pengobatan orang yang kena wernicke's aphasia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

pengobatan orang yang kena wernicke's aphasia

belum kedokter syaraf sih, tapi dokter bedah syaraf bilang ada kerusakan di area wernicke karna adanya darah yang masuk ke otak dan merusak bagian itu, darahnya sudah dikeluarin dengan operasi 3 bulan lalu. - help help -
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: pengobatan orang yang kena wernicke's aphasia




Afasia Wernicke atau afasia sensorik merupakan gangguan berbahasa dimana kemampuan berbahasa hanya lancar mengeluarkan isi pikiran, tetapi tidak mengerti pembicaraan orang lain. Orang dengan afasia jenis ini justru dapat berbicara dengan lancar, dengan kalimat-kalimat yang panjang, namun yang dibicarakan tersebut tidak mempunyai arti atau menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan. Mereka bahakan bias membuat kata-kata baru (neologisme).
Afasia Wernicke : ciri bicara spontan cepat, kadang - kadang terlalu cepat, lagu kalimat baik, panjang kalimat cukup (disebut fluent). Penyimakan bahasa buruk, pengulangan kalimat buruk dan penyebutan nama benda buruk.


TERAPI

Terapi pada pasien dengan afasia dilakukan dengan melakukan terapi bicara/bina wicara/speech therapy. Terapi ini harus dilakukan dengan memperhatikan poin-poin sebagai berikut:
1. Dimulai sedini mungkin
2. Terapi pada bulan pertama memiliki hasil yang paling baik
3. Hindari penggunaan komunikasi non-linguistik, seperti bahasa-bahasa isyarat.
4. Program terapi harus dibuat dengan mengacu pada faktor-faktor dari masing-masing individu
5. Pasien diberikan motivasi untuk mau belajar kembali bahasanya yang hilang dengan stimulus berupa verbal, tulisan, maupun taktil.
6. Penyertaan keluarga dalam terapi sangat mutlak.

Anda umur berapa? kok sampe dioperasi kenapa? apakah sebelumnya pernah ada trauma/luka di kepala misal terbentur?

saran saya tetap ke dokter spesialis syaraf dan dokter spesialis rehab medik. poin - poin terapi di atas adalah prinsip rehabilitasinya. tapi masalah yang utama mengenai penyakit anda, dapat diketaui oleh dokter pemeriksa.

semoga membantu.
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: pengobatan orang yang kena wernicke's aphasia

Hi,

Thanks loh penjelasannnya..

yang sakit bukan saya, tapi ibu saya, umurnya 56 tahun. pertengahan desember lalu dia kena stroke, ada darah yang masuk ke otak sekitar hampir 50 cc lebih. stelah 3 hari di ICU pendarahan bertambah, karna itu saran dr dokter untuk cepat operasi buat mengeluarkan darahnya.penyebabnya tekanan darah tinggi.

sekarang Alhamdulillah dia sudah sehat kembali, bagian tubuh kanannya berfungsi lagi, gak lumpuh, tapi sepertinya tidak sebaik sebelum dia sakit. Tapi, sekarang ini dia jadi gak bisa membaca, tapi bisa menulis. dia bisa membaca untuk kata2 tertentu ( perkiraan saya sih, dia mengingat bentuk tulisan).Dia gak bisa mengeja huruf secara spesifik. contohnya kalo saya kasi dia majalah "femina", dia bisa baca bahwa itu tulisan "femina", tapi bgitu disuruh mengeja hurufnya gak bisa. gerak jalannya juga tidak lincah seperti dulu. Cara dia mengungkapkan sesuatu juga suka kebalik, misal maksudnya adalah "nyalain lampunya" dia bilang "dimatiin aja lampunya". ada juga, maksudnya air, dia sebut lampu. tapi kadang2 benar kadang2 gitu lagi.jadi harus dengan menunjuk objeknya untuk tau maksudnya.Daya ingatnya juga berkurang, jadi kita harus berkalikali menjawab pertanyaan yang sama dalam waktu yang ga lama.bahkan besoknya dia bisa tanya lagi, meski dia mengiyakan bahwa sbenernya dia udah tau itu jawaban yang sudah pernah kita jawab .Dia bisa ingat semua masa lalunya meski ga semua, tiba2 muncul sendiri sambil dia ngomong atau kita bantu dengan crita2. dokter bedah syaraf bilang area wernicke yang kena karna pendarahan kmarin jadi efeknya seperti itu.

saya juga khawatir, sekarang dia sering sekali capek/pegel & ngantuk. kalau ngantuk menurut saya mungkin dia kurang tidur, karna dia memang susah sekali buat dapatin tidur nyenyak. nah kalo pegal2 itu yang saya khawatir, mungkin karna dia biasa gerak waktu sehat dulu, trus sekarang banyak diamnya. saya sudah tanya dokter hipertensinya apakah pengaruh obat yang mreka kasi,tapi dia bilang sih bukan, karna otot2nya katanya. sekarang ini yang dijagain ya darah tingginya, tapi saya suka takut sendiri jadinya, karna dia ga pernah berasa pusing, nanti tau2 lgsung drop seperti kmarin....
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: pengobatan orang yang kena wernicke's aphasia




Oo... ibunya yang sakit, ikut prihatin juga. semoga diberi kesembuhan.

Menurut ilmu yang saya pelajari, jenis stroke yang mengenai ibu anda adalah stroke tipe perdarahan (lihat ilustrasi gambar). penyebab (causa) tersering adalah hipertensi.
Operasi yang telah dilakukan oleh dokter bedah syaraf anda insyaAllah sudah benar, karena indikasi dari operasi sendiri jika di dapatkan perdarahan otak > 50cc (dapat diketahui melalui hasil CT scan).
Yang menjadi masalah sekarang adalah rebabilitasinya, poin no. 6 menurut saya sangat diperlukan, peran serta keluarga. bangkitkan motivasi ibu anda untuk sehat kembali, dan perlu diketahui juga latihan fisik ringan juga diperbolehkan sehingga otot - otot nya tidak lemas.
Diharapkan fungsinya dapat kembali mendekati seperti sedia kala.
Untuk mengontrol hipertensinya, saya hanya menyarankan untuk rutin kontrol. atau kalo tidak andak beli tensimeter, sekarang ada yang model digital.

Pelajaran mengenai stroke dapat anda baca di thread yang lain.
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: pengobatan orang yang kena wernicke's aphasia

woke... thanks yah
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
orang-orang dengan kondisi kesehatan yang luar biasa chickenfighter Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 7
Ada orang yang selalu beruntung, dan ada orang lain yang tidak banyak beruntung indonesiaindonesia Misteri & Supranatural 12
masalah motor yang kena tilang jamil Sepeda Motor 5
ada yang udah pernah kena belom..?? lintangts Komputer 2
Nasehat Kepada Orang Yang Bekerja Sama Dengan Orang Kafir nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.