Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Status
Not open for further replies.
oh..iya mr.ariefadi...sy pny tmen,dy klo mnjelang mens tuh prutnya psti terasa sakit yg bgtu hebat...malah smpe bwt pingsan tu anak...
knp ya dok? krna apa?n msti gmn???pncegahan n pnjelasannya jg...hehe..
thanks a much lot many many much.....
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

oooo...gt y dok arief....
iya,bpk m ibu sy emg kruz...tp bpk sy skrg udah bs gmuk'an dkit..dulu bpk sy ga skuruz sy...mndingan lah..nah klO sy...hh,kruz Bgt.
klo mkanan,sy sneng bgT maem mknan yg ngbuat pnes dlem,mkny sring sriawan..chiki2an gtou...ap itu jg mmpngaruhi??
mkcy bgt ya dok

ohya dok...brt sy ±55kg n tggi ±172.
sy dpt 18.56.
artiny sy normal yw???
tp koq kliatanny sy kurus bgt jd org???kyk ga ada isi..hehe.
ap mgkin krn ktinggian x ya,mkny kliatan krus???
oya dok,gne aj...gmn tips utk enak mkan,and brt bdan bs nmbah???
ato biar mkanannya ter-resap dg baik d badan.biar ga skedar masuk-kluar gtou...hehe...

Biar makanan terserap dengan baik hal yang utama dan yang paling utama adalah bersyukur, kita mensyukuriapa yang sudah diberikan kepada kita.

di sini saya sertakan juga jenis makanan yang bisa membuat gemuk :
  1. Pure kentang.
  2. Permen.
  3. Es krim.
  4. Keripik kentang.
  5. Daging olahan.
  6. Jajanan gorengan.
  7. Makanan cepat saji.
  8. Minuman bersoda.
  9. Sereal manis.
  10. Susu whole milk.
  11. Kuah daging.
  12. Roti.
  13. Aneka Krim.
  14. Mayones.
  15. Kopi Instan.

selain 15 jenis makanan tersebut, dalam dunia kedokteran ada yang disebut dengan MODISCO kepanjangan dari MODIFIED DIETETIC SKIM and COTTON SHEET OIL. ini adalah susu skim yang berguna salah satunya untuk memperbaiki gizi. caranya :

Modisco III
Bahan:
- Susu full cream 12 g (1 1/4 sdm) atau susu segar 100 g (1/4 gelas).
- Gula 7,5 g
- Margarin 5 g (1/2 sdm)

Nilai gizi:
Energi : 130 kal
Protein : 3 g
Lemak : 7,5 g

Cara membuat :
Susu skim, gula, dan ½ bagian air dingin diaduk sampai rata, lalu terus diaduk hingga cairan rata dan ditambahkan minyak/margarine dan ½ bagian air panas dan diaduk lagi sampai larut. Disaring dan dimasukkan dalam gelas, kemudian diminum dalam keadaan hangat.

KETERANGAN :
  • Minyak , apabila di daerah tidak terdapat minyak kelapa, maka dapat diganti yang ada di daerah tersebut (minyak jagung, biji kapas, kacang dll). Jika tidak suka minyak dapat diganti dengan margarine.
  • Susu, apabila tidak suka susu full cream bias diganti susu skim, susu segar atau susu lain
  • Apabila pemberian Modisco menyebabkan diare, muntah, penyakit lain yang menyertai, maka hentikan pemberian Modisco tersebut.

Susu dapat dikonsumsi dua kali sehari, yaitu pagi hari dan siang hari, atau malam hari menjelang tidur.

Semua diit yang dilakukan akan lebih baik hasilnya jika dilakukan dengan olahraga dan aktifitas fisik lainnya, selain membatu membentuk otot, berolahraga juga membantu membuang timbunan lemak di dalam tubuh, menyegarkan pikiran, merelakskan tubuh.
 
