Mengatasi Rasa Takut di Tempat Kerja
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post     Original Poster (OP)

Mempekerjakan Karyawan di Luar Perjanjian

Mempekerjakan Karyawan di Luar Perjanjian

Dapatkah pekerja mengajukan pemutusan hubungan kerja ke PHI? Bagaimanakah contoh kongkret bahwa pengusaha mempekerjakan pekerja di luar yang telah diperjanjikan?

Budi Heryanto
Jawaban

Pekerja dapat mengajukan gugatan permohonan PHK ke PHI. Hal ini diatur dalam Pasal 169 UU No.13/2003.

Tentang pengusaha mempekerjakan pekerja di luar yang diperjanjikan, itu akan sulit untuk dipersoalkan oleh pekerja apabila dalam perjanjian kerja dicantumkan klausul, misalnya "pekerja bersedia menerima tugas-tugas selain yang diuraikan di atas".

Namun, jika klausul semacam itu tidak tercantum di perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama, pekerja dapat berpedoman pada job description. Tinggal dilihat saja, job/tugas apa yang diperintahkan tapi tidak tercantum dalam jobdes.

Kendati demikian perlu diingat, pada praktiknya tidak dapat hitam-putih seperti itu. Misalnya seseorang dengan jabatan sebagai Industrial Relations Specialist misalnya, dengan jobdes-nya yang jelas, sering diberi tugas terkait dengan Public Relations misalnya. Pada akhirnya, semua itu tergantung seberapa jauh pekerjaan tambahan yang diberikan itu "menyimpang" dari jodes. Bila terlalu jauh menyimpang, bisa dibicarakan dengan pengusaha tentang tambahan gaji karena tugasnya yang jauh lebih besar dibandingkan jobdes.

* Cetak Artikel
bekribekri bekribekri is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #12   Report Post     Original Poster (OP)

Mencuri/melihat data orang lain (computer h#cking) pada network perusa

IT Policy

1. Mencuri/melihat data orang lain (computer h#cking) pada network perusahaan adalah suatu tindakan illegal dan dapat berakibat terhadap Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), contoh computer h#cking adalah sebagai berikut :

* Mencuri/menggunakan account network milik orang lain untuk mengakses internet.
* Mencuri/menggunakan account network milik orang lain untuk mengakses e-mail milik orang lain.
* Membuka password sharing folder & file yang dilindungi (protected).

2. Merubah konfigurasi PC tanpa seijin Departemen IT adalah merupakan suatu tindakan illegal. Dilarang untuk merubah IP address dan nama komputer.
3. Adalah merupakan tindakan illegal untuk meng-install program (software) pihak ketiga tanpa seijin Departemen IT. Pengguna komputer diperbolehkan untuk meng-upgrade program yang dibuat oleh pihak perusahaan (in-house) yang secara resmi telah dikeluarkan oleh Software Engineer perusahaan.
4. Pengguna komputer tidak diperbolehkan untuk bermain game. Dilarang meng-install game software.
5. Tidak diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas internet, terkecuali bagi yang telah mendapatkan ijin. Dilarang keras untuk sharing password bersama rekan sekerja.
6. Dilarang untuk menyimpan materi di komputer yang bersifat p#rn#/cabul seperti file bergambar, contohnya jpeg, gif, jpg dan sejenisnya.
7. Pengguna komputer akan diaudit setiap waktu oleh Departemen IT tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
8. Pengguna komputer telah diberi kepercayaan penuh untuk menggunakan komputer perusahaan secara bijaksana dan produktif. Petunjuk untuk para pengguna komputer bagi siapa yang disebut “Penyalahgunaan Komputer” adalah sebagai berikut :

Penyalahgunaan Komputer:

* Menggunakan fasilitas komputer milik perusahaan untuk tujuan komersil atau kepentingan pribadi.
* Menggunakan fasilitas komputer milik perusahaan untuk melakukan tindakan yang sifatnya melanggar hukum.
* Menggunakan fasilitas komputer milik perusahaan untuk menyimpan, mengirim materi yang bersifat melanggar dan tidak senonoh.
* Meng-install atau menggunakan program (software) secara illegal pada komputer milik perusahaan.
* Menggunakan program (software) pada sistem komputer milik perusahaan secara illegal yang secara tidak langsung telah melanggar perjanjian software licensing perusahaan.
* Menyediakan fasilitas atau servis secara tidak sah pada network milik perusahaan.
* Berhubungan dengan segala aktivitas sistem manajemen pada komputer milik perusahaan (terkecuali Departemen IT).
* Menambahkan peralatan atau sistim pada fasilitas komputer milik perusahaan tanpa seijin pihak Departemen IT.
* Mengerjakan segala sesuatunya yang berakibat mengurangi atau melewati jalur sekuriti dari fasilitas komputer perusahaan.
* Memperbolehkan orang lain untuk menggunakan otorisasi anda untuk mengakses fasilitas komputer perusahaan.
* Menghilangkan atau berusaha untuk menghilangkan sumber data pengguna komputer milik orang lain atau mengakses sumber data tersebut.
* Berusaha untuk menembus sekuriti komunikasi network milik perusahaan atau sistem komputer.
* Penggunaan account komputer atau modus akses lainnya secara tidak sah pada fasilitas komputer perusahaan.
* Membuat, menggunakan atau mendistribusikan program dengan tujuan untuk merusak data file, program aplikasi dan sistem operasi.
* Berusaha untuk membuka/memecahkan password atau membuka encryption protocols.
* Memeriksa, mengubah, meng-copy program atau data tanpa seijin pemiliknya.
* Menggunakan e-mail atau sistem pengiriman berita lainnya untuk mengirim materi yang bersifat kasar, menghina, melanggar, tidak senonoh atau komunikasi yang bersifat menghasut atau surat berantai dan semacamnya yang dapat berakibat bertambahnya aktifvitas network secara berlebihan (overload). “mail bombing” (mengirim data yang bermuatan besar yang ditujukan kepada mailbox individu).
* Mengubah program atau konfigurasi perangkat komputer atau menambah peralatan atau menambah sistem network tanpa seijin pihak Departemen IT.
* Meng-copy program komersil, teks, grafik, atau audio dan video secara illegal.
* Menggunakan network perusahaan untuk mendapatkan atau berusaha mendapatkan akses sumber informasi secara tidak sah, baik secara lokal ataupun jarak jauh (remote).
* Memiliki atau menggunakan program atau perangkat komputer lainnya yang dapat membahayakan keamanan daripada network atau sistem, peralatan dan perlengkapan lainnya.
bekribekri bekribekri is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #13   Report Post     Original Poster (OP)

Memutus Pekerja Kontrak yang Melakukan Kesalahan Berat

Memutus Pekerja Kontrak yang Melakukan Kesalahan Berat

Seorang pekerja PKWT melalukan kesalahan berat, yakni berkelahi dan mengancam teman sekerja, dan kami PHK. Tapi, yang bersangkutan menuntut uang gaji sisa kontraknya (9 bulan lagi). Apakah hal itu ada dasar aturannya? Bagaimanakah seharusnya untuk memutus hubungan kerja PKWT yang melakukan kesalahan berat?

M. Isa Ansori
Jawaban

Dalam kasus tersebut, apabila perusahaan secara sepihak memutuskan hubungan kerja padahal berakhirnya PKWT masih 9 bulan lagi, maka perusahaan wajib membayar upah pekerja 9 bulan yaitu sampai waktu berakhirnya PKWT tersebut (lihat Pasal 62, UU No 13 tahun 2003).

Bila perusahaan menghendaki agar tidak dikenakan kewajiban membayar upah 9 bulan tersebut, perusahaan harus terlebih dahulu memproses PHK bagi pekerja yang bersangkutan melalui proses sebagaimana diatur dalam UU No2 tahun 2004 yaitu melalui perundingan Bipartit, Mediasi di Disnaker, dan Pengadilan Hubungan Industrial. Lihat Pasal 62 juncto Pasal 61 ayat 1.c, Undang-Undang No 13 tahun 2003.
bekribekri bekribekri is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Sering Terlambat di phk

Sering Terlambat



Putaran final Piala Dunia di Jerman memang telah ‘meracuni’ banyak orang, terutama kaum lelaki. Banyak yang telat pergi ke kantor karena nonton pertandingan Piala Dunia yang digelar dinihari. Salah satunya adalah Jumadi (bukan nama sebenarnya), yang sejak Piala Dunia digulirkan 9 Juni lalu, sampai 1 Juli, ia tercatat baru dua kali masuk kantor tepat waktu. Yakni, ketika ada masa jeda antara babak penyisihan dengan putaran kedua. Selebihnya, dia telat.

http://www.DILARANG KERAS.com/dir/13775708/...f/sharing.html

Situasi ini jelas tidak menguntungkan bagi perusahaan di tempat Jumadi bekerja di daerah Jakarta Pusat. Jumadi tahu itu. Namun, ia sering menghibur dirinya sendiri.
"Tenang aja, ah, banyak kok yang ngantor telat, bukan cuma gua," batin Jumadi.


