Rahasia Dibalik Kekuatan “Popeye”

chickenfighter

New member
Apa yang membuat tokoh kartun Popeye jadi begitu kuat ketika menghadapi musuhnya Bruto? Tentu semua menjawab bayam. Tidak heran jika Popeye mengandalkan bayam untuk menambah kekuatannya karena sayuran yang berasal dari kawasan Tropis Amerika ini memang mengandung banyak zat gizi.

Bayam adalah salah satu sayuran mentah yang paling padat gizi dan sangat baik sebagai sumber zat hijau atau chlorophyll. Selain itu bayam adalah sumber vitamin A, B kompleks, C, E, K, carotenes, folate, manggan, kalsium, besi, yodium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, dan banyak mengandung asam amino.

Mineral yang terkandung dalam bayam yang bersifat alkali dapat membantu mengatur pH tubuh. Bayam juga memberikan jumlah protein yang sama seperti mengkonsumi daging, dengan begitu mengkonsumsi bayam sudah barang tentu lebih murah dan sehat untuk mendapatkan protein.

Zat besi yang terkandung di dalam bayam sangat diperlukan tubuh untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Semakin sering kita mengonsumsi daun bayam maka risiko kurang darah (anemia) yang membuat tubuh lemas, berkurang. Zat besi yang terkandung dalam bayam pun dua kali lipat lebih banyak dibandingkan sayuran lain.

Untuk masalah sembelit bayam menjadi pilihan, Daun bayam mempunyai kandungan serat cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi gangguan ginjal dan organ pencernaan yang bermasalah dan melancarkan buang air besar.

Yang juga menarik dari bayam yaitu kandungan asam oksalatnya. Bila senyawa yang sering menyebabkan gangguan persendian ini dikombinasikan dengan kalsium, akan terbentuk senyawa yang tidak diserap tubuh. Artinya, bayam bisa dikonsumsi dengan bahan makanan sumber kalsium.

Cara mengolah bayam menjadi obat antara lain:

* Untuk mengatasi Penyakit Kurang Darah. Sediakan 3 genggam daun bayam , cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian saring. Tambahkan 1 sdm dan 1 butir kuning telur ayam kampung ke dalam air daun bayam. Minum 1 kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan berikutnya, minum ramuan ini 2 x seminggu sampai sembuh.
* Untuk Memperkuat Akar Rambut. Ambil 1 ikat daun dan batang bayam segar, cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh. Aduk rata, peras dan saring airnya, minum sekaligus dan minum 2-3 kali sehari.
* Untuk mengatasi Penyakit Kuning. Untuk maslah ini bayam bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Masaklah daun bayam bersama daging cumi-cumi dan dimakan selama beberapa hari.
* Mengatasi Sakit Gigi. Ambil akar daun bayam duri seperlunya, cuci bersih lalu kunyah. Buang setelah akar lumat.
* Melancarkan produksi ASI. Ambil satu batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, kemudian balurkan pada payudara dan lakukan 3-4 kali sehari sampai ASI lancar.
* Meredakan Demam. Ambil segenggam daun dan batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk, tambahkan air matang secukupnya sampai adonan kental. Tempelkan ramuan ini pada dahi dan pelipis./cr1/berbagaisumber/itz
By Republika Newsroom
 
dan brutus jadi temennya boboho.....
wew kok jadi bahas yang lain sih....

khasiat bayam memang banyak, jadi biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi bayam dan sayuran2 yang lainnya.....
 
wah banyak manfaat nya bayam
gue suka bayam
pantas aja tiap kali gue makan bayam
selalu ada tenaga yang berlipat lipat
 
Bayam memang sangat berguna bagi kesehatan, seperti sudah dijelaskan di atas.

Tapi ada satu hal yang kurang dari popeye dan tidak perlu dicontoh : MEROKOK
 
mau tanya,bukannya sekarang tidak dianjurkan makan telur mentah?

memang benar apa yang sudah dikatakan sama mbak bla, telur mentah dapat menyebabkan perkembang biakan kuman salmonella.

Untuk lebih jelasnya, kita sedikit membahas penyakitnya yaitu Salmonellosis.

Salmonellosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella spp. dan dapat menyerang baik pada hewan maupun manusia.
Rantai penularan salmonellosis berkaitan dengan sumber penularan ternak dan produknya atau foodborne disease.

Bakteri Salmonella dapat ditularkan dari hewan yang menderita salmonellosis atau karier ke manusia, melalui bahan pangan telur, daging, susu, atau air minum dan bahan-bahan lainnya yang tercemar oleh ekskresi hewan/penderita atau sebaliknya (animal and human carrier). Ekskresi ini terutama adalah keluaran dari saluran pencernaan berupa feses.

Makanan yang mengandung bahan dari telur tercemar Salmonella misalnya kue-kue, es krim, martabak dan lainnya, yang kurang sempurna dimasak atau setengah matang, telur mentah yang dicampur pada hidangan penutup juga dapat sebagai sumber penularan Salmonella.

Gejala Klinis :
Penyakit diawali dengan kenaikan suhu tubuh disertai dengan rasa kurang enak badan dan sakit kepala. Demam dapat mencapai 40oC. Pada umumnya sakit pada bagian perut, tubuh lemah, sakit dan tidak nafsu makan. Diare dan konstipasi (susah BAB) dapat terjadi.

Tips:
  • Sebelum menaruh belanjaan , cek temperatur kulkas dan freezer. Kulkas sebaiknya diatur pada suhu 5° celsius , dan freezer –18° C atau dibawahnya . Temperatur dingin ini akan membantu menjaga bakteri dalam makanan apa saja agar tidak berkembang biak.
  • Cuci tangan anda dengan air hangat dan sabun sebelum menyiapkan makanan dan setelah menangani daging mentah, ayam , ikan , atau produk telur.
  • Masak telur hingga benar-benar matang.

Maaf bila Posting ini OOT, krn OP awalnya membahas tentang bayam. namun di dalamnya juga terdapat pernyataan tentang telur sehingga ditanyakan oleh mbak miz.

Semoga membantu
 
OOT ga papa kok biasa aja lagi dok

mungkin dokul kurang latian oot nya semoga berhasil dok

btw cinta ku kok tau tentang telur juga
 
Back
Top