu kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, seperti alat-alat transportasi dan komunikasi. Begitu juga dalam bidang lain, misalnya bidang pendidikan, sosial, budaya, pertahanan keamanan, ekonomi, dan sebagainya, semuanya sudah sangat maju.

Bila dibandingkan dengan jaman dahulu, jaman sekarang terasa sangat maju. Pada jaman dahulu, orang-orang bepergian jauh biasanya dengan berjalan kaki atau paling hebat naik gerobak dorong yang ditarik oleh seekor kuda. Tetapi pada jaman sekarang ini, berkat kemajuan jaman, maka semuanya sudah menjadi lancar.

Tentunya, kemajuan jaman pada saat sekarang sangat berguna dan membawa manfaat. Akan tetapi, perkembangan ilmu teknologi yang modern juga mengandung dampak yang membahayakan bagi pertumbuhan hidup umat manusia sehingga mengakibatkan terjadinya masalah-masalah seperti; pencurian, perampokan, kemalasan, iri hati, ketegangan mental, stres, bunuh diri, dan sebagainya. Untuk itu, kita harus dapat mengimbangi kemajuan jaman sekarang agar dapat hidup bahagia dan terbebas dari ketegangan batin. Cara yang tepat yaitu dengan melaksanakan meditasi. Adapun langkah awal dalam bermeditasi adalah:

Persiapan di dalam diri, yaitu:

1. Kesempurnaan sila;

2. Kesungguhan hati, tekad (adhiññhāna);

3. Memiliki semangat (viriya), disiplin, ulet;

4. Memiliki badan yang sehat.

Persiapan di luar diri, yaitu:

1. Memilih tempat meditasi yang sesuai (tenang, sunyi, sirkulasi udara baik);

2. Memilih waktu yang sesuai;

3. Memilih posisi tubuh yang sesuai;

4. Memilih objek yang sesuai.

Setelah mengetahui langkah awal ini, barulah kita mempraktikkan meditasi. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama, duduk dengan tegak lurus, rileksasikan semua bagian-bagian tubuh dari bagian kepala sampai ke ujung kaki. Jangan sampai ada yang tegang. Sikap duduk bebas sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, pusatkan pikiran pada nafas masuk dan nafas keluar;

2. Kedua, ketika menarik nafas panjang, memahami dan mengerti sepenuhnya bahwa ini adalah nafas panjang yang masuk. Ketika mengeluarkan nafas panjang secara demikian, mengerti dan memahami sepenuhnya bahwa ini adalah nafas panjang yang keluar;

3. Ketiga, pada saat menarik nafas pendek, memahami dan mengerti sepenuhnya bahwa ini adalah nafas pendek yang masuk. Pada saat mengeluarkan nafas pendek, memahami dan mengerti sepenuhnya bahwa ini adalah nafas pendek yang keluar.

Demikianlah Anda harus melatihnya secara terus-menerus, dengan demikian batin akan menjadi tenang, tentram, damai, dan bahagia. Dalam Suttavibaṅga, Vinaya Pi*aka, Sang Buddha bersabda, ”Para bhikkhu, meditasi penegakan sati atas masuk keluarnya nafas ini bila dikembangkan dan dipraktikkan berulang-ulang akan mendatangkan kedamaian, keluhuran, kemurnian, merupakan kediaman nan bahagia, akan mengakhiri dan mengenyahkan kejahatan pada saat itu juga maupun kebobrokan yang bermunculan.”

Untuk itu, saya akan menjelaskan manfaat-manfaat dalam melaksanakan meditasi.

1. Jika anda seorang yang selalu sibuk, meditasi ini akan menolong anda untuk membebaskan diri dari ketegangan dan mendapat rileksasi atau pelemasan.

2. Kalau anda seorang yang bingung, meditasi ini akan mendorong anda untuk menenangkan diri dari kebingungan dan mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun permanen.

3. Jika anda seorang yang mempunyai banyak permasalahan yang tak putus-putusnya, meditasi ini akan menolong anda untuk menimbulkan ketabahan dan keberanian serta mengembangkan kekuatan untuk mengatasi persoalan-persoalan itu.

