Aneka permainan kreatif dan edukatif

bla_bla_bla

New member
Yuk kumpulin jenis2 permainan kreatif dan edukatif , biar nanti bisa dipraktekin sama anak2 kita, keponakan, biar tambah pinter, kreatif, dan cepat berkembang . Tapi dalam mempraktekannya, bagusnya kalau orang tua ikut mendampingi dan berpartisipasi dalam permainan itu. Hal ini bertujuan selain lebih mendekatkan hubungan antara orang tua dengan anak, terpenuhinya kasih sayang anak, juga bertujuan agar anak terbiasa berinteraksi dengan orang lain.

Biar ga ada yang bingung lagi atau kehabisan ide untuk mengajak anak bermain, nih ada salah satu contohnya :

BUILDING BLOCK​

building+color+2.jpg

Permainan jenis ini bisa memacu kreatifitas dan konsentrasi anak. Building block terdiri dari balok-balok dengan beberapa bentuk seperti segi tiga, segi empat, persegi panjang, setengah lingkaran, dan berwarna warni bisa disusun anak menjadi sebuah rumah , istana, dll sesuai dengan imajinasinya. Jangan lupa untuk memberikan kata2 positif untuk setiap hasil karyanya.
 
Aneka Permainan Edukatif Sesuai Usia Anak

Sekitar minggu lalu aku and my mom pergi ke toko mainan buat beliin kado keponakan yang lagi ulang tahun umur 2 tahun. Wew sempet pusing jyuga sih gara- gara bingung mau beli yang mana... karena kan perlu diiingat, mainan yang baik itu harus yang mendorong tumbuh-kembang anak. Mainan tersebut juga harus disesuaikan dengan karakter anak. Apa yang cocok untuk anak lain, belum tentu disukai anak yang kita maksud. >:'(>:'( binguuuuuuuuuuung,,,,


Mainan nggak boleh terlalu sulit, karena bisa membuat frustrasi. And kalau terlalu mudah, akan membuatnya bosan.


Menurut Alvin Eden, M.D., profesor klinis di jurusan Pediatrics, Weil Medical College of Cornell University, New York, saat memilih mainan anak, harus dipertimbangkan tingkat keamanannya. Pada dasarnya mainan tidak boleh memiliki sudut yang tajam, bagian-bagian yang mudah dilepas, tidak mudah patah atau pecah, berukuran cukup besar sehingga tidak dapat dimasukkan
ke mulut dan ditelan.

Wew jadi makin penasaran nih aku sama aneka permainan edukatif menurut usia anak, ayoooooooo yang ada info, di share di sini yaw<<3)
tapi sebelumnya, simak dulu yuk beberapa permainan sesuai usia anak, menurut saran Eden. C'mon..let's cegedot ...ehehe


images
images
images
images
images
images
images
images

Usia 0-1 tahun
- Pastikan mainan tidak mudah terbakar, tidak beracun, dan dapat dicuci. Boneka binatang sebaiknya merupakan satu bagian; bila ada tangan atau kaki juga tersambung dengan aman. Bagian wajah sebaiknya dilukis atau dibordir, sehingga tidak ada mata dari kancing yang bisa ditarik dan dilepas lalu ditelan. Mainan yang kecil dan ringan lebih mudah dipegang dan dipeluk oleh anak usia ini.

- Mainan yang bergerak membantu mengembangkan kemampuan bayi untuk menaruh perhatian pada obyek. Bola yang mengeluarkan suara atau memiliki bagian-bagian yang bergerak di dalamnya memberikan stimulasi motorik, visual, dan pendengaran, serta membantu mengembangkan gerakan mata, merangkak, dan meningkatkan kemampuan motorik. Namun pastikan ia tidak dapat mengeluarkan bagian yang bergerak-gerak tersebut. Mainan yang bergemerincing juga akan menarik perhatian bayi melalui warna, suara, sentuhan, dan rasanya. Gelang-gelang yang didesain untuk merangsang pertumbuhan gigi boleh diberikan, asal tidak mudah patah, tidak ada bagian yang longgar, dan dapat dicuci.

Usia 12-18 bulan
Pada tahap ini, bayi sudah bisa berdiri dan duduk, namun ada yang belum bisa berjalan sendiri.
Mereka senang memindah-mindahkan obyek, seperti mainan yang bisa ditarik-ulur dan menimbulkan bunyi, mainan yang bisa dibuka-tutup, memencet tombol, dan main ciluk-ba. Bayi juga senang bermain menyusun kotak, namun pilih kotak yang ditutup dengan kain yang lembut dan ringan. Tak perlu menyediakan terlalu banyak kotak, karena akan membingungkan anak.
Bayi senang dengan mainan yang dapat ditumpangi seperti mobil-mobilan, namun mainan ini berbahaya untuk anak yang belum bisa berjalan. Pastikan anak dapat naik-turun mainan dengan mudah, dan dapat melakukan manuver sendiri. Mainan yang bisa ditarik-ulur juga baik untuk anak yang sudah bisa berjalan.

