23 Tips Penting Untuk Ibu Rumah Tangga Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

23 Tips Penting Untuk Ibu Rumah Tangga

Banyak hal yang harus dikerjakan dalam rumah-tangga, dari membersihkan rumah hingga membayar rekening listrik, misalnya.


Nah, agar semua tugas dan urusan rumah-tangga berjalan lancar, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan:

1. Singkirkan baju atau aksesori yang tak lagi diperlukan dari lemari pakaian Anda. Jangan berpikir Anda bakal langsing lagi suatu saat nanti. Percayalah, jika Anda benar-benar kembali langsing, baju itu sudah ketinggalan zaman.

2. Manfaatkan sisi pintu lemari untuk menggantung dasi, scarf, ikat pinggang, dan sebagainya. Ini akan menghemat banyak tempat, di samping memudahkan Anda bila suatu saat mencarinya.

3. Simpan sepatu pada kotaknya dan tempatkan label di luar kotak untuk menuliskan jenis sepatu, sehingga Anda tak perlu susah-payah mencarinya.

4. Buang semua barang yang Anda pikir bisa dimanfaatkan suatu hari nanti. Kalaupun Anda membutuhkannya, pastilah Anda sudah lupa di mana pernah menaruhnya.

5. Singkirkan semua surat dan kartu ucapan (kecuali rekening-rekening dan bukti-bukti pembayaran selama setahun terakhir). Catat nama dan alamat pengirim, lalu buang.

6. Selalu letakkan segala sesuatu pada tempatnya untuk memudahkan mencarinya. Taruh kunci kendaraan di tempat yang sama, demikian juga sepatu, tas kerja, dan sebagainya.

7. Pilahlah baju yang akan dicuci untuk menghemat waktu. Pisahkan baju putih dengan yang berwarna. Siapkan penggantung pakaian di tempat jemuran agar Anda tak perlu mondar-mandir saat menjemur.

8. Jika Anda menggunakan mesin cuci, Anda bisa melakukan pekerjaan lain. Sehingga ketika proses pencucian selesai, Anda juga sudah selesai mengerjakan pekerjaan yang lain.

9. Tak perlu terlalu perfek untuk hal-hal yang tak begitu penting. Anda tak perlu menjahit dengan sangat rapi untuk saku dalam baju anak yang robek, misalnya. Yang penting sudah menutupi robekan yang ada.

10. Optimalkan semua piranti elektronik yang Anda miliki. Misalnya, selain untuk membuat jus, blender bisa juga untuk menghaluskan bumbu masakan.

11. Lakukan dua hal sekaligus setiap kali Anda memasak. Misalnya, Anda bisa merebus jagung sambil menanak nasi, atau memasak sup sekaligus menghangatkan pepes di atas tutup pancinya.

12. Rencanakan menu paling tidak untuk satu minggu ke depan. Buatlah stok bumbu inti yang dapat disimpan di lemari es. Jadi, jika Anda ingin memasak, waktu Anda tak terlalu tersita untuk mempersiapkan hidangan.

13. Biasakan selalu membayar semua tagihan di awal bulan. Selain terhindar dari antrean, Anda juga akan merasa lebih tenang.

14. Hindari datang ke suatu tempat di jam-jam sibuk. Misalnya, belanja grosir di jam kerja atau pergi ke dokter lebih dini.

15. Beri batasan waktu untuk belanja, dan tepatilah. Belilah barang-barang sesuai daftar kebutuhan Anda.

16. Buatlah semacam to-do-list untuk mencatat tugas yang harus Anda kerjakan keesokan harinya. Daftar seperti itu akan membantu Anda menjalankan setiap tugas dengan cara yang lebih teratur dan terarah.

17. Bangunlah 15 menit lebih awal setiap hari, dan Anda akan biasa menyelesaikan beberapa tugas lebih banyak dari sebelumnya.

18. Selalu persiapkan semua kebutuhan keluarga pada malam hari sebelum tidur, agar keesokan harinya anda tak perlu pontang-panting menyiapkan perlengkapan sekolah anak-anak ataupun kerja suami.

19. Belilah kemasan family size untuk bahan keperluan seisi rumah. Selain mengurangi jumlah sampah kemasan, harganya pun lebih murah.

20. Belilah sayur dan buah pada musimnya. Harganya lebih murah dibanding yang sedang tidak musim.

21. Selalu matikan lampu saat tidak diperlukan. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan lampu neon. Harganya memang lebih mahal, namun menghemat penggunaan listrik dalam waktu lama.

22. Matikan semua peralatan eletronik yang tidak digunakan, seperti radio, teve, stereo set, dan sebagainya. Membiarkannya tertancap di stop kontak akan menguras daya listrik.

23. Gunakan air seperlunya saja. Lebih baik mengambil menggunakan air sumur untuk mandi, menyiram tanaman, mencuci, dsb.

PADUSI.COM
Continent Level

Post: 2.596
 
Reputasi: 15

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: 23 Tips Penting Untuk Ibu Rumah Tangga

tips yg berguna..
manzz
National Level

Post: 1.171
 
Reputasi: 2

__________________

Recent Blog: Duplikat FIle Finder   





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 23 Tips Penting Untuk Ibu Rumah Tangga

mantap juga tips tipsny nich...
TamanDewi
City Level

Post: 414
 





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: 23 Tips Penting Untuk Ibu Rumah Tangga

makasi tipsnya den... bisa di terapkan nih
tiaseptiani
Staff

Post: 24.597
 
Reputasi: 253

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: 23 Tips Penting Untuk Ibu Rumah Tangga

terima kasih tips nya............
National Level

Post: 528
 
Reputasi: 2

__________________
software retail|software cafe|ppob|
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Cuma ibu rumah tangga Mizbeau Keluarga & Berumah Tangga 5
Jual Alat Electronic Untuk Kantor,Rumah Tangga,&Kebutuhan Pribadi Anda Qkyu Elektronik 0
isteri dan rumah tangga jamil Humor 9
PLT Fuel Cell untuk Rumah Tangga nurcahyo Politik, Ekonomi & Hukum 0
Wanita Ratu Rumah Tangga T-Rex Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.