Bls: Re: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Pagi menjelang siang dok Arief, langsung aja ya dok..
aku punya (entahlah) seperti jerawat di hidung, normalnya kan kalau jerawat itu dalam kurun waktu beberapa hari pasti kering dan ada "isi" nya, tapi ini nggak dok, udah sekitar 3 minggu (benda yang seperti) jerawat ini nggak kering atau minimal kempes.

Pernah dok benda asing ini hinggap di kelopak mata saya berupa bintilan berwarna kuning, kondisinya sekarang "hama" yang hinggap di hidung pesek saya bertambah besar & menimbulkan rasa nggak Pede.

Sebenarnya benda asing yang tumbuh di hidung saya itu apa sih? Apa resepnya supaya benda asing ini bisa minggat dari hidung pesekku.



Nah ini gambar yang sempat saya ambil di awal minggu ke-2, Dokter arief & temen-temen forum jangan ketawain saya dun!!




Terimakasih sebelumnya dokter Ariefadi

kita balik ke definisi jerawat ato akne vulgaris dulu ya...

Akne vulgsaris adalah radang kronis pada folikel sebaseus yang secara klinis ditandai dengan komedo , papul, pustul nodul dan kista , pada daerah predileksi yaitu di wajah , bahu, lengan atas ,dada dan punggung bagian tasa, yang sering dijumpai pada usia remaja.

Komedo.
Komedo terbuka tampak secara klinis sebagai lesi hitam yang nyata , diameter 0,1-3 mm, biasanya timbul dalam beberapa minggu. Komedo ini disebabkan oleh oksidasi lemak permukaan , tetapi sekarang diketahui disebakan oleh melanin. Komedo tertutup , merupakan bintik bintik yang desebakan penyumbatan muara sebaseus oleh masa sebum dan tertutup oleh lapisan epitel. Biasanya mempunyai diameter 0,1-3 mm, dapat mengalami resolusi spontan dalam 3-4 hari ( 25%), sedangkan sisanya akan berubah menjadi lesi beradang.

Papula.
Ukuran dan keadaan eritemnya bervariasi 50 % papula timbul dari kulit yang normal, selebihnya dari komedo terbuka dan tertutup Papula dibedakan menjadi 2, yaitu papula aktif dan kurang aktif. Papula yang kurang aktif berupa papula yang kurang eritem (kemerahan) dan berukuran lebih kecil dibanding yang aktif. Diameternya yang dapat mencapai 4 mm dan hilang dalam waktu yang lebih lama . Sekitar 7 % menyembuhkan melalui bentuk makula, yang lain berkembang menjadi papula aktif atau pustula . Papula yang aktif dapat sembuh secara langsung menjadi makula atau melalui papula yang kurang aktif.

Pustula
Debedakan menjadi 2, yang superfisial dan dalam. Pustula superfisial dapat dikategorikan sebagai aktif dan kurang aktif, dengan ukuran lebih kecil dan kurang berindurasi, serta menghilang dalam waktu yang lebih pendek dibanding lesi aktif. Pustula yang dalam lebih sering tampak pada penderita dengan akne yang parah. Biasanya timbul dari papula atau nodula inflamasi sebelumnya dan menetap lebih dari 7 hari, serta mengalami resolusi melalui fase papular dalam waktu 2-6 minggu.

Nodula.
Merupakan benjolan yang terletak lebih dalam dan cenderung menetap selama 8 minggu sebelum resolusi, sebagian menjadi jaringan sikatrik. Resolusi dicapai melalui fase papular.

Kista.
Jarang terjadi , diameternya dapat mencapai beberapa sentimeter, unilokular atau multilokular .
Bila diaspirasi mengeluarkan materi yang kental dan berwarna kuning . Kadang dapat tersebar luas mengenai wajah, punggung, dada , leher dan kulit kepala .
Lesi dapat bergabung menhadi besar dan dihubungkan dengan sinus, nekronis, dan inflamasi granulomatus. Keadaan ini desebut akne konglobata.


dari pengertian dan gambar, jadi masih bisa dikatakan "benda asing" yang ada di hidung anda adalah jerawat/akne vulgaris.

