Krisis global? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Krisis global?

Jelasin dong apaan sih Krisis global?
azizi
Continent Level

Post: 3.359
 
Reputasi: 36

__________________
SpiderMonk

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Krisis global?

Krisis global.. saya lebih suka menyebutnya sebagai krisis keuangan global. Adalah suatu kondisi dimana perputaran uang tidak berjalan dengan semestinya, biasanya disebabkan ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan. Dalam kasus seperti amerika ini misalnya, penawaran akan produk berupa properti begitu besar yang hal ini disebabkan (mungkin) kebijakan pemerintah Bush, sehingga banyak investor yang dananya berasal dari pinjaman bank tidak mampu mengembalikan pinjamannya, akibatnya perputaran uang pun terhenti, hal ini menyebabkan inflasi atau meningkatnya harga2 barang.

Amerika adalah negara konsumen besar bagi negara2 lain, dengan adanya inflasi tentu penduduknya mengurangi tingkat konsumsi yang berdampak pada pengurangan ekspor ke neg tsb, bukan hanya itu pembatasan ekspor jg pasti dlakukan. Akibatnya negara2 yang banyak menggantungkan ekspornya ke Amerika pasti terpengaruh keuangannya. Ini gambaran umum saja.. mungkin ada yg mau menambahi
nizhami
Continent Level

Post: 6.470
 
Reputasi: 155

__________________
INDBONEKSIA





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Krisis global?

Kutip:
Oleh nizhami View Post
Krisis global.. saya lebih suka menyebutnya sebagai krisis keuangan global. Adalah suatu kondisi dimana perputaran uang tidak berjalan dengan semestinya, biasanya disebabkan ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan. Dalam kasus seperti amerika ini misalnya, penawaran akan produk berupa properti begitu besar yang hal ini disebabkan (mungkin) kebijakan pemerintah Bush, sehingga banyak investor yang dananya berasal dari pinjaman bank tidak mampu mengembalikan pinjamannya, akibatnya perputaran uang pun terhenti, hal ini menyebabkan inflasi atau meningkatnya harga2 barang.

Amerika adalah negara konsumen besar bagi negara2 lain, dengan adanya inflasi tentu penduduknya mengurangi tingkat konsumsi yang berdampak pada pengurangan ekspor ke neg tsb, bukan hanya itu pembatasan ekspor jg pasti dlakukan. Akibatnya negara2 yang banyak menggantungkan ekspornya ke Amerika pasti terpengaruh keuangannya. Ini gambaran umum saja.. mungkin ada yg mau menambahi
umh.. pernah ngeliat..

yup benar, good answer..
kalo gitu gimana indonesia yah?
mengingat indonesia adalah negara yang menggantungkan ekspor komoditi'a ke negara AS.
umh.. kalo ga' cepat-cepat memperkuat pondasi ekonomi, Indonesia terancam
ancur.. sedikit untung, rasio penghasilan sektor minyak naek..
rusteemales
City Level

Post: 108
 
Reputasi: 0

__________________
Aku ini buta, bisu dan tuli..
Aku tidak tau dan tak ingin tau..





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Krisis global?

Nice.. tp ketergantungan ekspor kita thd Amerika saya kira tidak terlalu signifikan (klo saya boleh menyebutnya bgitu), karena ekspor kita ke amrik biasanya rata2 hny berupa bahan mentah yg psti juga dbutuhkan neg lain dan barang tersier yg rata2 dikerjakan persh menengah.

Dampaknya mungkin justru akan sangat terasa pd PMA (Penanaman Modal Asing) di Ind yg terus mengurangi jml karyawannya yg disebabkan sepi permintaan dr Amerika krn tingkat konsumsi yg rendah.

Untuk Ind antisipasi dlm jangka pendek, saya pikir sih harus memperkuat pasar domestik dulu, terutama untuk UKM, bgmanapun juga mereka akan lebih tahan thd krisis krn lbh banyak menyerap banyak tenaga kerja, lbh explore dlm mnuangkan ide, tidak terlalu banyak membutuhkan bahan baku impor, pemasaran bersifat lokal yg berkontinuitas, dan modal dan resikonya pun relatif kecil. Intinya, gunakanlah produk2 dlm negeri hehehe..
Yup kita mndapatkan keuntungan dr minyak, tp spertinya itu harus banyak rembug dulu ma OPEC..
nizhami
Continent Level

Post: 6.470
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Krisis global?

krisis global adalah..
masa, di mana semuanya pada mahal.. dan harga-harga naik terus-terusan, secara bersamaan.. gitu kali yah..
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.670
 
Reputasi: 325


Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Krisis global?

sekedar nambahin sedikit dari yang udah dijelasin dengan mantap oleh bro nizhami.

penyebab krisis global episode terbaru kali ini adalah pasar uang di Amerika serikat..
sederhananya gini.. disana.. terjadi financing missmatch.. ketidak tepatan pembiayaan...
gambaran kasarnya gini.. sektor property.. khususnya housing.. kalo disini mungkin KPR ya... (pokoknya yang nyediain hunian yang kecil kecil lah..) disana tidak dilayani oleh bank konvensional. karena, bank lebih memprioritaskan pengucuran kredit kepada debitur yang lebih memiliki catatan kredit baik dibandingkan mengucurkan kredit kepada debitur debitur peminat kpr (yang notabene debitur kecil yang memiliki riwayat kredit kurang baik, pernah memiliki tunggakan dsb)..
karena pasar kpr ini relatif besar..
maka akan sangat disayangkan jika pasar kpr ini tidak tergarap..
muncullah perusahaan kredit perumahan sebagai lembaga pembiayaan yang menjembatani antara bank dengan kreditur kpr ini..
cuma, seperti yang disebutkan diatas.. terjadi financing missmatch.. bagaimana..??
perusahaan kredit perumahan menyalurkan kredit kepada debitur kpr dengan jangka waktu yang relatif panjang... bisa 10 - 15 atau 20 tahun..
sedangkan.. untuk modalnya.. perusahaan kredit perumahan ini mengambil kredit dari Bank konvensional dengan jangka waktu yang pendek.. 1-5 tahun saja..
ketika perusahaan perusahaan ini mengalami guncangan pada saat debiturnya gagal bayar.. maka perusahaan ini pun tidak memiliki kemampuan untuk melunasi hutangnya ke bank - bank konvensional. kemudian, pada gilirannya.. bank konvensional pun ikut terkena imbasnya.. dan seterusnya..

sebenarnya bisa dibayangkan dari awal betapa rapuhnya konstruksi skema bisnis yang dilakukan oleh perusahaan kredit perumahan disana..
mereka sangat mengandalkan kondisi perekonomian yang stabil dengan growth tetap.. ketika growthnya berhenti.. atau bahkan turun.. langsung hancur..
kira kira.. kasarnya begini akar terjadinya krisis global yang sekarang..
popoi
Continent Level

Post: 6.098
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Krisis global?

dibanding india dan cina penduduk amrik sebenarnya tidak seberapa. kalau dari sisi ekspor, apakah kedua negara tersebut tidak bisa dijadikan alternatif bagi indonesia?
Village Level

Post: 55
 
Reputasi: 0

__________________
Bintang9
Serangge
Info Kiat
Riau Coding
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Krisis Global Pengaruhi Wanita Dalam Memilih Warna Rambut hummingbird Lifestyle, Fashion, Model Rambut & Pakaian 1
"Saling Serang" di Davos, Siapa Yang Salah Dalam Krisis Global Ini? hummingbird Politik, Ekonomi & Hukum 1
Korban krisis global finansial poy Humor 3


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.