Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Status
Not open for further replies.
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

ak selalu kurang dari 4 jam tidur
Berlangsung udah hampir 6 thn.
Solusi apa yg harus ak lakukan agar tidur normal lebih dari 4 jam

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar 1/3 waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua.

4 faktor yang biasa memicu insomnia :

Fisik yang Terganggu
Beberapa penyakit fisik dapat menyebabkan insomnia, misalnya asma, rematik, demam, maag, penyakit ginjal dan thyroid. Penyakit-penyakit ini tentunya harus diatasi terlebih dahulu. Untuk penderita asma diterapi dahulu sesak nafasnya, penderita rematik diterapi nyerinya dan seterusnya.

Psikis yang Terganggu
Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter tidak ditemukan penyakit fisik tertentu, faktor psikis baru dipertimbangkan sebagai penyebab insomnia.

Bukan hanya problematika kehidupan saja yang menyebabkan orang susah tidur, bahkan memikirkan kekasihnya yang tinggal berjauhan pun bisa mengakibatkan tidurnya terganggu. Untuk itu, diperlukan kesadaran dari orang tersebut untuk menyelesaikan permasalahannya secara proporsional dengan penuh usaha, sabar dan tentu saja tawakal. Ini bisa dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan psikolog.

Sebaiknya jangan menggunakan obat tidur tanpa anjuran dari dokter. Penggunaannya pun dibatasi hanya selama 2-3 hari dan dapat diulang maksimal sampai 3 kali.

Penggunaan Obat-Obatan dan Alkohol
Penggunaan minuman keras dan narkotika akan mengganggu fungsi organ tubuh dan persarafan yang normal.

Lingkungan yang Mengganggu
Kondisi lingkungan tertentu, semisal suara bising, lampu sangat terang, akan mengganggu konsentrasi tidur. Maka aturlah lingkungan kamar tidur Anda senyaman mungkin, tenang dan sedikit gelap.
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Mas Ari, aku ada keluhan tentang haid? bisakah dibantu.

haidku selalu datang tiap 2 bulan sekali, ada apa ya?

Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur.

Penyebab & Solusinya

Banyak penyebab kenapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya, pendek. Namun, penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Penanganan dilakukan oleh dokter berdasarkan penyebabnya.

* Fungsi Hormon Terganggu

Haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.
Penanganan:
Jika terdapat kekurangan hormon, maka dapat ditambahkan hormon yang kurang tersebut (misal, kekurangan hormon estrogen, maka dapat ditambahkan hormon estrogen). Jika terdapat hormon yang berlebih, maka dilakukan pemberian obat tertentu sehingga kadar hormon kembali normal (misal, kadar hormon prolaktin yang berlebih dapat dikurangi dengan pemberian obat tertentu). Jika terdapat hormon yang tidak seimbang, maka ditambahkan hormon lain agar lebih seimbang.

* Kelainan Sistemik

Ada ibu yang tubuhnya sangat gemuk atau kurus. Hal ini bisa memengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik. Atau ibu menderita penyakit diabetes, juga akan memengaruhi sistem metabolisme ibu sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
Penanganan:
Untuk mengatasi problem gemuk atau kurus sehingga sistem metabolismenya membaik adalah dengan mengatur pola makan yang tepat. Ibu bisa melakukan diet dengan panduan dari seorang ahli supaya asupan yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sedangkan untuk penderita diabetes kadar gula dalam darah atau kadar insulin dalam darah tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan siklus haid, pemberian obat antidiabetik atau obat insulin “sensitizer” dapat memperbaiki siklus haid kembali normal dan bahkan memperbaiki kesempatan untuk hamil.

* Stres
Stres jangan dianggap enteng sebab akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, si ibu jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
Penanganan:
Stres yang dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi adalah stres psikis yang berat seperti kesedihan yang sangat hebat (orangtua atau pasangan hidup atau anak meninggal dunia), atau kehidupan yang sangat menekan seperti kehidupan di dalam penjara wanita. Stres psikis yang hebat dapat meningkatkan hormon CRH atau kortisol, yang dapat mengganggu produksi hormon reproduksi. Untuk mengatasinya adalah dengan mengatasi stres itu sendiri lewat terapi yang dilakukan oleh ahlinya. Jika stres bisa diatasi, siklus haid bisa normal.

* Kelenjar Gondok

Terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipotiroid). Pasalnya, sistem hormonal tubuh ikut terganggu.
Penanganan:
Jika hormon tiroid terlalu tinggi maka perlu ditambahkan obat agar produksi kelenjar gondok menurun, dan sebaliknya jika hormon tiroid terlalu rendah maka perlu ditambahkan obat agar hormon tiroid kembali normal. Intinya produksi kelenjar harus sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

* Hormon Prolaktin Berlebihan

Pada ibu menyusui, produksi hormon prolaktinnya cukup tinggi. Hormon prolaktin ini sering kali membuat ibu tak kunjung haid karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan ibu. Pada kasus ini tak masalah, justru sangat baik untuk memberikan kesempatan pada ibu guna memelihara organ reproduksinya. Sebaliknya, jika tidak sedang menyusui, hormon prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.
Penanganan:
Produksi hormon prolaktin yang berlebihan dapat disebabkan oleh stres psikis yang hebat atau karena terdapat tumor pada kelenjar hipofisis yang menghasilkan hormon prolaktin lebih banyak. Untuk menekan produksi hormon prolaktin yang berlebih dapat diberikan obat saja, atau jika diperlukan dapat dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat tumor di kelenjar hipofisis tersebut.
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

tanya
Kenapa ya ak kok jarang ngantuk kl malam [tidur rata2 kurang dari 4 jam] dan anehnya d pagi hari ga mengalami kelelahan ataupun lesu?
 
