Mengeluh, kata sederhana namun sering dipraktekkan

bla_bla_bla

New member
Manusia, siapa saja pasti pernah mengeluh. Kata yang sederhana, namun justru sering dipraktekkan baik sadar atau pun tidak sadar. Mengelu tentang pekerjaan melebihi yang telah ditetapkan, jam lembur terus-menerus, atau pun atasan atau bawahan yang mungkin sulit diajak bekerja sama, dan sebagainya. Namun, tahukah Anda semakin sering Anda mengeluh, maka semakin sering pula Anda mengalami hal yang membuat Anda selalu mengeluh.

Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bisa menjadi kebiasaan, bahkan lebih parahnya lagi bisa menjadi kebanggaan. Menjadi seorang yang pengeluh atau tukang komplain mungkin bisa mendapatkan simpati dari teman Anda, tetapi tidak akan membuat Anda memiliki lebih banyak teman dan tidak akan menyelesaikan masalah Anda, bahkan bisa membuat Anda menjadi kehilangan banyak teman.

Lalu sebenarnya apa alasan seseorang harus mengeluh? Sebagian besar orang mengeluh karena kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lalu bagaimana caranya mengatasi hal ini? Caranya sebenarnya gampang-gampang susah, hanya perlu bersyukur.

Sebagai contoh, Anda mengeluh dengan pekerjaan Anda. Namun,
Tahukah Anda berapa banyak jumlah pengangguran yang ada di Indonesia?
Sekarang ini hampir 60% orang pada usia kerja produktif tidak bekerja, jadi bersyukurlah Anda masih memiliki pekerjaan dan penghasilan. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup Anda akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama Anda, karena Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda karena Anda terlalu sibuk mengeluh.

Cobaah trik berikut ini:

1. Bersyukurlah setiap hari setidaknya satu kali sehari. Bersyukurlah atas pekerjaan Anda, kesehatan Anda, keluarga Anda atau apapun yang dapat Anda syukuri.
2. Jangan mengeluh bila Anda menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutuplah mata Anda, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut Anda, buka mata Anda, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti Anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.
3. Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila Anda sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh dan beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali.


liputankita.com
 
Terkadang ingin sekali saya bersyukur ditengah-tengah kesulitan, tapi saya juga nggak mau membohongi diri bahwa saya harus berpura-pura nyaman dengan keadaan yang membuat saya risih.
 
Iyah memang kadang seperti itu, tapi dengan selalu mengeluh tidak akan mengubah keadaan, tidak akan membuat hati lebih tenang, tidak akan membuat masalah selesai, malah hanya akan menambah hal2 yang negatif saja. Semisal cuaca hari ini panas banget, dengan mengeluh tidak akan membuat cuaca menjadi sejuk. Dengan hanya mengeluh kita cenderung untuk tidak melakukan apa2. Dengan mengeluh, hati kita juga malah bisa ikutan menjadi panas.

Yang perlu dipikirkan bagaimana berlindung dari panas, dan belajar mensyukuri keadaan itu. Semisal bersyukur, dengan cuaca yang panas, cucian jadi cepat kering, dengan cuaca panas, sepotong es krim akan terasa lebih lezaaat dibanding ketika cuaca dingin, dengan cuaca yang panas, ga perlu berbecek2 seperti ketika musim hujan, dsb.

Masih banyak hal2 yang masih bisa disyukuri dalam hidup ini, walaupun kita berada dalam kondisi tersulit apa pun.
 
kalau udah drop ya tinggal dicolokin lagi aja terus biar masih bisa buat bales....
atau kalau udah keseringan dropnya langsung ganti yang baru aja, yang lama dibuang jauh2...
 
Back
Top