Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

alanlejac

New member
Hampir semua orang Kristen percaya bahwa Yesus berumur 33 tahun ketika di salib, karena itulah yang diajarkan oleh para pendeta dan teolog atau guru-guru sekolah Minggu, tetapi apa itu yang dikatakan oleh Alkitab yang sebenarnya ? Mari kita lihat ayat – ayat alkitab dibawah ini :

1. Kirenius menjadi wali negeri di Siria ketika Yesus Lahir. ( Lukas 2 : 2 )
2. Suatu sensus penduduk oleh pemerintahan Roma menyebabkan Maria dan Yusuf pergi ke Betlehem ( Lukas 2 : 3 ).
3. Herodes memerintahkan untuk membunuh bayi yang berusia 2 tahun ke bawah. (Matius 2: 16 )
4. Nubuatan dalam Daniel 9 : 24-26 tentang 69 masa digenapi tahun 32-34 Masehi.

Sekarang, mari kita lihat, apa yang kita ketahui dari catatan sejarah mengenai apa yang dicatat dalam Alkitab tersebut diatas :

1. Herodes wafat pada tahun 4 Sebelum Masehi
2. Kirenius tercatat sebagai wali negeri di Siria pada tahun 7 Sebelum Masehi.
3. Pemerintah Romawi mengadakan sensus penduduk setiap 14 tahun.
4. Beberapa penemuan arkeologi yang dapat diandalkan mendukung bahwa sensus oleh Pemerintah Romawi diadakan pada tahun 20 Masehi.
5. Sementara beberapa arkeelog berpendapat bahwa sensus diadakan pada tahun 6 Masehi ( Tetapi para pihak yang ahli setuju, tahun 6 Masehi sudah terlalu lambat dengan kelahiran Yesus ).
6. Berari dengan berpegang pada sensus yang diadakan pada tahun 20 Masehi, maka sensus sebelumnya diadakan pada tahun 7 – 8 Sebelum Masehi.

Dengan demikian, kalau dihitung dengan kalender Masehi yang dipakai sekarang maka Yesus sebenarnya lahir pada tahun 8 Sebelum Masehi, sehingga ketika Dia Disalib pada tahun 32-34 Masehi, maka usia Yesus saat itu yang sebenarnya adalah 40 tahun dan bukan 33 tahun seperti yang kita ketahui.

Mari sekarang kita perhatikan dalam ayat-ayat Alkitab mengenai angka 40, mengapa begitu banyak ?, seperti yang tercantum di bawah ini :

1. Hujan selama 40 hari siang dan malam selama Air Bah, Kejadian 7:4.
2. Nuh berada dalam bahtera selama 40 hari, Kejadian 8:6.
3. Musa berada d padang gurun selama 40 tahun, Kisah Para Rasul 7:30.
4. Musa berada di Gunung Sinai selama 40 hari, keluaran 24:18 dan Ulangan 9:18.
5. Mereka yang bersalah harus did era 40 kali, Ulangan 25:.
6. Bangsa Israel diberi manna sebagai makanan selama 40 tahun di padang gurun, Keluaran 16:35.
7. Kemah suci mempunyai 40 alas perak, Keluaran 26:19.
8. Ada periode 40 tahun damai di Israel, Hakim-Hakim 3:11, 5:31, 8:28.
9. Eli (Sebagai Iman Tinggi) Menjadi Hakim di Israel selama 40 tahun , 1 Samuel 4:18.
10. Elia berada di Gunung Horeb selama 40 hari, 1 Raja-Raja 19:8.
11. Daud Memerintah Israel selama 40 tahun, 1 Raja-Raja 2:11.
12. Salomo Memerintah Israel selama 40 tahun, 1 Raja-Raja 11:42.
13. Yesus berada di padang gurun selama 40 hari, Matius 4:2.
14. Yesus berada diantara para murid selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya, Kisah Para Rasul 1: 3.

Jadi dengan melihat apa yang ditulis dalam Alkitab mengenai kelahiran Yesus dan fakta sejarah yang sebenarnya, serta banyaknya ayat-ayat yang mengindikasikan arti penting dari angka atau bilangan 40, dapat disimpulkan bahwa umur Yesus ketika Dia disalibkan untuk menebus dosa-dosa manusia adalah 40 tahun dan bukan 33 tahun. Dan kalau dihitung dengan tahun kelahiran Yesus yang sekitar tahun 8 Sebelum Masehi, maka kita ini sekarang hidup bukan di tahun 2009 Masehi, tetapi sebenarnya tahun 2016 Masehi !