seperti yg sdh pernah ditanyakan sebelumnya,disitu tdp beberapa faktor penyebab insomnia.mungkin ada salah satunya?faktor kebiasaan jg bs jd pemicu,kebiasaan berlama2 di dpn komputer bs menjadikan sulit tdr.seharusnya hal tersebut dilawan dengan tetap berada ditempat tidur&membuat kondisi kamar senyaman mungkin utk tidur.mungkin akan berat awalnya.namun hrs tetap dilatih.akan lebih susah halny jika susah tidur dibuat kegiatan spt nntn tv ato didepan komputer...sdh menjadi suatu kewajaran,klo badan akan capek bila tidak istirahat.justru karenanya harus dilatih untuk beristirahat.
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

Bell's palsy memang sangat erat kaitannya dengan cuaca dingin. Untuk itu, sebaiknya menghindari terpaan angin secara langsung pada bagian tubuh. ''Orang yang duduk dekat jendela kendaraan, kereta api, tiduran di atas lantai dengan menempelkan sebelah pipi di lantai berpotensi mengalami bell's palsy,''
Bell's palsy juga bisa menyerang orang yang bekerja di ruangan ber AC secara langsung. Maksudnya, jika AC tersebut memberikan hawa dingin secara merata tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika angin yang ditimbulkan AC hanya terpusat pada satu tempat, itu bisa menimbulkan penyakit tersebut.
Penyebab bell's palsy, kata Hardhi, yakni angin yang masuk ke dalam tengkorak atau foramen stilo mastoideum. Angin dingin ini membuat syaraf di sekitar wajah sembab lalu membesar. Pembengkakan syaraf nomor tujuh atau nervous fascialis ini mengakibatkan pasokan darah ke syaraf tersebut terhenti. Hal itu menyebabkan kematian sel sehingga fungsi menghantar impuls atau rangsangnya terganggu. Akibatnya, perintah otak untuk menggerakkan otot-otot wajah tidak dapat diteruskan. ''Syaraf nomor tujuh ini terjepit hingga akhirnya kelumpuhan terjadi.''
Tanda-tanda bell's palsy adalah terjadi asimetri pada wajah , rasa baal/kebas di wajah, air mata tidak dapat dikontrol dan sudut mata turun. Selain itu, tanda lainnya adalah kehilangan refleks konjungtiva sehingga tidak dapat menutup mata, rasa sakit pada telinga terutama di bawah telinga, tidak tahan suara keras pada sisi yang terkena, sudut mulut turun, sulit untuk berbicara, air menetes saat minum atau setelah membersihkan gigi, dan kehilangan rasa di bagian depan lidah.


:):))( oklah kl gtu ...

:terimakasih: om dokter .. :D ;)
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

kiat untuk menurunkan berat badan secara alami dan ideal apa ya
 
Bls: Konsultasi Kesehatan (tentang aku, kamu dan kita)

kiat untuk menurunkan berat badan secara alami dan ideal apa ya

Sebenarnya kurang ideal kalau saya menjawab pertanyaan ini, alasan pertama krn saya jg sedikit gemuk dan kedua bukan ahli gizi yg sangat paham tentang diet (mgkn mbak her lbh paham)...
namun secara prinsip adalah dengan mengurangi asupan makanan (utamanya kalori dan lemak) namun tetap harus memenuhi gizi tubuh, yang kedua dengan berolahraga..
 
hay dok pa kbr nie???????mg baek2 aj,,,,,,,,,,
dok sya pnya mslh dgn tulang pinggul smpai k ekor,,,,,rasanya pegel bgt,ngilu,dan tdk bs du2k lma2.........
tolong donk tips dan solusinya.........
trimakasih bnyk dok............
 
maaf dok saya mau tanya tentang ciri2 penyakit kista pada perempuan dok krna sering kali banyak wanita yg menderirta kista namun tidak menyadari bahwa dia terjangkit kista.... mohon penjelasasn nya y untuk referensi kesehatan saya
 
saya mau tanya dok
tadi saya nganterin tman saya ke RS bwat periksa
waktu liat hasil [WIKI]test[/WIKI] darahnya , leukositnya 16000 , tapi dokternya g bilang ap2 tentang leukimia , dkternya bilang dia kna typhus

habis itu saya tadi searching d google ttg ciri2 leukimia
dan dia punya 5 ciri2nya
1. anemia
2. terserang infeksi <dia sering demam>
3. nyeri sendi
4. nyeri perut
5. nyeri di dada

itu gimana dok??


test provide sd4

test50

test belakangan sdgsg464 menyediakan test test50 testing indonesia Indonesia musik Musik Test test50d Hereditas Provide Fiji Tembok Cina Kesenian dan Tradisi Khas Cirebon Belakangan Cession Hukum Curatele Tanaman Cincau Chairul Harun test50

google indonesia yahoo

googleasfsf yahoosddgsdg google yahoo Hereditas Hidrostatika Hockey Flotasi Afinitas Bahasa Banjar Harta benda Test Hasta bumi Akordeon bumi

google.com yahoo.com
 
Last edited by a moderator:
Hai pak dokter, salam kenal.
Gini pak, aku punya kebiasaan kalau tidur ga suka pake bantal. Kalau pake bantal bahu dan leher saya suka sakit terkadang suka sesak napas. Apa itu biasa? Ataukah saya mempunyai suatu penyakit?
Apa tidur ga pake bantal baik untuk kesehatan?
Mohon penjelasanya.
 
pak dokter ariefadi sepertinya sedang sibuk, belum online lagi, thread ini sementara saya closed ya

pak ariefadi kalau sudah online lagi bisa open thread ini lagi, atau beritahu saya
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top