Usia 18-24 bulan
Anak usia ini sudah mulai berbicara, dan tertarik dengan ukuran dan peletakan barang.

- Menyusun kotak berukuran besar akan menarik hatinya. Mulailah dengan satu set berukuran kecil, dan ganti dengan yang berukuran besar begitu minat anak berkembang. Kotak yang diberi wadah membuatnya asyik memasukkan dan mengeluarkan.

- Mainan telepon memberikan anak terlibat dalam kegiatan orang dewasa, dan anak suka dengan suaranya. Bentuknya yang menyerupai tokoh kartun membantu anak tetap tertarik.

- Mainan mengenal bentuk mendorong anak untuk menggabung-gabungkan potongannya. Hal ini membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan, kemampuan mencari pasangannya, dan mengenali bentuk. Namun potongan mainan sebaiknya tidak terlalu banyak.

- Bus dengan penumpang yang bisa dikeluarkan, hand puppets, atau boneka. Bermain dengan boneka bayi dan trolley-nya membantu anak mengembangkan imajinasi, bermain peran, dan membangun kemampuan sosial, selain membantu meningkatkan kemampuan motoriknya.

Usia 2-3 tahun
Anak sudah semakin kreatif. Mereka menyukai kegiatan orang dewasa, dan mainan yang realistis akan menstimulasi otak mereka. Kelompok usia ini juga menggemari mainan yang membutuhkan gerak dan ketangkasan.
- Mainan atau boneka yang bisa berbicara, atau mainan instrumen musik juga populer. Semakin banyak fitur yang ditampilkan, semakin anak suka, selama masih mudah digunakan. Mobil-mobilan seperti truk baik untuk kegiatan di dalam atau luar rumah, begitu juga sandbox lengkap dengan ember dan sekop untuk menggali atau mengeruk pasir. Kereta api juga menyenangkan, karena anak bisa belajar meletakkan dan memungut kereta dari relnya.

- Puzzle yang sederhana. Permainan ini menguatkan koordinasi mata dan tangan, kemampuan mencocokkan, dan mengenali bentuk, serta akan membuatnya terus penasaran, sejauh sesuai dengan tingkat kemampuannya. Potongannya sebaiknya tidak terlalu kecil, supaya tidak mudah dimasukkan ke mulutnya juga. Mainan yang menunjukkan profesi, seperti perangkat kedokteran, atau memasak, juga mendorong kreativitasnya.

Usia 3-5 tahun
Anak-anak usia ini mulai menikmati kegiatan menggambar, mencoret-coret, dan memberi warna.
- Kertas dan krayon juga akan mendorong kemampuannya menulis. Mencoret-coret akan meningkatkan imajinasi dan kreativitas, dan menjadi sarana yang baik untuk mengekspresikan emosinya.

- Permainan yang menggunakan papan (board games) seperti ular tangga mempertajam kemampuan visualisasi dan memorinya, karena membutuhkan imajinasi atau perhitungan mental.

- Buku cerita, mainan untuk membangun sesuatu, mengenakan pakaian pada boneka dan berbagai aksesorinya, rumah-rumahan, puzzle dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan, dan sepeda.

sumber KOMPAS
 
Bls: Aneka Permainan Edukatif Sesuai Usia Anak

@resi_dj
man petak umpet termasuk permainan edukatif ga
 
Bls: Aneka Permainan Edukatif Sesuai Usia Anak

yuhuu yuhuu..buat mantan den moving (kan ganti nama nih..ehehe)
menurut aku petak umpet termasuk permainan edukatif karena di dalam permainan itu termasuk melatih kecerdasan di mana seorang anak harus mencari tempat persembunyian yang strategis dalam waktu yang singkat.
selain itu juga melatih pertahanan diri (dalam artian agar tidak diketahui oleh lawan) gitu menurutku :)
 
Bls: Aneka Permainan Edukatif Sesuai Usia Anak

Kalau keponakan kecil gue, suka hp beneran, gak mau yang bohong2an, repot juga nih.
 
Bls: Aneka permainan kreatif dan edukatif

wew kecilnya umur berapa tuh?? gawat juga dah minta yang hp beneran,,,,


=======================================================
GABUNG THREAD
=======================================================
 
dulu ada tuh mainan dr produk CNI namanya Lassy,.. itu bagus tuh bisa dibentuk apa aja seperti lego,..
ngasah otak dan asah kreatifitasnya
 
Back
Top