Lalu pertanyaannya adalah, mengapa kesalahan ini bisa terjadi ? Hikmat apa yang dapat kita ambil sehubungan dengan mempejari doktrin-doktrin dalam Alktab ?

Ellis skolfied dalam “ 2008 Teaching Outline on Daniel & Revelation “ menyatakan bahwa, “ Kesalahan mengenai usia Yesus saat disalib merupakan contoh kecil [ minor example ] , bahwa doktrin yang kita percayai belum tentu di dukung oleh apa yang dinyatakan oleh Alkitab dan fakta-fata sejarah.

Selanjutnya, Ellis Skolfield mengatakan, “ There is a vast difference between declared doctrine and interpreted doctrine. Declared doctrine is what the Bible plainly states. Interpreted doctrine is what we think scripture teaches, sometimes wrong. “

Dengan demikian adalah jelas, Declared Doctrine yang bisa diterjemahkan sebagai Doktrin yang Tegas atau Pernyataan Doktrin adalah apa yang ditetapkan oleh Alkitab dengan jelas, sementara interpreted Doctrine yang bisa diterjemahkan sebagai doktrin yang diartikan, diterjemahkan atau tafsiran Doktrin adalah apa yang kita pikir Alkitab ajarkan, kita disini bisa para teolog, pendeta, Doktor Teologi, dsbnya. Apa yang kita piker bisa benar dan bisa juga salah.

Dalam mempelajari Kitab Wahyu dan Daniel sehubungan dengan nubuatan akhir zaman, akan dapat dilihat bahwa banyak sekali doktrin-doktrin yang sekarang ini menjadi landasan kepercayaan banyak gereja dan orang-orang Kristen merupakan Interpreted Doctrine yang lebih banyak salahnya ketimbang benar, seperti apa yang dinyatakan Alkitab dengan jelas.

Penjelasan mengenai interpreted Doctrine yang salah dalam kitab Wahyu dan Daniel dalam nubuatan akhir zaman, akan dijelaskan pada thread-thread berikutnya.

Salam dalam kasih Tuhan Yesus.


Jakarta, 24 April 2009.
Alanlejac.

Diterjemahkan secara bebas dari :
“ 2008 Teaching Outline on DANIEL & REVELATION” By Ellis Skolfield, Fish House Ministries, P.O. Box 453, Ft. Myers, FL 33902, www.fishhouseministries.com. – Outline 1 “ How Old was Jesus when He went to the Cross and why do we believe it ? “
 
Last edited:
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

SARA.............................

edit by moderator
 
Last edited by a moderator:
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

Meskipun saya bknlah penganut Kristen tp saya tetap kagum ma sosok nabi Isa/Jesus ni..

Btw, Muhammad SAW diangkat sbg rasul juga pada usia 40. Dan orang sono bilang, "Life begins at Forty" :D

May God always guide n protect us..
Kerajaan Kediri, 24 April 2009.
nizhami
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

Salam dalam Kasih Kristus...

SARA.............................

edit by moderator

Hmm.. sara dimana yach ? Cause just as a christian that very love to my lord Jesus Christ... i just only want to show ..about the mistake from the doctrine that have believing in us as christians....

Please tell me broo..?

God Bless U ...
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

he he he udah lompat-lompat ya. bagus biar ada komunikasi yang baik. paling tidak nizhami melihat orang kristen sendiri yang bilang ajaran yang diyakini orang kristen banyak kesalahan ... he he he
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

...paling tidak nizhami melihat orang kristen sendiri yang bilang ajaran yang diyakini orang kristen banyak kesalahan ... he he he

Salam dalam Kasih Kristus..

Kepada Bro Amos, yg saya maksud kesalahan doktrin dalam thread diatas.. bukanlah doktin yang prinsip, tetapi doktrin yang berdasarkan prakiraan para teolog, tetapi bukan berdasarkan apa yang dinyatakan oleh Alkitab. Sampai hari ini, tidak ada doktrin atau dogma kristianitas yang utama, yang jalas dinyatakan oleh Alkitab ada yang salah !

Jadi harap dibedakan antara doktrin yang prinsip dan tidak prinsip,... apakah Yesus berumur 33 tahun atau 40 tahun atau bahkan mungkin seandainya.. 60 tahun ketika Dia disalib [ doktrin yang tidak prinsip ]..hal ini tidak merubah makna kematian Yesus di Kayu Salib untuk menyelamatkan manusia dari dosa [ doktrin yang prinsip ]...

