(ask) beda katolik dan kristen Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Katolik
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #1   Report Post  

(ask) beda katolik dan kristen

saya seorang muslim mau tanya,
apa sih bedanya kristen protestan dan kristen katolik? jujur karena sejak dulu saya bingung apa bedanya? terima kasih atas jawabannya . . .
mantiqi
Village Level

Post: 27
 
Reputasi: 0

__________________

Recent Blog:

 






    #2   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

ini jawaban setahu saya,,karena saya sendiri adalah orang islam

Katolik: punya pemimpin tertinggi, Paus di Vatikan
Protestan: Nggak punya pemimpin tertinggi

Katolik: pendetanya nggak menikah
Protestan: pendeta boleh menikah

Katolik: pernikahan 1 x saja seumur hidup (tidak boleh cerai)
Protestan: bernikahan boleh beberapa kali (boleh cerai)

Dua-duanya sama-sama make Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, hanya saja buku-buku di dalamnya nggak persis sama.
Adhi_co0l
National Level

Post: 1.164
 
Reputasi: 4

__________________
kalau anda suka posting saya tidak usah repot2 kirim sms ke 3977 cukup berikan bintang sdh cukup
Thnks





    #3   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh mantiqi View Post
saya seorang muslim mau tanya,
apa sih bedanya kristen protestan dan kristen katolik? jujur karena sejak dulu saya bingung apa bedanya? terima kasih atas jawabannya . . .
Sebetulnya mudah dilihat sesuai dengan namanya yg dimaksud dgn Kristen Protestan adalah golongan Kristen yg melakukan Protest terhadap Gereja Katolik.

Protest ini di awali oleh Marthin Luther di abad 16 dan dia memisahkan diri dengan Gereja Katolik, setelah itu ada juga yg lain seperti Calvin dan juga Zwingli .

Semoga membantu
gonzo
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0






    #4   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaannya.

Pertama saya ingin luruskan dulu mengenai pertanyaan anda, yang tepat adalah : “Perbedaan Antara Katolik dengan Protestan”, karena keduanya adalah sama-sama Kristen.

Tidak mudah untuk memahami perbedaan antara Katolik dengan Protestan, akan sangat panjang pembahasannya dari mulai sejarah terbentuknya Protestan sampai perbedaan pemahaman Alkitab secara mendalam.

Sejarah singkatnya sebagaimana yang ditulis Gonzo, secara mendasar hal tersebut disebabkan karena perbedaan terhadap pemahaman Alkitab yang akhirnya menimbulkan perbedaan mendasar secara theology.

Letak perbedaan yang mendasar adalah :
Protestan meyakini yang dinamakan sola fide & sola scriptura, maksudnya :

-Sola Fide : keselamatan diperoleh berdasarkan iman saja
Sementara Katolik meyakini bahwa iman tanpa perbuatan adalah sia-sia, sehingga Katolik meyakini iman dan perbuatan.

-Sola Scriptura : hanya berdasarkan Alkitab
Inti pengajaran Protestan hanya didasarkan pada Alkitab, sementara Katolik tidak semata-mata dari Alkitab melainkan masih memegang teguh tradisi-tradisi suci.

Perbedaan-perbedaan mendasar tersebut akhirnya berpengaruh kepada :
-Pemahaman tentang Bunda Maria
-Tata cara ibadah
-Jenis-jenis doa
-Pemahaman tentang orang-orang kudus
-dsb.

Demikian sedikit garis besar yang bisa saya jelaskan, semoga berguna.
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0






    #5   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh gonzo View Post
Sebetulnya mudah dilihat sesuai dengan namanya yg dimaksud dgn Kristen Protestan adalah golongan Kristen yg melakukan Protest terhadap Gereja Katolik.

Protest ini di awali oleh Marthin Luther di abad 16 dan dia memisahkan diri dengan Gereja Katolik, setelah itu ada juga yg lain seperti Calvin dan juga Zwingli .

Semoga membantu

ya. sebenernya aslinya semua itu Katholik.
sampai suatu hari pada abat ke berapa, ada kebijaksanaan pimpinan Katholik yang bikin beberapa umatnya Protes.

mereka ingin mendirikan gereja St Petrus (klo ga salah. pokoknya gereja yg gede di Vatikan itu) tapi ga ada dana. untuk menggalang dana, mereka jual2in surat penghapusan dosa (brb ngakak)

makanya beberapa umat yg protes itu memecahkan diri dan disebut sebagai Kristen Protestan. tapi sekarang keliatannya mereka jadi agama sendiri. padahal sebenernya ya.... sama aja.

dan sekarang sudah ratusan taun mereka misah. tata cara ibadah mereka jg udah beda banget sama Katholik.
tapi keliatannya masih ada upacara minum anggur dan makan roti ya?
JudgeScar
Village Level

