Lo Tau Ga, Sehhhh

Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Yoga

Sebuah penelitian menunjukkan, melakukan latihan Yoga yang lembut setiap hari saja, mampu meredakan nyeri punggung dan arthritis, meningkatkan energi, hingga meredakan hot flashes bagi wanita menopause.
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

freddy2.jpg


Mengemil bukanlah kebiasaan buruk. Tapi, pilihlah cemilan yang aman bagi tubuh, seperti wortel, apel, atau kacang almon. Makanan ini, selain membuat kenyang lebih lama, zat-zat yang terdapat di dalamnya juga memberikan manfaat pada kulit, jantung, dan otak.

apple.jpg
kacang+almond.jpg
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Cara Mudah Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi segala jenis kulit dan segala usia, khususnya bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering. Dehidrasi ini disebabkan oleh hilangnya air dari kulit dan terjadi saat kulit kehilangan lebih banyak kelembabannya. Dehidrasi kerap kali menyebabkan kulit jadi tipis dan lebih cepat kelihatan berkerut. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dehidrasi pada kulit. 1. Minum banyak cairan; normalnya disarankan untuk mengkonsumsi paling sedikit 8 gelas cairan sehari.
2. Minuman berenergi dapat mendorong orang-orang aktif lebih banyak minum cairan karena kandungan rasa dan sodium tinggi di dalamnya.
3. Hindari minuman berkafein dan yang mengandung alkohol, keduanya sama-sama dapat menyebabkan dehidrasi.
4. Hindari minuman yang mengandung carbonat karena pembakaran bisa menyebabkan penggelembungan atau perasaan penuh dan mencegah pemenuhan konsumsi cairan.
5. Kenakan pakaian berwarna terang, yang menyerap dan berukuran pas.
6. Usahakan berada di tempat yang sejuk, terlindungi dari matahari dan lindungi kulit dengan sunblock kapan saja.
Selebihnya, menyadari dan mempersiapkan adalah cara termudah untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Di hari yang panas, untuk orang yang sedang beraktivitas bisa mengalami dehidrasi hanya dalam waktu 15 menit. Jika Anda mengalami pertanda ini, segeralah hentikan aktivitas dan beristirahatlah di tempat yang sejuk. Minum cairan sebanyak mungkin untuk menggantikan air yang hilang dari tubuh Anda.
dehydration_feature.jpg
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Bahaya Dehidrasi Kita mungkin sudah sering mengucapkan kata dehidrasi. Haus sedikit saja kita sering berkelakar demikian. Istilah dehidrasi memang sudah tidak asing lagi. Dehidrasi berarti kekurangan cairan tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih banyak daripada jumlah cairan yang masuk. Dan ini bisa menyerah siapa saja, dari anak kecil hingga orang tua. Hanya saja dehidrasi kerap dianggap sebagai masalah sepele.

Padahal, sebenarnya dehidrasi itu cukup berbahaya. Yang paling rentan terkena dehidrasi adalah anak kecil dan orang tua. Soalnya, tubuh anak kecil banyak mengandung lemak, dan lemak hanya mengandung air lebih kurang 20 persen. Sementara itu pada tubuh orang tua, kadar air dalam tubuhnya sudah semakin menurun akibat proses penuaan organ-organ tubuh.

Tapi, kalau dilihat dari perbedaan jenis kelamin, maka perempuanlah yang lebih mudah terserang dehidrasi dibandingkan dengan laki-laki. Penyebabnya sama seperti pada anak kecil, tubuh perempuan lebih banyak lemak daripada tubuh laki-laki. Namun, di antara semua itu, ternyata remajalah yang paling sering terkena dehidrasi. Pasalnya, remaja mempunyai banyak kegiatan. Akibatnya, aktivitas fisik pun meningkat drastis dan menguras bayak keringat.

Prinsip terjadinya dehidrasi sebenarnya sederhana. Ketika kita melakukan banyak kegiatan, maka cairan tubuh akan terkuras. Kulit banyak mengeluarkan keringat. Paru-paru pun banyak mengeluarkan uap melalui pernafasan.

Lantaran dianggap sepele, tanda-tanda kemunculan dehidrasi kerap kali tak disadari. Gejala kalau kita kena dehidrasi ringan seperti haus, mulut kering, dan bibir kering, sering dianggap sebagai sesuatu yang wajar-wajar saja. Baru kalau sudah memasuki tingkat yang lebih tinggi lagi (dehidrasi sedang), dan muncul tanda-tanda lain seperti tonus kulit jadi menurun (kalau dicubit kulit akan lama kembali ke bentuk semula, alias kulit tidak kenyal), dan berat badan menurun, kita menjadi lebih sadar. Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, hingga meninggal dunia.

