Harga beras naik Rp 100-Rp 300/kg 2

pratama_adi2001

New member
Pasokan turun 50%
Selama ini, lanjut Ridwan, pasokan beras terbesar datang dari daerah seperti Delanggu, Klaten; Bekonang, Sukoharjo; Sragen dan Karanganyar. Sementara daerah-daerah tersebut sampai saat ini belum juga panen.
Akibatnya, imbuh Ridwan, persediaan beras di tingkat petani mulai menipis dan imbasnya menghambat pasokan beras ke pedagang. Hal senada diungkapkan, Ningsih, pedagang beras lainnya di pasar yang sama.
Ningsing mengungkapkan dalam sepekan ini pasokan beras mengalami penurunan hingga 50%. Biasanya rata-rata pasokan beras yang diterima sebanyak lima ton per hari, kini hanya dua hingga tiga ton. ?Kami tidak tahu persis mengapa pasokan beras mengalami penurunan. Kemungkinan menurunnya pasokan ini karena daerah-daerah pemasok belum juga panen,? ujar Ningsih.
Padahal, menurut Ningsih, daya beli masyarakat saat ini mengalami peningkatan. Meskipun peningkatan daya beli masyarakat hanya sekitar 10%. ?Sekarang barang tidak ada, tapi daya beli masyarakat meningkat. Jadi harga beras juga ikut naik,? tukasnya.

Jenis beras Harga
(per kilogram)
IR-64 Rp 4.700
C4 super Rp 5.200
C4 biasa Rp 4.700
Mentik Wangi Rp 5.300
Sumber: Hasil wawancara. - m34
 
Back
Top