Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman) Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Arsip

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

minta ijin buka thread balikpapan..

SEJARAH KOTA BALIKPAPAN



Kota Balikpapan sebenarnya hanyalah sebuah kotamadya, meski demikian kota Balikpapan lebih ramai ketimbang ibukota Kalimantan Timur yaitu kota Samarinda. Sarana dan prasarana kota Balikpapan lebih lengkap, seperti Bandar udara, pelabuhan dan hotel-hotel bertaraf internasional. Sehingga orang-orang di luar Kalimantan Timur lebih mengenal Balikpapan daripada Samarinda. Kota ini memang lebih dulu dikenal jauh sebelum Samarinda berkembang seperti sekarang.


Balikpapan adalah kota perusahaan minyak bumi, sumber devisa bagi Kalimantan Timur, atau sebuah kota Pertamina sejak tahun 1889. pada saat itu pemerintahan dipimpin Sultan Kutai Kartanegara ke-17, Sulan Am Sulaiman.

Menurut cerita rakyat yang masih hidup di kalangan masyarakat, konon pada tahun 1783 di tanah Pasir sudah berlangsung sistem pemerintahan kerajaan yang teratur, rakyat hidup berkecukupan. Kekuasaan Raja meliputi daerah yang sangat luas sampai kebagian selatan. Daerah itu berupa sebuah teluk yang indah dan mengandung hasil bumi dengan hasil laut yang cukup besar. Masyarakat yang bermukim di sepanjang teluk hidup sebagai petani dan nelayan. Mereka hidup dalam suasana yang damai dan makmur. Sultan yang memerintah pada waktu itu adalah Aji Muhammad. Sebuah nama yang melambangkan kebesaran dan kesucian jiwa pemiliknya.

Aji Muhammad mempunyai seorang putri bernama Aji Tatin. Setelah dewasa, Aji Tatin menikah dengan seorang bangsawan Raja Kutai. Untuk masa depannya, Aji Tatin menuntut warisan kepada ayahnya. Aji Muhammad pun menyerahkan wilayah teluk, saat itu belum menjadi sebuah kota dan belum memiliki nama.

Pada suatu hari, orang-orang kepercayaan Aji Tatin sedang memungut upeti dari rakyat berupa papan dengan menggunakan perahu.

Ketika mereka sedang mendayung perahu menggunakan tanggar (galah) yang disebut tokong, tiba-tiba datanglah angin topan dahsyat.

Perahu Aji Tatin terbalik diterpa badai. Para pendayung berusaha membawa perahu mereka merapat ke pantai, namun tidak berdaya karena diserang topan dan gelombang ganas. Tidak berapa lama, perahu pun terhempas ke sebuah pulau karang. Tokong (galah) pendayung patah dan perahu yang sarat muatan papan itu karam.

Pemimpinnya, Panglima Sendong dan anak buahnya meninggal.

Demikian asal usul nama Balikpapan yang diambil dari peristiwa perahu berisi papan yang terbalik diterpa badai.

Pulau karang penyebab malapetaka itu akhirnya makin besar dan menjadi sebuah pulau yang ditumbuhi pohon-pohon. Pulau itu dinamakan Pulau Tukung sampai sekarang.


Foto2 di Balikpapan



taman bekapai



foto dari atas gedung PLN kelandasan


BSB (balikpapan Super Block) yang belum rampung dibangun


area ruko mall fantasy



area mall fantasy junction


daerah rapak.., bersih, indah, aman dan nyaman


jajanan di belakang kantor pos, rata2 menjual segala masakan ayam..



pantai manggar..

kalo mo kebalikpapan.. bisa lewat port semayang ato lewat bandara sepinggan..


pelabuhan semayang & bandar udara sepinggan

salah satu mata pencaharian di daerah manggar adalah sebagai nelayan.. ikannya seger2 lho..


nelayan di daerah pantai manggar

balikpapan juga disebut sebagai kota hongkong kalo malam.. hehe.. itu sih karena kilang minyaknya yang indah pada saat malam hari.. ini juga termasuk yang menyumbangkan devisa bagi kaltim..


kilang minyak balikpapan, nama jalannya aja Jl.Minyak


pertiga'an kelandasan sering menjadi salah 1 objek kebersihan dan kepatuhan lalu lintas di balikpapan..



foto dari pertiga'an plaza balikpapan

na bagi yang mo ke balikpapan.. ni peta balikpapan.. rumahku ada di balikpapan tengah.. kalo kebalikpapan jgn lupa hub. diriku....

Bayu_erfastianto
Continent Level

Post: 7.877
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

wewwwwwwwwww keren bay,kayak di singapore aja
kapan gue bisa ke tempat loh,jalan jalan
rizalolo
Mod

Post: 45.612
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

belum semua tu om... belum tempat malam mingguannya anak bpp.. hmm.. para gadis pada nongkrong ma pacarnya..
Bayu_erfastianto
Continent Level

Post: 7.877
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

hehe.. balikpapan...

balikpapan dikenal degn singaporenya indonesia...


tuk kalian smua... kalo belum pernah ksana... gue yakin bakal takjub tuh ...


karena tempatnya bersih banget... dan rapi...

sumpah keren...:finger:
rendyMIBU
City Level

Post: 171
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

bagusan juga kendal bay
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Main Ketoprak   





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

cewe cewe nya cantik cantik ngak bay
rizalolo
Mod

Post: 45.612
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

bay rumah mu di mana nya?
rizalolo
Mod

Post: 45.612
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

Kutip:
Oleh rizalolo View Post
cewe cewe nya cantik cantik ngak bay

wah jelas banget... disini bening2 oi... mantap lah...


Kutip:
Oleh rizalolo View Post
bay rumah mu di mana nya?

weks... mau kehume bayu yah om...?
rendyMIBU
City Level

Post: 171
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

....
Bayu_erfastianto
Continent Level

Post: 7.877
 
Reputasi: 25

__________________
D'AutiSm





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Balikpapan kota beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman)

cewe nya cakep yang pakai baju dayak
rizalolo
Mod

Post: 45.612
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Berkendara Aman, Mudik Nyaman nurcahyo Mobil 1
Aman dan Nyaman berkendaraan Rangga79 Kesehatan 0
Tips Berhelm Nyaman dan Aman nurcahyo Sepeda Motor 0
Berkendara Aman, Mudik Nyaman nurcahyo Mobil 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.