Orang yang terkena dehidrasi selain jadi jarang kencing dan jumlahnya sedikit, warna air seninya juga menjadi lebih pekat. Untuk masalah perubahan air seni, semakin tinggi tingkat dehidrasinya, warna air seni akan semakin pekat. Penyebabnya, kalau dehidrasi, tubuh secara otomatis akan menahan semua cairan, termasuk cairan yang mestinya dibuang seperti air seni. Semakin lama air seni itu ditahan, maka jumlah kotoran yang terkandung di dalamnya semakin banyak, hingga mengakibatkan warnanya menjadi keruh.

Mencegah dehidrasi sebenarnya mudah saja. Namanya juga penyakit sepele, penanganannya pun sepele pula. Sering-sering saja minum. Dan air yang diminum sangat dianjurkan air putih. Bukan kopi, teh apalagi minuman bersoda. Meminum kopi, teh atau soda malah membuat keadaan rubuh tambah parah. Maklum, minuman-minuman tersebut mengandung kafein yang hanya akan menambah frekuensi kencing. Jika kita terus menerus kencing, otomatis kita akan semakin banyak pula kehilangan cairan tubuh.

Cara pencegahan lain, kalau hendak beraktivitas di luar ruangan, usahakan saja mengenakan pakaian yang terbuat dari katun. Soalnya, pakaian yang menyerap keringat sangat membantu mengurangi penguapan cairan tubuh.
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Menurut Dr. dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD, KGH, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, dalam jangka panjang, dehidrasi juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, dan terjadinya batu ginjal.​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Gerakan ritmis dan berulang, seperti mengunyah permen karet akan memicu tubuh kita secara natural merespon relaksasi, juga melatih aktivitas pernafasan dan otak. Pilih yang rasa mint, karena rasa ini bisa membantu mendorong semangat

permen_thumb1.jpg
18%20SEPT---MANFAAT.jpg
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Menu Berbasis Telur

Para ahli dari Amerika menemukan bahwa pria yang sarapan dengan menu berbasis telur, cenderung makan lebih sedikit di waktu makan siang, dibanding dengan mereka yang saapan dengan menu tinggi karbohidrat..

Kalo cewek??
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Sebuah penelitian di Jerman, tepatnya Psychopharmalogy menemukan bahwa Vitamin C membantu mengurangi stress dan mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat noermal, setelah situasi penuh tekanan.
foods-vitamin-c.jpg
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Kafein memang bisa membuat anda melek sepanjang hari. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan (lebih dari 2 cangkir pada pagi hari) bisa membuat anda lemas pada tengah hari. Satu cangkir saja sudah cukup membuat kadar energi anda stabil.
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Efek buruk rokok ternyata gak hanya mempengaruhi kualitas kesehatan. tetapi juga KECERDASAN Penelitian terbaru di Israel menngindikasikan, para perokok memiliki IQ lebih rendah ketimbang non perokok..​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Sejumlah penelita muda dari Jerman menyatakan, bahwa orang yang makan sekitar 6 gram cokelat atau sekitar satu persegi empat, memiliki resiko 39 persen lebih rendah terkena stroke atau serangan jantung.
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Buat jadwal olahraga bersama, dan lenkapi makan bersama anggota keluarga dengan menu sehat. Kebiasaan sehat ini akan membuat tentara imunitas kita lebih kuat menghadapi berbagai serangan virus dan bakteri.​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Penelitian yang dilakukan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) menunjukkan suplementasi multivitamin mineral dapat memperbaiki status beberapa zat gizi antioksidan dan kadar Superoksida Dismutase (SOD).​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Para ahli berpikir, zat-zat beracun dalam asap rokok, dapat merusak DNA pada folikel rambut dan menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel. Hasil akhirnya, para perokok akan memiliki rambut yang lebih tipis dan mudah berubah dibanding yang tidak merokok..​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

blueberries-3_49.jpg


Beberapa penelitian terbaru pada binatang menemukan, Blueberry bisa membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan peradangan. Buah mini ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Dan mampu menguatkan sistem imun.
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

Para ahli mengemukakan, kombinasi dari kafein dan asam amino L-theanine dari teh bisa meningkatkan kewaspadaan dan ingatan kita. Teh hitam juga telah menunjukkan khasiatnya sebagai alat melawan efek dari atres.​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

511132_kacangtanah.jpg


Kacang-kacang ini, selain kaya akan protein, mereka juga tinggi akan kandungan magnesium, yaitu mineral yang memegang peranan penting dalam mengubah gula menjadi energi. Para peneliti mengatakan, kekurangan magnesium bisa membuat energi kita terkuras.​
 
Bls: Lo Tau Ga, Sehhhh

tomato-juice.jpg
Sari buah tomat mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Dari 100 gram jus tomat, akan diperoleh kalsium 7 mg, fosfor 15 mg, zat besi 0,9 mg, natrium 230 mg, dan kalium 230 mg. Vitamin yang terdapat dalam 100 gram sari buah tomat adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.
 
Back
Top