Psikoanalisis dan Film

peripagi

New member
Aku lagi bikin skripsi judulnya "Psikoanalisis dalam film Chicago".
Temen2 pada kebayang ga ketika membaca film dengan psikoanalisis ?
Selama ini pembacaan film kan selalu pake semiotika....
dan aku kepedean pake psikoanalisis....hasilnya ? alamaaakkk ribet tapi asyiikk.
Yuk share.... :p
 
terusterang saya kurang mengerti tentang Psikoanalisis & semiotika setelah membaca beberapa informasi tentang motode ini, bisa kasih tau saya secara garis besar apa itu Psikoanalisis & semiotika?
 
seru nehh!! g mo dunk tanya2 ttg psikoanalisis..soalnya aku jg lagi buat skripsi nih yg ada hub nya am psikoanalisis heheh tp ms ga tau psikoanalisis itu apaann..
ada referensi bukunya ga? thx..:)
 
coba ya gw sebagai orang awam yang ga taw apa-apa mendefinisikan ttg psikoanalis
Psikoanalis adalah
Psiko .... sesuatu yang berhubungan dengan kepribadian manusia(mungkin)
analisis.... mencari sebab musabab sesuatu (kayaknya)
Jadi psikoanalisis adalah mencari sebab musabab sesuatu yang berhubungan dengan kepribadian manusia.... (ah... tapi kayaknya salah deh...)

Skripsi kayak gini tuh dikerjain ama anak psikologi kan ya?
Coba dijelasin dulu ttg psikoanalisis jadi bisa memberi jawaban yang berarti..
 
Psikoanalisis adalah cabang ilmu yang dikembangkan oleh Sigmund Freud dan para pengikutnya, sebagai studi fungsi dan perilaku psikologis manusia. Psikoanalisis memiliki tiga penerapan:
1) suatu metoda penelitian dari pikiran;
2) suatu ilmu pengetahuan sistematis mengenai perilaku manusia; dan
3) suatu metoda perlakuan terhadap penyakit psikologis atau emosional. Dalam cakupan yang luas dari psikoanalisis ada setidaknya 20 orientasi teoretis yang mendasari teori tentang pemahaman aktivitas mental manusia dan perkembangan manusia. Berbagai pendekatan dalam perlakuan yang disebut "psikoanalitis" berbeda-beda sebagaimana berbagai teori yang juga beragam. Sebagai tambahan, istilah psikoanalisis juga merujuk pada metoda penelitian terhadap perkembangan anak.

Aliran psikoanalisis Freud merujuk pada suatu jenis perlakuan dimana orang yang dianalisis mengungkapkan pemikiran secara verbal, termasuk asosiasi bebas, khayalan, dan mimpi, yang menjadi sumber bagi seorang penganalisis merumuskan konflik tidak sadar yang menyebabkan gejala yang dirasakan dan permasalahan karakter pada pasien, kemudian menginterpretasikannya bagi pasien untuk menghasilkan pemahaman diri untuk pemecahan masalahnya.

Intervensi khusus dari seorang penganalisis biasanya mencakup mengkonfrontasikan dan mengklarifikasi mekanisme pertahanan, harapan, dan perasaan bersalah. Melalui analisis konflik, termasuk yang berkontribusi terhadap daya tahan psikis dan yang melibatkan tranferens kedalam reaksi yang menyimpang, perlakuan psikoanalisis dapat mengklarifikasi bagaimana pasien secara tidak sadar menjadi musuh yang paling jahat bagi dirinya sendiri: bagaimana reaksi tidak sadar yang bersifat simbolis dan telah distimulasi oleh pengalaman kemudian menyebabkan timbulnya gejala yang tidak dikehendaki.

jadi kalo kita hubungkan dengan film Chicago sangat cocok sekali sesuai apa yang telah di utarakan di atas karena film tersebut mungkin di bikin oleh sutradaranya sesuai dengan apa yang sering dialami oleh manusia

heheheheheh mungkin benar kaleeeee
 
Bls: Psikoanalisis dan Film

Hallow...

Saya lagi mencoba cari ide seputar penelitian dalam konteks membaca gambar anak. Tujuannya mencari pendekatan analisa psikologi yang dapat digunakan sebagai terapi yang dapat mendukung bahasa rupa (bukan semiotika) yang akan saya gunakan dalam membaca gambar anak.

Apakah ada informasi orang-orang yang bisa saya ajak diskusi dan yang punya koleksi gambar anak sebagai studi kasus?

Hal lain adalah bila ada informasi tentang penggunaan aktivitas menggambar dengan teori psikoanalisis dengan teori dari jaman humanistik atau yang terkini. Saya ingin mengetahuai apa perbedaannya, kelebihan serta kekurangannya. serta tahapan membaca gambarnya..

makasih ya.
 
Bls: Psikoanalisis dan Film

gue suka Psikoanalisis, gue suka diskusi tentang psikoanalisis, tapi kalau diskusinya lewat tulisan gini gue bingung... males bacanya.... ^_^
 
Back
Top