Demikian penjelasan saya..dan thanks & GBU..
 
Last edited:
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

seharusnya sodara jelaskan ke rekan nizhami. saya tidak bermasalah dengan hal tersebut.

salam sejahtera.
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

seharusnya sodara jelaskan ke rekan nizhami..

Dear Bro Amos..
Salam dalam kasih Kristus..

Saya pikir ...tidak ada yg perlu dijelaskan kepada rekan nizhami..toh dia menghormati Yesus..yang menurut saya oke-oke saja sebagai seorang Muslim..

Karena sama juga seperti saya pribadi yang meghormati dan mengagumi sosok Nabi Muhammad..pada tataran tertentu..

But...peace deh buat semuanya...

Salam Sejahtera...
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

Dear Bro Amos..
Salam dalam kasih Kristus..

Saya pikir ...tidak ada yg perlu dijelaskan kepada rekan nizhami..toh dia menghormati Yesus..yang menurut saya oke-oke saja sebagai seorang Muslim..

Karena sama juga seperti saya pribadi yang meghormati dan mengagumi sosok Nabi Muhammad..pada tataran tertentu..

But...peace deh buat semuanya...

Salam Sejahtera...


anda ndak paham permasalahannya toh he he he .... ya sudah peace aja.
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

salaam-aleykum..
salam sejahtera..

yup, saya memang tidak memerlukan pnjelasan lbh lanjut. khilafiyah atau prbedaan pndapat pstilah ada dlm stiap agama manapun. dan klo pun benar bhw jesus disalib (dlm doktrin kristen) pada usia 40, bagi saya pribadi itu suatu benang merah yg patut saya renungkan, itu saja, gk lebih. bila saya kagum ma sosok jesus pastinya saya juga menghargai pengikut2nya yg konsisten spt bro alanlejac ini. dan untuk bang amos, thx bro..

wa-salaam..
salam damai..
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

dalam sejarah skolastik kristiani, timbulnya perdebatan bahwa Alkitab memiliki banyak kesalahan adalah lahirnya metode kritik teks sebagai metode tafsir.

semuanya adalah rangkaian panjang buah renaissance di mana manusia mengambil alih kedudukannya sebagai makhluk tertinggi dalam peranan sejarah manusia, termasuk dalam agama, sehingga teks Alkitab harus tunduk di bawah pemikiran manusia bukan sebaliknya.

lahir tradisi liberal yang menyatakan bahwa Alkitab bukan Firman Tuhan dan hanya sebuah karya sejarah suci Allah, sehingga keberimanan tidak lagi memerlukan Alkitab sebagai Firman Allah (Meskipun menurut saya ini suatu hal yang baik), namun pada saat yang sama adalah sebuah kemunduran dialog suci antara Kristen Barat dan Islam yang tetap menjaga kesucian Al Quran, sehingga muncul sebuah perlawanan dari sebuah gerakan Reform yang menegaskan ineransi Alkitab, yakni tiada kebersalahan dalam Alkitab bahkan titik komanya pun tidak sebagai sumber ajaran kitab suci. sebagai informasi buat rekan nizhami (golongan reform ini sama seperti golongan wahabi atau salafi dalam islam).

Sayang bahwa dunia intelektualkitas kritis kristen memang lebih terbuka dibandingkan islam sebab memang tiada sangsi fisik, sehingga para teolog liberal tetap meneruskan karyanya hingga yang terhebat adalah demitologisasi gaya bapak Bulltman, yakni membuang segala kemungkinan supranatural menjadi yang lebih masuk akal seperti tiadanya kebangkitan dalam arti fisik, tiada kelahiran perawan, tiada mujizat dan lain-lain. (bisa dilanjutkan ke dalam diskusi panjang tentang pendekatan yesus sejarah dan yesus yang yang diyakini dalam balutan iman pengikutnya)

itulah sebabnya saya menyampaikan sindiran di atas.

tapi ya sudahlah, lagipula toh memang banyak kesalahan seperti yang dianggapkan pada penambahan tersembunyi dalam baik teks (menurut kritiks teks, doktrin tidak prinsip, atau yang prinsippun ya sudahlah), khan manusia memang dijamin dari kehendak bebas yang dimilikinya untuk memiliki pemandangan masing-masing yang adalah sebenarnya sah-sah saja. ya silakan dilanjutkan.

jadi seperti saya katakan di atas, bagi saya apa yang anda jelaskan bukan permasalahan. saya tidak beriman karena hal yang sempurna benar saya beriman karena cinta. bagi saya salah atau benar, sempurna atau tidak sempurna, cinta akan membantu saya untuk memahami dengan tulis dan tetap meyakini sesuatu yang saya anggap (subyektif) baik.

semoga anda memahami maksud saya dan bersikap lebih bijak untuk memaparkan kutipan-kutipan intelektualitas barat.

salam sejahtera.
 
