Cantik Dengan Sabun Mandi

gunawancholis

New member
Sabun mandi yang digunakan sehari-hari, bisa membuat kulit tetap sehat dan cantik. Bagaimana memilih sabun mandi yang cocok?

Tampil cantik adalah penting bagi wanita. Selain cantik,tentunya juga harus sehat. Pakar kecantikan menyatakan, wanita cantik akan terpancar dari kulitnya yang bersih, segar, halus dan kencang. Kondisi ini tidak datang dengan sendirinya. Merawat kecantikan dan kesehatan kulit adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Cara paling sederhana untuk membuat kulit sehat dan cantik adalah dengan sabun mandi,yang bisa membersihkan kulit dari bakteri, kuman dan jamur. Sabun mandi yang baik.Ada dua jenis sabun mandi yang kita kenal, sabun biasa dan sabun antiseptik.

Sabun biasa (non- antiseptik) biasanya dipakai sebagai pembersih dan penyegar tubuh, setelah seharian terpapar debu dan sinar matahari. Alkali,salah satu bahan dasar sabun, berfungsi membersihkan kotoran dan minyak dari permukaan kulit. Tapi, ada jenis kulit kering, alkali justru bisa membuat kulit bertambah kering, busik dan teriritasi. Maka, sabun mandi umumnya ditambahi moisturizer yang akan meninggalkan efek lembut, harum dan segar pada kulit.

Bagi sebagian orang, mandi dengan sabun biasa tidaklah cukup. Sabun biasa dianggap tidak optimal membersihkan kulit dari kuman, bakteri dan jamur yang hinggap di kulit. Mereka kemudian menggunakan sabun khusus antibakteri dan kuman,yang dikenal dengan sabun antiseptik. Sabun jenis ini terbukti dapat mengurangi, bahkan menghilangkan bakteri penyebab infeksi, gatal-gatal, jerawat kulit menular dan penyakit pencernaan.

Beragam bahan dicampurkan sebagai antiseptik.yang paling umum adalah triclosan (pada sabun cair) dan triclocarban (pada sabun padat). Kedua bahan ini sama-sama berfungsi untuk membunuh bakteri dan jamur.sulfur atau belereng juga banyak ditambahkan pada sabun antiseptik bentuk padat. Bahan ini berasal dari sumber alami dan sangat efektif membunuh kuman dan jamur.


Sabun herbal​

Sayangnya, sabun antiseptik justru akan membuat kulit menjadi kering dan kaku bila terlalu sering digunakan untuk mengatasinya, kini banyak produk sabun mandi biasa yang diperkaya dengan antiseptik sebagai pelindung kulit. Sabun jenis ini, baik cair maupun padat,lebih aman digunakan setiap hari.Bahan antiseptik yang digunakan tetap sama, triclosan, triclocarban, atau sulfur, hanya saja kandungannya lebih ringan dari sabun antiseptik.

Sabun ini dilengkapi pula dengan pelembab kulit (moisturizer) dari bahan alami seperti madu, oatmeal, aroma bunga dan buah, susu dan vitamin E. Seperti pada sabun biasa, moisturizer berperan melembabkan kulit dengan cara menyimpan air pada luar kulit. Selain itu, juga mengembalikan sel-sel kulit yang sudah mati dengan sel baru. Nah, jika menginginkan kulit tetap terawat cantik dan sehat, sabun kombinasi bisa menjadi pilihan.

sumber : http://www.info-sehat.com
 
Back
Top