4. Jika anda kurang percaya diri, meditasi akan dapat menolong anda untuk mendapatkan kepercayaan diri.

5. Kalau anda mempunyai rasa takut dalam hati atau keragu-raguan, meditasi ini akan menolong anda untuk mendapatkan pengertian terhadap keadaan atau sifat yang sebenarnya dari hal-hal yang menyebabkan anda takut itu, kemudian anda akan dapat mengatasi rasa takut itu dalam pikiran anda.

6. Jika anda merasa tidak puas terhadap segala sesuatu di lingkungan anda itu, atau semuanya dalam kehidupan ini kelihatan tidak memuaskan, meditasi ini akan memberikan anda perubahan dan perkembangan yang menuju pada kepuasan rasa batin.

7. Jika anda seorang yang ragu-ragu dan tidak tertarik pada agama, meditasi ini akan menolong anda untuk mengatasi keragu-raguan anda dan untuk melihat segi-segi dan nilai-nilai praktis dalam bimbingan agama.

8. Jika pikiran anda kacau dan berputus asa karena kekurangan pengertian pada sifat kehidapan dan keadaan dunia ini, meditasi ini akan sungguh-sungguh memimpinnya.

9. Kalau anda seorang pelajar, meditasi ini akan menolong anda untuk menimbulkan dan menguatkan ingatan anda, dan untuk belajar lebih seksama serta efisien.

10. Kalau anda seorang yang kaya, meditasi ini akan menolong anda untuk dapat melihat sifat dan kegunaan dari kekayaan anda itu, bagaimana caranya untuk memakai kekayaan anda itu untuk kebahagiaan anda sendiri dan kebahagiaan orang lain.

11. Jika anda orang yang miskin, meditasi ini akan menolong anda untuk memiliki kepuasan dan ketenangan, tidak melampiaskan rasa iri hati terhadap orang lain yang tidak mampu.

12. Kalau anda seorang pemuda yang berada pada persimpangan jalan dari kehidupan ini, dan anda tidak tahu jalan mana yang akan anda tempuh, meditasi ini akan menolong anda untuk mendapatkan pengertian dalam menempuh salah satu jalan yang akan menuju ke tujuan anda.

13. Kalau anda seorang yang lanjut usia yang telah merasa bosan terhadap kehidupan ini, meditasi ini akan menolong anda ke dalam pengertian yang lebih mendalam mengenai kehidupan ini, dan pengertian ini akan memberikan anda kelegaan dan kebebasan dalam penderitaan serta pahit getirnya kehidupan ini, dan menimbulkan kegairahan pula bagi anda sendiri.

14. Kalau anda seorang yang lekas panas hati (pemarah), dengan jalan meditasi ini anda dapat mengembangkan kekuatan kemauan untuk mengatasi kelemahan anda.

15. Kalau anda yang bersifat iri hati dengan jalan meditasi anda akan mengerti mengenai bahaya dari sifat iri hati anda itu.

Maka dari itu, marilah kita tingkatkan latihan meditasi dalam kehidupan kita sehari-hari, agar batin menjadi tenang, damai, dan bahagia. Jadi, walaupun jaman dapat mempengaruhi kita, tetapi batin kita tetap tegar, tenang, dan tak tergoyahkan. Untuk itu, jadikanlah meditasi ini sebagai teman anda, latihlah meditasi ini setiap hari, janganlah ragu dan bimbang, karena meditasi ini sesungguhnya merupakan resep yang sangat mujarab untuk memperoleh ketenangan batin.

Sumber: Suttavibaṅga, Vinaya Pi*aka
singthung
National Level

Post: 508
 
Reputasi: 4

__________________
YO DHAMMAM DESESI ADIKALYANAM MAJJHEKALYANAM PARIYOSANAKALYANAM TI

Dhamma itu indah pada awalnya, indah pada pertengahannya dan indah pada akhirnya

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Resep Untuk Mencapai Ketenangan Batin

terimakasih mod..
City Level

Post: 176
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Resep resep gratis + resep Bikin Juice enak joechen75 Memasak & Makanan 5
Resep Aneka Jus Dan Manfaatnya Untuk kesehatan kubera Kesehatan 4
Ketenangan mojave Kristen Protestan 1
Merindukan Ketenangan Hati schedy Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 5
resep chicken karaage dari buku resep andy_baex Memasak & Makanan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.