1 hal yang utama klo ada jerawat di hidung adalah, JANGAN DI PENCET. secara anatomis di daerah hidung, aliran darahnya juga sama ke otak. ditakutkan bisa mengakibatkan cedera otak di dalam.

menjaga kebersihan wajah juga bisa mencegah timbulnya jerawat lagi,
jika ada lesi/luka bekas jerawat bisa diberi betadin.

menghilangkan jerawat bisa memakai lotion yang ada dipasaran/apotek. jika tidak kunjung sembuh bisa memberi antibiotik topikal (dioleskan pada wajah)yang mengandung eritromisin dan klindamisin.

semoga membantu
 
Bls: Re: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Dokter klo sehari baiknya makan itu berapa kali ya ???

Terima kasih...

selain dari kuantitas hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas makanan.
dari ilmu gizi yang saya pelajari, makan tiga kali sehari dengan nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat. hal ini dikarenakan suplai karbohidratnya jadi berlebihan. Jika ditilik efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi yang berakibat pada penyakit, misalnya diabetes.

jadi bagaimana pola makan yang dikatakan baik dan sehat?

Pola makan yang lebih sehat : Lima kali sehari.

  • Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.
  • 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar
  • Makan siang, silahkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Tapi selalu ingat : Berhenti sebelum kenyang!
  • Sore hari, ba’da ashar, makan - makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah - buahan bisa jadi pilihan.
  • Malam, makan lengkap. Usahakan makan malam 3 jam dari waktu tidur anda, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.

ya itu memang secara teoritis keilmuannya, klo dilihat dari agama ya kita ngikur Rasul Muhammad saw.
"MAKANLAH KETIKA LAPAR DAN BERHENTI SEBELUM KENYANG".

semoga dimengerti.
 
Bls: Re: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

oh..iya mr.ariefadi...sy pny tmen,dy klo mnjelang mens tuh prutnya psti terasa sakit yg bgtu hebat...malah smpe bwt pingsan tu anak...
knp ya dok? krna apa?n msti gmn???pncegahan n pnjelasannya jg...hehe..
thanks a much lot many many much.....

nyeri haid disebut juga Dysmenorrhoe, yaitu nyeri perut yang berasal dari kram rahim dan terjadi sebelum, selama, dan sesudah haid/menstruasi.
Disebut dismenore primer jika tidak ditemukan penyebab yang mendasarinya dan dismenore sekunder jika penyebabnya adalah kelainan kandungan.

  • Dysmenorrhoe primer: sejak menarche (pertama kali mengalami menstruasi) atau timbul pada masa remaja, yaitu sekitar 2-3 tahun setelah menstruasi pertama, tidak ada kelainan dari alat kandungan, bisa oleh karena:
    • psikis
    • anemia
    • kelelahan
    • sumbatan (penyempitan saluran cervix uteri)
    • rahim yang menghadap ke belakang (retroversi)
    • kurang berolah raga
    • kelebihan prostaglandin (dilepaskan endometrium).

    secara anatomi daerah rahim juga terdapat pembuluh darah. pada saat mens maka secara fisiologis dinding rahim akan berkontraksi untuk menekan pembuluh darah pada dinding rahim. kontraksi inilah yang ditangkap sinyal otak sebagai nyeri haid.



  • Dysmenorrhoe sekunder: terjadi kemudian, bisa oleh karena: infeksi, perlekatan, tumor, termasuk endometriosis

Untuk mengurangi rasa nyeri bisa diberikan obat anti peradangan non-steroid (misalnya ibuprofen, naproksen dan asam mefenamat). Obat ini akan sangat efektif jika mulai diminum 2 hari sebelum menstruasi dan dilanjutkan sampai hari 1-2 menstruasi.

Selain dengan obat-obatan, rasa nyeri juga bisa dikurangi dengan:
- istirahat yang cukup
- olah raga yang teratur (terutama berjalan)
- pemijatan
- yoga
- orgasme pada aktivitas seksual
- kompres hangat di daerah perut

semoga bermanfaat.
 
