Tak Ingin Jadi Presiden

pratama_adi2001

New member
DILI - Menjelang pemilu presiden yang dijadwalkan April mendatang, Perdana Menteri Timor Leste Ramos Horta mengaku tak berambisi untuk mencalonkan diri. Kendati demikian, dia tak menutup diri untuk menggantikan Xanana Gusmao yang menjadi presiden sejak 2002. Syaratnya, tidak ada kandidat lain yang maju.

"Saya tidak mau ikut dalam pemilu, baik untuk menjadi anggota parlemen, pemerintahan, atau menjadi presiden," katanya kepada kantor berita Prancis AFP kemarin. Menurut penerima Nobel Perdamaian 1996 itu, sikap tersebut sudah dia ungkapkan kepada Xanana dan beberapa partai politik.

"Tapi kalau tidak ada kandidat yang maju dan semua pihak menganggap saya harus menerima tanggung jawab (sebagai presiden) demi kepentingan negara, mungkin saya akan mempertimbangkannya," lanjut pengganti Mari Alkatiri yang mengundurkan diri pada Juli lalu itu.

Pria berusia 57 tahun itu buru-buru menambahkan, Timor Leste punya beberapa kandidat presiden yang cukup baik. "Saya yakin mereka semua bagus," ujarnya tanpa menjelaskan siapa kandidat yang dijagokannya. (afp/any)
 
Back
Top