http://www.DILARANG KERAS.com/dir/13775708/ee5b88bf/sharing.html


Sejauh ini, Jumadi baik-baik saja. Artinya, tidak pernah mendapat teguran. Namun, pagi itu, ia merinding karena seorang staff personalia mengubunginya melalui intercom.
"Jum, gua mau bicara, ada waktu enggak lu?" Tanya staf bagian personalia yang sebut saja Uban Zambrutta, yang kebetulan penggemar pemain Italia Gianluca Zambrotta.
"Waduh, jangan sekarang, sekarang gua lagi repot," jawab Jumadi.
"Oke, nanti, ya, setelah makan siang."
"Kita ketemuan di kantor apa di luar aja?"
"Di kantor aja."
Jumadi langsung merinding karena harus menghadapi Uban Zambrutta. Ia membayangkan, ia pasti akan mendapat surat teguran karena selama ini baru dua kali tidak terlambat ngantor. Jumadi pun mengatur strategi agar Uban Zambrutta tidak marah. Ia membeli sebungkus rokok untuk ‘menyumpal’ mulut temannya itu.
Ketika bertemu, Uban Zambrutta tidak langsung menegur Jumadi masalah disiplin kerja, melainkan malah mengajaknya ke pojok.
"Elu punya duit 100.000 enggak? Gua pinjem dulu, dong," kata Uban Zambrutta.
"Ada, ada," kata Jumadi, lega, sambil menyerahkan uang yang dimaksud.
Sepeninggal Uban Zambrutta, Jumadi tertawa lebar," Kirain mau negor, kagak taunya mau minjem duit?" katanya. (isy)
bekribekri bekribekri is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #15   Report Post     Original Poster (OP)

PB: PC anda tidak bisa nginternet? Jadi pake PC rekan kerja?

PB: PC anda tidak bisa nginternet? Jadi pake PC rekan kerja? Dan ini jam kerja khan? Berarti anda pake fasilitas kantor walaupun punya rekan kerja (yg dgn kata lain mencuri fasilitas kantor)? Kalo mencuri, harus pancung tangan itu, setuju ndak?
Kalo saya emang pake fasilitas kantor. Ngaku benerran. Tapi saya ndak takut dipancung, karna ndak ada/terikat hukum pancung, hehe...apalagi boss saya tahu saya main internet waktu jam kerja.hehe..lagi. (paling dipecat hukumnya:-)

[SK]:Tambahan comment saya ada di e-mail sebelumnya (dibawah) buat (A)sushi(LA)
enak.
Semua agama tidak mendukung pencurian, lalu apakah ini termasuk pencurian
yaitu disela2 pekerjaan berkirim kabar atau yang lain diluar pekerjaan ?
PB: Saya coba bantu Sushi jawab. Ya jelas, ini pencurian. Mau kirim kabar atau apa kek.

[SK]:Coba A-sushi-LA enak yang YAKIN kalo semua kegiatan diluar pekerjaan
dilakukan pada jam kerja termasuk mencuri waktu memberi contoh:
1.Saat jam kerja tidak boleh bertelepon dengan keluarga meski urgent. Begitu
diangkat ternyata dari istri/suami langsung tutup karena tidak ada hubungan
dengan pekerjaan.
2.Tidak boleh membalas/mengirim SMS maupun e-mail yang tidak berhubungan
dengan pekerjaan.
PB: Mau apa kek alasannya..ini semua contoh mencuri fasilitas kantor. Perusahaan tidak membayar kita utk main SMS, main e-mail pribadi dsb. Kalo urgent telpon ke rumah, ini harus ijin. Saya juga ngarti,mungkin jabatan den Setio memungkinkan utk main telpon2an, e-mail2an, SMS-an dsb. Cuma kudu dimengerti, ini adalah penggunaan fasilitas kantor yg TIDAK PADA TEMPAT nya. Dan kudu DIHUKUM PANCUNG berdasarkan kepercayaan anda. Ini bicara masalah nurani, bukan logika.

[SK]:Manusia tidak hidup dengan 1hal saja, complication adalah variasi hidup maka
wajar ada beberapa hal lain yang harus dihandle disela2 kesibukan. Dan
terbaik adalah kalo bisa ditunda urusan lain tsb sampai break time atau
selesai kerja.
PB: Suatu pembelaan yg bertolak belakang dgn STANCE anda selama ini yg begitu keras membela penerapan hukum syariat Islam yg tidak ada ampun thd siapapun, termasuk si anak yg terpaksa mencuri karna sudah kelaparan. APa bedanya anda dgn anak tsb?