Bls: Re: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

dokul tu sape???

dokul tu panggilan si ayam buat saya (ariefadi)
katanya kepnjangan dari dokter gaul.

klo ketua genk g tau deh..
baru lagi tu kayanya.

-----------------------------------------------------------------------------
mohon maaf atas keterlambatan menjawab beberapa pertanyaan dari teman2 ii, dikarenakan beberapa hari yang lalu saya dinas keluar kota.

-----------------------------------------------------------------------------
bagi temen2 ii yang lain yang ingin konsultasi masalah kesehatan silahkan masuk sini. kita berdiskusi bersama.
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

nama saya ardie saya berumur 20 tahun, saya seorang wanita, tapi saya sering merasa aneh dengan kepribadian saya...
dari kecil saya selalu merasa sebagai seorang laki2..
saya juga bingung kenapa saya lebih tertarik pada seorang wanita...
saya tidak mau dicap sebagai homoseks...
ukuran tangan saya lebih besar dari pada tangan wanita pada biasanya...ketika saya bandingkan dengan teman laki-laki saya baru seimbang, apa mungkin saya terkena true hermaprodit ato pseude female?
pada saat saya mendapat haid umur saya 14 tahun dan itu bukan darah..tetapi seperti keputihan yang berwarna coklat..kemudian saya haid kembali setelah 3 bulan...mohon bantuannya..
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

saya akan berusaha menjawab pertanyaan mbak ardie..
menurut saya permasalahannya lumayan kompleks, karena selain dari faktor kedokteran, juga melibatkan psikologi dan agama.

Keputihan disebut normal jika berwarna jernih, tidak berbau, tidak gatal, dan tidak dikeluhkan. Keputihan yang normal biasanya terjadi saat (1)menarche –mens pertama kali. (2)sekitar masa ovulasi. (3)keinginan seks meningkat (4)kehamilan (5)bayi baru lahir. (6)sedang stres.

Menarche biasanya terjadi antara tiga sampai delapan hari, rata-rata lima setengah hari. Dalam satu tahun setelah terjadinya menarche, ketidakteraturan haid masih sering dijumpai. Ketidakteraturan terjadinya haid adalah kejadian yang biasa dialami oleh para remaja putri.

Secara teori, alat kelamin tidak mungkin mengalami perubahan pada masa pertumbuhan manusia, misalnya dari laki-laki menjadi perempuan, ataupun sebaliknya. Kecuali dengan operasi.


Dalam dunia kedokteran, hermaprodit terbagi menjadi tiga bagian:
1.hermaprodit murni
Yaitu dalam satu tubuh ada ovarium dan testis.Untuk genitalia external-nya (alat kelamin luar) bisa bervariasi. Ada yang bentuknya seperti penis atau vagina. Namun, ada pula yang alat kelamin luarnya tidak jelas. Artinya bentukan penis atau vagina tidak jelas.

2.hermaprodit pseudo male
Sering disebut laki-laki tapi palsu.Seseorang dengan kelainan tersebut memiliki organ kelamin wanita lengkap di tubuhnya. Tapi, klitoris yang dipunyainya membesar sehingga menyerupai penis. Bentukan penis itulah yang membuat seseorang tersebut diidentifikasi laki-laki. Padahal, sejatinya perempuan. Dalam hal ini, lubang tetap di bawah, klitoris yang disangka penis biasanya tidak berlubang ukurannya sekitar 2 cm sedangkan klitoris normal hanya seukuran kacang hijau.

3.pseudo female
Kebalikan dari varian kedua, seseorang yang menderita kelainan ini sebenarnya laki-laki, tapi alat kelamin luarnya menyerupai wanita.

Penentuan diagnosis harus dengan pemeriksaan intensif. Mulai dari kromosom, hormon yang dominan, hingga pemeriksaan penunjang mengenai organ vital yang dimiliki termasuk pemeriksaan psikologis.

