Banjir 2002 Terulang Kembali?

pratama_adi2001

New member
Banjir 2002 Terulang Kembali?


BOGOR, KAMIS - Bahaya banjir kiriman dari Bogor masih mengancam Jakarta hingga pertengahan bulan Februari. Alasannya, Kota Bogor dan sekitarnya hingga pertengahan Februari masih akan mengalami curah hujan tinggi.

"Curah hujan ekstrem sempat terjadi Senin (29/1) dengan curah hujan tercatat mencapai 114,3 mm," kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bogor, Widyastuti di Bogor, Kamis (1/2).

Akibat hujan deras di Bogor sejak Senin, menyebabkan air Sungai Ciliwung meluap yang kemudian membuat ribuan rumah di daerah Kampung Melayu, Jakarta Timur, tergenang air sejak Selasa (30/1) dini hari.

Selasa (30/1) pukul 04.00 WIB setelah hujan lebat yang terus menerus mengguyur wilayah Bogor sejak Senin (29/1) malam menyebabkan air Sungai Ciliwung meluap. Posko Siaga Banjir menyatakan, hujan lebat di wilayah Bogor itu harus diwaspadai warga Jakarta akan datangnya banjir kiriman. Biasanya banjir kiriman dari Bogor ke Jakarta itu, memakan waktu sekitar 11 jam.

Perhatian memang harus ditujukan kepada ketinggian air di bendung Katulampa. Kategori Siaga IV di Katulampa adalah bila ketinggian air mencapai 100-170 cm. Siaga III bila ketinggian air antara 170 cm hingga 240 cm, Siaga II bila ketinggian antara 240 cm sampai 300 cm, dan Siaga I bila ketinggian sudah melebihi 300 cm di atas mercu bendung. Kalau Siaga I, maka laporannya adalah langsung ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta.

Salah satu penyebab banjir besar di Jakarta tahun 2002 adalah akibat banjir kiriman dari Bogor. Saat itu, luapan air Sungai Ciliwung akibat dibukanya Pintu Air Manggarai untuk menuju Masjid Istiqlal, Harmoni, Gunung Sahari, dan sekitarnya telah merendam halaman Istana Kepresidenan, baik Istana Merdeka di Jl Medan Merdeka Utara maupun Istana Negara di Jalan Juanda.

Ketinggian air di halaman Istana, mencapai 20 cm sampai 25 cm. Tidak lama berselang, air segera surut, setelah sejumlah petugas menyedot menggunakan pompa air.

Dari rujukan dan catatan yang dihimpun, genangan air di Istana Kepresidenan tahun 2002 itu, adalah yang pertama terjadi pascakemerdekaan RI. Waktu itu, banjir juga menggenangi Jalan Medan Merdeka Barat depan Kantor Kedutaan Amerika Serikat, Istana Wakil Presiden, Balaikota DKI Jakarta, Pusat Pertokoan Pasar Baru, kawasan di sekitar Glodok, Jalan MH Thamrin, Jalan Sunda, jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman, dan beberapa jalan lainnya.

Longsor

Tingginya curah hujan juga harus diwaspadai warga Bogor, terutama yang bermukim di wilayah rawan longsor. Di Bogor, wilayah yang dinilai rawan longsor berada di sekitar daerah selatan seperti Ciawi dan Jonggol.

Pada Rabu (31/1), longsor merusak beberapa rumah di Kecamatan Ciawi (kawasan Puncak) dan Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Tidak ada korban jiwa dalam dua peristiwa longsor tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
 
Back
Top