[SK]:Seruan A-sushi-LA enak adalah sebuah pencucian otak agar manusia2 tetap
dalam keadaan yang tolol tanpa respon thd masyarakat dan lingkungan.
PB: Ndak nyambung, den Setio. Menurut saya, justru Sushienak memberikan contoh bagus ttg moral yg harus anda jawab dgn FAIR dan JUJUR. Kalo si anak yg mencuri (karna lapar) HARUS dipancung, kenapa anda yg TIDAK HARUS mencuri (nginternet, e-mail2an) , TIDAK BOLEH dipancung?
---
[SK]: "Bekerja itu untuk Hidup bukan Hidup untuk bekerja".
PB: Definisi anda mbulet banget. Ini pelajaran nyata buat anda yg harus anda renungi. Mohon maaf, saya hanya menunjukkan jalan buat anda bertobat dan pikir seribu kali sebelum anda setuju penerapan hukum pancung itu. Karna anda termasuk yg harus dipancung. Dan jelas, bukan saya...hehehe.
PB
bekribekri bekribekri is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #16   Report Post     Original Poster (OP)

Bayangkan adegan ini , tiba-tiba salah satu bawahan Anda menemui Anda

Bayangkan adegan ini , tiba-tiba salah satu bawahan Anda menemui Anda dan mengungkapkan kekecewaannya. Dengan penuh emosi, karyawan tersebut mengeluhkan rekan kerjanya dan perseteruan yang sedang ia hadapi. Ia minta Anda sebagai pemimpin untuk segera mengambil tindakan. Apa reaksi Anda ? …………


Wajar jika di kantor terjadi konflik. Bekerja di lingkungan yang kadang penuh persaingan, dengan berbagai karakter dan latar belakang yang berbeda, membuat perbedaan pendapat, perselisihan dan ketidakpuasan sangat mungkin terjadi Jika sebuah konflik mengganggu kinerja karyawan dan tim, sebagai pemimpin, Andalah yang diharapkan bisa mengatasi konflik tersebut. Dan ingatlah, cara Anda mengatasi konflik tersebut akan mempengaruhi kepemimpinan Anda di mata karyawan.

Berikut adalah langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi konflik antar karyawan.

1. Dengarkan kedua belah pihak.
Untuk memberikan solusi yang tepat, Anda harus tahu persoalan dari berbagai sisi. Dengarkan versi masalah dari tiap karyawan yang terlibat. Membiarkan mereka mengeluarkan pendapat dan perasaan, membantu menenangkan mereka agar lebih siap untuk berkompromi dan negosiasi.

2. Tunjukkan empati kepada kedua belah pihak.
Tunjukkan bahwa Anda mengerti situasi yang sedang terjadi. Hal ini tidak berarti Anda harus setuju dengan pendapat karyawan, tapi tunjukkan bahwa Anda memahami duduk persoalan.

3. Fokus pada masalah, bukan pada pribadi yang bermasalah.
Ingatkan dan jaga agar mereka tetap fokus pada masalah yang sedang dihadapi pada saat ini, tanpa mengaitkan masalah dengan hal-hal yang tidak relevan. Hal ini juga berlaku untuk diri Anda sebagai seorang pemimpin.

4. Tanyakan pendapat mereka.
Tanyakan apa menurut mereka yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Apakah mereka bersedia untuk mendiskusikan masalah mereka? Apakah mereka bersedia untuk melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain? Apa solusi yang diusulkan dari masing-masing pihak?

5. Be a good sheperd.
Tuntun tiap pihak untuk mendapatkan consensus akan konflik mereka. Yakinkan mereka bahwa negosiasi dan kompromi adalah hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan win-win solution.

6. Buat keputusan.
Setelah solusi didapat, buatlah keputusan yang jelas dan tegas, lalu tetap monitor situasi dan perkembangan pasca konflik.

Seperti yang telah disebutkan di awal, konflik di kantor adalah hal yang wajar. Namun, sangat penting untuk mengatasinya dengan efektif karena konflik bisa berdampak bagi kinerja tim secara keseluruhan. Konflik berkepanjangan bisa berdampak negatif bagi hubungan antar karyawan dan suasana kerja.

Remember! :
Setiap konflik harus diakhiri dengan keputusan Anda sebagai seorang pemimpin. So, buatlah keputusan karena seorang pemimpin dinilai dari keputusan yang ia ambil. Dengan tidak membuat keputusan, Anda sebenarnya telah membuat keputusan yang bernama “Tidak Ada Keputusan!
bekribekri bekribekri is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #17   Report Post  

Bls: Mengatasi Rasa Takut di Tempat Kerja

satu-satunya yang saya tahu ketika ketakutan itu datang adalah berpikir berani dan bertindak secara berani..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mengatasi Stress di Tempat Kerja nurcahyo Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 39
TDW Club - Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Uang TDWClub Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.