Post: 86
 
Reputasi: 1

__________________
When you walk away, I count the steps that you take







    #6   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh JudgeScar View Post
ya. sebenernya aslinya semua itu Katholik.
sampai suatu hari pada abat ke berapa, ada kebijaksanaan pimpinan Katholik yang bikin beberapa umatnya Protes.
Kita simpan dulu sampai ada kejelasan kebijaksanaan apa yg yg membuat protest itu

Kutip:
Oleh JudgeScar View Post
mereka ingin mendirikan gereja St Petrus (klo ga salah. pokoknya gereja yg gede di Vatikan itu) tapi ga ada dana. untuk menggalang dana, mereka jual2in surat penghapusan dosa (brb ngakak)
wakakakak,...... tahan dulu ngakaknya Bang, jangan jangan yg di ngakakin salah lagi , kalau boleh kita kembali baca sejarah dulu apakah cerita yg bikin ngakak ini bener ape ngga, kalu udah jelas ntar kita ngakak bareng.

Kutip:
Oleh JudgeScar View Post
makanya beberapa umat yg protes itu memecahkan diri dan disebut sebagai Kristen Protestan. tapi sekarang keliatannya mereka jadi agama sendiri. padahal sebenernya ya.... sama aja.

dan sekarang sudah ratusan taun mereka misah. tata cara ibadah mereka jg udah beda banget sama Katholik.
tapi keliatannya masih ada upacara minum anggur dan makan roti ya?
Baca apa yg diposting Bang Katro disitu jelas perbedaannya, mirip itu tidak sama, beda beda tipis itu juga ngga sama.

Kalau boleh tau Bang JudgeScar agamanya apa? sebab jawaban ini bisa berbeda untuk yg Kristen Protestan dan Non Kristen.
gonzo
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0






    #7   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh Katro View Post
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaannya.

Pertama saya ingin luruskan dulu mengenai pertanyaan anda, yang tepat adalah : “Perbedaan Antara Katolik dengan Protestan”, karena keduanya adalah sama-sama Kristen.

Tidak mudah untuk memahami perbedaan antara Katolik dengan Protestan, akan sangat panjang pembahasannya dari mulai sejarah terbentuknya Protestan sampai perbedaan pemahaman Alkitab secara mendalam.

Sejarah singkatnya sebagaimana yang ditulis Gonzo, secara mendasar hal tersebut disebabkan karena perbedaan terhadap pemahaman Alkitab yang akhirnya menimbulkan perbedaan mendasar secara theology.

Letak perbedaan yang mendasar adalah :
Protestan meyakini yang dinamakan sola fide & sola scriptura, maksudnya :

-Sola Fide : keselamatan diperoleh berdasarkan iman saja
Sementara Katolik meyakini bahwa iman tanpa perbuatan adalah sia-sia, sehingga Katolik meyakini iman dan perbuatan.

-Sola Scriptura : hanya berdasarkan Alkitab
Inti pengajaran Protestan hanya didasarkan pada Alkitab, sementara Katolik tidak semata-mata dari Alkitab melainkan masih memegang teguh tradisi-tradisi suci.

Perbedaan-perbedaan mendasar tersebut akhirnya berpengaruh kepada :
-Pemahaman tentang Bunda Maria
-Tata cara ibadah
-Jenis-jenis doa
-Pemahaman tentang orang-orang kudus
-dsb.

Demikian sedikit garis besar yang bisa saya jelaskan, semoga berguna.

Yup..Walaupun terkesan teoritis, tapi ini benar.
Yg lebih kelihatan..
Apabila Kristen Protestan..salibnya ndak ada Yesusnya, salib umat Katolik ada Yesusnya.
Apabila Kristen Protestan..injilnya sering dibaca, sampe banyak stabilonya..injil umat Katolik, biasanya masih bersih (clean)...Karena kami rajin membersihkan.
Tapi yg jelas kami (umat Kristen Protestan dan Katolik) makanannya sama..
prasetyo2009
City Level

Post: 173
 
Reputasi: 1

__________________
GOD BLESS YOU ALL..ESPECIALLY ME.:lol: :lol:





    #8   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Sejarah singkatnya sebagaimana yang ditulis Gonzo, secara mendasar hal tersebut disebabkan karena perbedaan terhadap pemahaman Alkitab yang akhirnya menimbulkan perbedaan mendasar secara theology.

Letak perbedaan yang mendasar adalah :
Protestan meyakini yang dinamakan sola fide & sola scriptura, maksudnya :

-Sola Fide : keselamatan diperoleh berdasarkan iman saja
Sementara Katolik meyakini bahwa iman tanpa perbuatan adalah sia-sia, sehingga Katolik meyakini iman dan perbuatan.

