tanya tentang tb

ucox

New member
apa itu : 1. pneumonia ?
2. efusi fleura ?

jika pneumonia dan efusi fleura sudah pasti positif tb yah?
misalnya klo paru2 di sebelah kiri penuh dengan cairan, terus bole tak cairan itu di ambil semua?


mohon bantuannya
 
1). Pneumonia adalah peradangan yang mengenai parenkim paru, distal dari bronkhiolus terminalis yang mencakup bronkhiolus respiratorius, dan alveoli, serta menimbulkan konsolidasi jaringan paru dan gangguan pertukaran gas setempat. Istilah pneumonia lazim dipakai bila peradangan terjadi oleh proses infeksi akut yang merupakan penyebeb tersering, sedangkan istilah pneumonitis sering dipakai untuk proses non infeksi.
Gejala-gejalanya termasuk:
-Demam (39-40 derajat Celcius) dan menggigil.
-Batuk yang mengeluarkan dahak berwarna kuning, hijau, atau mungkin mengandungi darah (mukus dikeluarkan dari paru-paru).
-Sakit dada terutama ketika batuk atau semasa menarik nafas yang dalam.
-Bernafas dengan cepat dan pendek.


2). Efusi Pleura adalah pengumpulan cairan di dalam rongga pleura.
Rongga pleura adalah rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada.
Dalam keadaan normal, hanya ditemukan selapis cairan tipis yang memisahkan kedua lapisan pleura (5 - 20 cc).
Jenis cairan lainnya yang bisa terkumpul di dalam rongga pleura adalah darah, nanah, cairan seperti susu dan cairan yang mengandung kolesterol tinggi.
gejala efusi pleura:
sesak nafas dan nyeri dada (biasanya bersifat tajam dan semakin memburuk jika penderita batuk atau bernafas dalam).
Kadang beberapa penderita tidak menunjukkan gejala sama sekali.
Gejala lainnya yang mungkin ditemukan:
- batuk
- cegukan
- pernafasan yang cepat
- nyeri perut.

bila didapatkan pneumonia dan efusi pleura maka belum bisa dipastikan bahwa hal tersebut adalah Tb Paru. tapi kemungkinan mendukung diagnosa bisa sangat dimungkinkan. maka dibutuhkan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosa Tb paru seperti Radiologis (Foto Thorax/rontgen dada) maupun pemeriksan sputum/dahak bakteri tahan asam (BTA).
Bila di dapatkan efusi, sebaiknya tidak semuanya diambil karena seperti dijelaskan di atas, dalam keadaan normal cairan tersebut memang ada. pengambilan cairan lebih ditujukan untuk mengurangi gejala sesaknya, sedangkan terapi utamanya adalah menghilangkan sumber penyebabnya.
;)
 
Last edited:
oOo.... jadi begitu yah,

saya kira cairan itu berada di dalam paru2, jadi nyeri di dada yg saya derita karena penyempitan lapisan paru2 luar dengan kerangka dada.
Efusi pertama di ambil 1500ml, 2 minggu kemudian paru2 kembali penuh dan dilakukan efusi lg, tapi hanya bisa diambil 500ml karena saya sudah tidak kuat (saya merasa paru2 saya di remas pada saat pengambilan cairan tsb)
- kenapa pada saat efusi kedua tidak bisa diambil sebanyak efusi pertama?
- kenapa paru2 kembali penuh padahal sudah minum obat tb (rifamficin,INH,ethambutol,pyrazinamide)?
- apakah BAB (mencret) kurang lebih dari 4x merupakan gejala efusi pleura?


thx atas penjelasannya ^_^

mohon bantuanya lagi :)
 
Oo, brarti pada kasus anda ini dokter parunya sudah mendiagnosa sebagai Tb Paru (ditandai dengan obat tb :rifamficin,INH,ethambutol,pyrazinamide).
Efusi pleura yang terjadi bisa saja sebagai akibat (komplikasi) dari Tb Paru.

1). Torakosentesis biasanya dilakukan (yang pertama) untuk menegakkan diagnosis, tetapi pada prosedur ini juga bisa dikeluarkan cairan sebanyak 1,5 liter (1500 ml). kenapa yang kedua tidak sebanyak itu, bisa disebabkan cairan yang diproduksi sudah berkurang (menunjukkan pengobatan Tb paru bermakna positif / berhasil). Tau dari mana berkurang? hal ini ditandai dengan pengambilan 500 ml saja anda sudah merasa dada seperti diremas, penarikan jarum memberikan aliran dari tekanan negatif (paru-paru dan rongga dada) menuju ke tekanan positif (udara terbuka luar), bila cairan sudah habis (ketika 500 ml) maka penarikan jarum akan memberikan efek penekanan pada dinding paru sehingga dada seperti diremas.

2). Kenapa paru kembali penuh? ya karena tindakan Torakosentesis (mengambil cairan efusi pleura) tidak mengobati penyebab. ibarat bak mandi, dikuras bagimanapun kalau kran atas tidak ditutup maka akan ada air lagi.
dokter paru anda sudah mendiagnosa penyebab utamanya adalah Tb paru, brarti sudah benar dengan mengobati penyakit utamanya. (tapi pengobatan Tb Paru membutuhkan waktu yang lama, minimal 6 bulan dan butuh kedisiplinan dari pasien)

3). BAB (mencret) kurang lebih dari 4x merupakan gejala efusi pleura? Kalau masalah ini saya kok kurang paham, tapi saya rasa ya ga ada hubungannya. seperti sudah dijelaskan gejala efusi pleura:sesak nafas dan nyeri dada (biasanya bersifat tajam dan semakin memburuk jika penderita batuk atau bernafas dalam). saran saya jika kontrol, anda bisa menanyakan ke dokter paru anda (ga usah takut gpp kok, citra kedokteran sekarang ini ingin mengubah paradigma lama menjadi paradigma baru yang lebih care terhadap pasien)

semoga bermanfaat
 
terima kasih atas jawabannya :D

tetapi efusi ke 2 disebabkan karena paru2 kembali penuh dan sesak, setelah efusi juga terkadang sesak
 
Back
Top