Sodium Benzoate, Pengawet Minuman Bersoda, Diketahui Menyebabkan K Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sodium Benzoate, Pengawet Minuman Bersoda, Diketahui Menyebabkan K

Sodium Benzoate, Pengawet Minuman Bersoda, Diketahui Menyebabkan Kerusakan DNA


Riset yang dilakukan oleh Sheffield University di Inggris terhadap bahan pengawet makanan dan minuman yang umum digunakan, menyatakan bahwa sodium benzoate diperkirakan dapat merusak DNA. Sodium benzoate, penghambat jamur yang biasa ditemukan pada *****, ****, ******, maupun minuman-minuman ringan lainnya, juga pada asinan dan saus, dianggap patut diwaspadai.

Pete Piper, professor bidang biologi molekuler dan bioteknologi, yang telah meneliti sodium benzoate sejak 1999, pernah menguji sodium benzoate pada sel ragi yang hidup. Ia terkejut menemukan substansi tersebut dapat merusak DNA mitochondria pada ragi.

Karena peduli terhadap hal ini, Piper mempublikasikan penelitiannya melalui surat kabar Inggris, The Independent, pada hari Minggu, 27 Mei 2008: "Bahan kimia ini memiliki kemampuan untuk menyebabkan kerusakan yang serius pada DNA di dalam mitochondria, sedemikian rupa hingga dibuat sepenuhnya tidak aktif - mereka merusak seluruhnya."

"Mitochondria menyerap oksigen untuk menghasilkan energi, dan bila dirusak - seperti terjadi pada sejumlah kondisi pada saat sakit - maka sel mulai mengalami kegagalan fungsi yang sangat serius. Dan ada sejumlah penyakit dimana yang sekarang dikaitkan dengan kerusakan DNA ini - penyakit Parkinson dan beberapa penyakit akibat degenerasi saraf, namun terutama sekali, keseluruhan dari proses penuaan."

Sodium benzoate terbentuk secara alami pada buah cranberry, apel, produk susu, kayu manis, dan cengkeh. Menurut http://inchem.org, sodium benzoate yang terbentuk secara alami pada makanan kira-kira 40 mg/kg. Digunakan sebagai bahan pengawet, diperlukan kira-kira 2.000 mg/kg. Secara historis, asam benzoat berasal dari distilasi kering dari getah kapur barus. Produksi massal dihasilkan secara murah dari toluene. Sodium benzoate dibuat dari asam benzoic.

Penyelidikan-penyelidikan pada daftar FDA terutama diterapkan pada tikus, dimana tidak nampak gejala keracunan. Percobaan yang dilakukan pada sejumlah individu terbatas dari kurun 1960-an hingga 1980-an, tidak menunjukkan efek negatif, oleh karena itu sodium benzoate dan asam benzoic dianggap aman oleh lembaga pengawas makanan Amerika Serikat tersebut.

Kelompok Bantuan Bagi Anak-Anak Hiperaktif di Inggris melakukan pengecualian dan merekomendasikan untuk menghindari sodium benzoate dan asam benzoic. Piper sendiri menganggap hasil uji coba yang dilakukan oleh FDA sebagai "kadarluasa."

Sebuah studi jangka pendek pada tikus - yang diberikan sodium benzoate/benzoic acid sebanyak 1.800 mg/kg - telah mengakibatkan kerusakan sistem saraf pusat. Asam benzoic menyebabkan patologi hati dan mengurangi berat badan. Namun, penyelidikan ini dianggap belum cukup untuk memastikan dampak negatifnya.

Vitamin C (ascorbic acid) ditambahkan pada minuman ringan akan bereaksi dengan sodium benzoate menghasilkan benzene, dikenal sebagai polutan udara dan penyebab kanker..

sumber :http://www.inchem.org/documents/cica...nNumber:11.1.1
Ryosan
National Level

Post: 1.998
 
Reputasi: 1

__________________
The King of Kochikame

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Sodium Benzoate, Pengawet Minuman Bersoda, Diketahui Menyebabkan K

Kutip:
Oleh Ryosan View Post
Penyelidikan-penyelidikan pada daftar FDA terutama diterapkan pada tikus, dimana tidak nampak gejala keracunan. Percobaan yang dilakukan pada sejumlah individu terbatas dari kurun 1960-an hingga 1980-an, tidak menunjukkan efek negatif, oleh karena itu sodium benzoate dan asam benzoic dianggap aman oleh lembaga pengawas makanan Amerika Serikat tersebut.
memang sebelum memmasarkan suatu obat haruslah melalui beberapa tahapan suatu percobaan. mulai dari hewan coba sampai tingkat trial and error pada manusia. dan butuh waktu yang lama sampai bertahun - tahun, bahkan puluhan tahun.
jika pada tingkat hewan sudah menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, biasanya tidak dilanjutkan lagi karena dianggap sebagai produk gagal. karena mengganggu kesehatan manusia.

untuk kasus ini, karena efek Sodium benzoat sudah diketahui buruk, maka sebaiknya kita mencegah mengkonsumsinya. Karena apa yang terjadi pada kita dihari esok, sangat dimungkinkan dari apa yang kita konsumsi.
PENCEGAHAN LEBIH BAIK DARI PADA PENGOBATAN.
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Sodium Benzoate, Pengawet Minuman Bersoda, Diketahui Menyebabkan K

Apalagi jika konsumsi bahan pengawet tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang sangat lama dan terus menerus, tentu saja akan sangat merugikan kesehatan.
Dalam beberapa literatur menyebutkan efek samping dari bahan pengawet antara lain : bisa menyebabkan kanker, edema ( pembengkakan ), penyakit LUPUS.
Kalau untuk aku sendiri nih, daripada minum2an yang bersoda gitu, lebih baik minum air putih atau jus buah. Lebih seger dan lebih menyehatkan juga.
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang


Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Amankah Bahan Pengawet bagi Tubuh? mozilla_solo1 Kesehatan 4
Rahasia Pengawet Mumi Cantik Rosalia Lombardo gupy15 Science & Penemuan 8
Lalat Bersoda Megha Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 1
Minuman Bersoda Penyebab Osteoporosis?? Beneran gak sih?? MawarHitam Kesehatan 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.