Apabila terjadi kebingungan dalam penentuan jenis kelamin, sering dapat dikerjakan dengan pemeriksaan DNA seperti FISH (fluorescence in situ hybridization). Ini adalah kombinasi antara pemeriksaan sitogenetik dan molekuler atau dengan analisis molekuler lainnya.

saran saya adalah, coba anda memeriksakan diri ke bagian UROLOGI.
dari hasil pemeriksaan tersebut maka akan diketahui hal yang dominan pada diri anda, setelah itu cobalah untuk menerima kenyataan hidup (yang penting ada niat dan kemauan untuk menjalaninya).
sekali anda ditentukan sebagai laki - laki maka selamanya akan laki - laki, dan sekali anda ditentukan sebagai wanita maka selamanya wanita.


semoga membantu
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

mohon maaf, klo masalah harga saya kurang tahu.
yang penting ke urologi aja dulu, terangkan kronologis anda.
nanti disana akan diterangkan pastinya pemeriksaan yang dibutuhkan, bisa saja mereka menentukan diagnosa berdasarkan klinis.
jika banyak membutuhkan uang, ada baiknya ke Rumah Sakit Umum dan menggunakan fasilitas pemerintah untuk masyarakat kurang mampu (maaf bukan merendahkan anda, saya hanya berusaha membantu. tapi tolong gunakan ini jika anda kurang mampu).

Semoga Tuhan memberikan yang terbaik bagi mbak ardie...
amien..
 
trims bGt yaw bwt dr.ariefadi....
owh...dinas toh....pantesan.
dok,klo mnum obt kyak kiranti itu bagus ga dok???ato ada efek smpingnya???
tmen sy tkut mnum gtuan,tkut ktrgantungan...
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

dok apa paruparu bisa mengembang kalo dilatih terus,,,?? kemarin aku lari 1.6 kilo.. rasanya mo pingsan... nafas ngos2an.. tapi ada yang biasa ja.. kok bisa ya.. apa ada teknik untuk mengatur pernafasan saat berlari..?
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

jiaaahhhh...... transpalasi paru2 maksudnya...?? gag deh.. cukup bersyukur ma yang ada aja...
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

dok namaku aiz umur 19 hobi liat vcd kangen band
mo nanya aku tuh keringat holic yang artinya dikit dikit keringatan terutama jidat biar ngurangi keringat holic itu gimana ya dok? apa kudu aku ilangin poniku
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

dok apa paruparu bisa mengembang kalo dilatih terus,,,?? kemarin aku lari 1.6 kilo.. rasanya mo pingsan... nafas ngos2an.. tapi ada yang biasa ja.. kok bisa ya.. apa ada teknik untuk mengatur pernafasan saat berlari..?

Faal paru dan olahraga mempunyai hubungan yang timbal balik. Gangguan faal
paru dapat mempengaruhi kemampuan olahraga. Sebaliknya, latihan fisik yang teratur atau olahraga dapat meningkatkan faal paru.

Nilai kapasitas vital paru juga sangat dipengaruhi oleh karakteristik fisik, seperti umur, tinggi badan dan berat badan. Olahraga yang tepat akan meningkatkan fungsi paru kembali, terutama olahraga yang menggunakan dan melatih otot pernapasan dan otot dada.

Berdasarkan konsumsi oksigen, olahraga dibagi menjadi:
1. Anaerobik, yaitu latihan yang menuntuk banyak oksigen tetapi selesai terlampau cepat sehingga tidak menghasilkan pengaruh latihan yang jelas.
2. Aerobik, yaitu latihan yang menuntut oksigen cukup banyak serta berlangsung cukup lama untuk menghasilkan pengaruh latihan yang jelas.

berdasarkan penelitian, olahraga bola yang dapat meningkatkan kapasitas vital paru adalah : voli, renang, dayung, sepak bola, terbang layang, sepak takraw, basket, judo, balap sepeda dan tinju.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top