Belajar kata sifat
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Japanese

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Belajar kata sifat

Kata sifat (KS) dalam bahasa Jepang ada 2 macam nih:
1. Keiyooshi = ikeyooshi = i
Reibun (contoh) :
takai = mahal, tinggi
yasui = murah
muzukashii = sulit
atarashii = baru

bentuk (+) =...............KS desu
contoh :
Watashi no zasshi wa takai desu.
(Majalah saya mahal)

bentuk (-) = i di belakang kata KS berubah jadi kunai.
contoh :
Watashii no zasshi wa takaikunai desu.
(Majalah saya tidak mahal)

bentuk lampau (+) = i menjadi katta
contoh :
Watashii no zasshi wa takakatta desu.

bentuk lampau (-) = i menjadi kunakatta.
contoh :
Watashii no zasshi wa takakunakatta desu.

2. Keiyoodooshi = nakeyooshi = na
Reibun :
genki na = sehat
hansamu na = tampan
shinsetsu na = ramah
kinben na = rajin

bentuk (+) =...............KS + desu
contoh :
Anata no haha wa shinsetsu na desu.
(Ibu kamu ramah)

bentuk (-) = ...............KS + dewa arimasen
contoh :
Anata no haha wa shinsetsu na dewa arimasen.
(Ibu kamu tidak ramah)

bentuk lampau (+) = ...............KS + deshita
contoh :
Anata no haha wa shinsetsu na deshita.

bentuk lampau (-) = ................KS + dewa arimasen deshita
contoh :
Anata no haha wa shinsetsu na dewa arimasen deshita.


Kalau semisal kita mau menggabungkan kata sifat :
i berubah menjadi kute.
contoh :
baru dan mahal = atarashikute takai
Watashi no kaban wa atarashikute takai desu.
(Tas saya baru dan mahal)

na berubah menjadi de
contoh :
cantik dan ramah = kirei de shinsetsu na
Anata wa kirei de shinsetsu na desu
(Anda cantik dan ramah)
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang


       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Belajar kata sifat

thank's atas penjelasannya. sebenarnya aku iin juga masih belajar, tp udah ada yang manggil sensei. hehehe...
iin_meong
iin_meong iin_meong is offline
City Level

Post: 276
 
Reputasi: 2

__________________
Give Me Your Money:give::give:





Reply With Quote     #3   Report Post  

wuuhhh,,,
ini yang wa cari,,,
pelajaran dasar,,,
huhuhu,,
eh ada sensei juga di sini
Coklat-Nanas
Coklat-Nanas Coklat-Nanas is offline
Home Level

Post: 17
 
Reputasi: 0

__________________
"Jangan Jajan Sembarangan":courage:

OKE!!!:2good:





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Belajar kata sifat

Arigatou..
Nee~~saaaaannnnnn!!!!!

By The Snow Wolf
lothan
lothan lothan is offline
Continent Level

Post: 2.992
 
Reputasi: 81

__________________
The Snow Wolf

By The Snow Wolf



FEEL THE PAIN OF MY TORMENT..
AT MY FACEBOOK : "Code Name : Lothan Eltroya Alteizen"





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar kata sifat

moga penjelasan yang sederhana itu bisa dipahami.
makasih pastisipasinya, mari saling belajar, tapi jangan saling menghajar. hhehehe....
Besok besok aku kasih latihannya yah...
dengan banyak latihan jadi lebih cepat terbiasa dalam pemakaian kata sifat tersebut.

arigato gozaimasu....
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Belajar kata sifat

ajarin dari awal banget doong...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar kata sifat

Sebenarnya sih untuk belajar bahasa Jepang yang dasar banget sudah di ulas di thread belajar bahasa Jepang. Lah enaknya gimana? Satu pokok bahasan dibahas satu thread satu thread aja? Seperti thread kata petunjuk dalam bahasa Jepang dan juga thread belajar kata sifat ini? Kalau aku sih enaknya juga di bahas satu satu gitu.


OK, nih tak kasih latihannya yah, coba sapa yang bisa ubah ke dalam bahasa jepang? Oyah, untuk mengubahnya dalam bahasa Jepang, dari belakang yah...
Contoh lagi:
Ibu cantik dan ramah. ( cantik = kirei, ramah = shinsetsu na ) menjadi :
Haha wa shinsetsu de kirei desu. Jadi yang diubah ramah dulu baru cantiknya.

Nih latihannya :
1. Jakarta panas dan ramai. ( panas = atsui, ramai = nigiyaka na )
2. Bandung tidak panas. ( lampaunya yah)
3. Iin meong cantik, pintar, dan ramah. ( pintar = joozu na )
4. Motor saya tidak murah. ( lampau ) ( motor = otobai, murah = yasui )
5. Saya tidak rajin. ( lampau ) ( rajin = kinben na)
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Belajar kata sifat

Kutip:
Nih latihannya :
1. Jakarta panas dan ramai. ( panas = atsui, ramai = nigiyaka na )
2. Bandung tidak panas. ( lampaunya yah)
3. Iin meong cantik, pintar, dan ramah. ( pintar = joozu na )
4. Motor saya tidak murah. ( lampau ) ( motor = otobai, murah = yasui )
5. Saya tidak rajin. ( lampau ) ( rajin = kinben na)
1. jakarta wa nigiyaka de atsui desu
2. bandung wa atsui dewa arimasen deshita
3. Iin meong wa shinsetsu de joozu de kirei desu
4. boku no otobai wa yasukunaikatta desu
5. boku wa kiben dewa arimasen deshita

benarkah??? klo boleh taw, gimana cara bedain kata sifat bentuk keyooshi dan keyoodooshi,,,,

Kutip:
kan misal;
Q: siapakah dia? (melilat dari foto)
donata desuka?
A: ini adalah deshwitat10 desu
kono hito deshwitat10 desu
Q: seperti apakah dia? apakah pintar?
donata desuka? atama ga ii desuka?
A: tidak, dia tidak pintar...
iie, atama ga yokunai desu...
nah klo lihat contoh dari situ kata "ii" yang bisa berarti pintar, dalam bentuk negatifx bukan "ikunai" tetapi "yokunai"...

nah gimana cara kita biar tahu bentuk2 perubahan keyooshi dan keyoodooshi,,,, dan mengenalix????

onegaishimasu
deshwitat10
deshwitat10 deshwitat10 is offline
City Level

Post: 205
 
Reputasi: 5

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar kata sifat

ok, sudah dijawab yah..... aku kasih bintang yah....

Cara bedain kata sifatnya, harus hapal kosakata kata sifat bahasa Jepang. Kita cari kata sifat yang berakhiran i, itu termasuk keiyooshi, selebihnya keiyoodooshi.
Contoh keiyooshi lagi ( perhatikan kalau semua berakhir dengan i ) :
ookii = besar
chiisai = kecil
nagai = panjang
mijikai = pendek

untuk bahasa Jepang, sama halnya dengan bahasa Indonesia, banyak kata yang memiliki sinonim / padanan kata. "ii" bisa berarti baik, bagus, bersih. Dan perkecualian untuk "ii" berubah jadi yokunai, yokatta, yokunakatta.
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Belajar kata sifat

masih ga ngerti mbakyu...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.