-Sola Scriptura : hanya berdasarkan Alkitab
Inti pengajaran Protestan hanya didasarkan pada Alkitab, sementara Katolik tidak semata-mata dari Alkitab melainkan masih memegang teguh tradisi-tradisi suci.

Perbedaan-perbedaan mendasar tersebut akhirnya berpengaruh kepada :
-Pemahaman tentang Bunda Maria
-Tata cara ibadah
-Jenis-jenis doa
-Pemahaman tentang orang-orang kudus
-dsb.

[/quote]

Stuj nih dgn mas katro. Umat Katholik sgt menghormati Bunda Maria dan orang-orang kudus yang sdh sgt berjasa mewartakan Kerajaan Kristus. Buatku pribadi sbg seorang Katholik, tata cara ibadah yg ada membuat jalannya ibadah jd lbh kusyuk dan tertib. Beda aja gituu dan peringatan orang2 kudus yang ada, mengingatkan qt untuk berterima kasih dan turut mendoakan orang2 kudus dan memohon mereka untuk turut mendoakan qt jg. Karna yg aq tahu, dengan meminta orang2 kudus untuk mendoakan qt, maka doa yang dipanjatkan kpd Yesus akan semakin kuat. Tentunya bukan hanya sekedar doa yang keluar dari mulut sj, tapi harus diimani dan didukung dengan perbuatan seperti yang dikatakan mas katro.

Salib yg masih terpampang Yesus Kristus jg mengingatkan qt umatnya untuk selalu mengingat pengorbanan Yesus untuk seluruh umat manusia. Patung2 yang ada baik itu dari Bunda Maria dan ke dua belas rasul jg untuk lebih memfokuskan doa2 yang qt panjatkan. Jadi, tidak seperti kebanyakan orang bilang kalau umat Katholik menyembah berhala.

Seandainya pun apabila protestan muncul karna isu surat2 penghapusan dosa yang dijual itu memang benar, kok malah Katholiknya yang disalahkan? Aq jg pasti ngga stuju, masa sih bisa seenaknya menghapuskan dosa hanya dengan secarik kertas dan diberikan oleh manusia biasa pula? Tapi pastinya itu merupakan kesalahan pribadi2 tertentu dan bukan agama, terutama apa yang diteruskan oleh Rasul Petrus. Atau mungkin pada saat itu ada pihak2 tertentu yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk keuntungan pihak2 tertentu? hehehhe...who knows

Yah bagi yang masih kebingungan...boleh deh ikuti ibadah di dua tempat itu

pisss.... n God bless!
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0






    #9   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh miatobey View Post
Seandainya pun apabila protestan muncul karna isu surat2 penghapusan dosa yang dijual itu memang benar, kok malah Katholiknya yang disalahkan? Aq jg pasti ngga stuju, masa sih bisa seenaknya menghapuskan dosa hanya dengan secarik kertas dan diberikan oleh manusia biasa pula? Tapi pastinya itu merupakan kesalahan pribadi2 tertentu dan bukan agama, terutama apa yang diteruskan oleh Rasul Petrus. Atau mungkin pada saat itu ada pihak2 tertentu yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk keuntungan pihak2 tertentu? hehehhe...who knows

Yah bagi yang masih kebingungan...boleh deh ikuti ibadah di dua tempat itu

pisss.... n God bless!
Sebagai orang Katolik bukankah sebaiknya tau persis apakah memang ada atau tidak yg namanya surat penghapusan dosa itu ? jangan main percaya aja sama apa kata orang, kalau ada apa tindakan kamu kalau ngga ada bagaimana menyanggah issue itu.

Biar Bang Judgescar bisa ngakak dgn tenang kalau emang ada atau kita stop ngakaknya dia dan giliran kita yg ngakak, gimana ?
gonzo
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0






    #10   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

justru itu mas gonzo, karna belum jelas yah.. apa yg mau dikomplain? anggap aja bang judgescar cm memberi masukan apa yang pernah dia dengar, dan kalau mas gonzo punya masukan yang lebih baik lagi yah monggo soalnya apa yang udh mas gonzo kemukakan sebelumnya terlalu sedikit, boleh dijelasin lebh banyak lg ngga? ... btw, mas gonzo sndri katholik/ngga? boleh dong ksih jwbn ats pertanyaan mas sendiri...seandainya benar/tidak issue surat penghapusan dosa itu?
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pengalaman dan Alasan masuk Katolik FoA Katolik 36
puasa katolik holiniti Katolik 17
Bangga Jadi Katolik? urhee Katolik 38
Devosi Dalam Gereja Katolik d4gom3z Katolik 1
Naik Pesawat Beda Harga Beda Layanan squall Humor 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.