Last edited:
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

:D:D

Wah sepertinya kita perlu belajar sama Bang Amos ini nih....

dalam sejarah skolastik kristiani, timbulnya perdebatan bahwa Alkitab memiliki banyak kesalahan adalah lahirnya metode kritik teks sebagai metode tafsir.

Apa yg dimaksud dgn sejarah skolastik itu dan siapa (golongan) yg berdebat adanya kesalahan dalam Alkitab itu, dan kesalahan seperti apa yg di maksud, kalau boleh juga di informasikan link atau buku yg membahas tentang itu.

semuanya adalah rangkaian panjang buah renaissance di mana manusia mengambil alih kedudukannya sebagai makhluk tertinggi dalam peranan sejarah manusia, termasuk dalam agama, sehingga teks Alkitab harus tunduk di bawah pemikiran manusia bukan sebaliknya.

kenapa dimulai hanya dari renaissance ?, dimana masa masa awal terbentuknya ke Kristenan dan sejarah terbentuknya Alkitab ? siapa yg berpikiran teks Alkitab harus tunduk dibawah pemikiran manusia ?
Apakah ada saat ini orang Kristen yg berpikiran seperti itu ?

lahir tradisi liberal yang menyatakan bahwa Alkitab bukan Firman Tuhan dan hanya sebuah karya sejarah suci Allah, sehingga keberimanan tidak lagi memerlukan Alkitab sebagai Firman Allah (Meskipun menurut saya ini suatu hal yang baik)

:)):)):))

Kenapa musti repot repot merubah dari Firman Tuhan menjadi karya sejarah suci Allah, kalau memang tidak percaya bilang saja itu cuma novel, beres kan :mad:):mad:)

Mau beriman tapi tidak memerlukan Alkitab ? apa yg dilakukan ?, memandang langit saja ? bukannya beriman salah salah kesurupan setan atau minimal masuk angin dan jadi kerokan >:l

Tapi jangan salah tanggapan juga bahwa orang Kristen beriman pada Alkitab.
Alkitab bisa menjadi salah satu petunjuk bagaimana seorang Kristen dituntun menjadi beriman.

Menurut Abang itu yg baik ? otoritas apa yg Abang punya sehingga bisa menentukan ini baik itu tidak baik ?

namun pada saat yang sama adalah sebuah kemunduran dialog suci antara Kristen Barat dan Islam yang tetap menjaga kesucian Al Quran

Kenapa menggunakan istilah Kristen Barat ? kemana Kristen Timur ? kemana Kristen yg Universal ?

Apa yg dimaksud dgn dialog suci ?

Sepertinya Abang lupa bahwa kitab suci orang Kristen adalah Injil/Bible dan tidak yg lain, masa mau membanding bandingkan dgn kitab yg lain ?

Orang Kristen menghormati kitab suci agama agama yg lain, karena kalau tidak menghormati maka pasti dia bukan orang Kristen, orang Kristen diminta untuk menjalankan hukum Kasih kepada siapapun.

sehingga muncul sebuah perlawanan dari sebuah gerakan Reform yang menegaskan ineransi Alkitab, yakni tiada kebersalahan dalam Alkitab bahkan titik komanya pun tidak sebagai sumber ajaran kitab suci. sebagai informasi buat rekan nizhami (golongan reform ini sama seperti golongan wahabi atau salafi dalam islam).

Perlawanan yg muncul pasti adalah perlawanan untuk melawan ke Kristenan apapun itu istilahnya.

Sayang bahwa dunia intelektualkitas kritis kristen memang lebih terbuka dibandingkan islam sebab memang tiada sangsi fisik, sehingga para teolog liberal tetap meneruskan karyanya hingga yang terhebat adalah demitologisasi gaya bapak Bulltman, yakni membuang segala kemungkinan supranatural menjadi yang lebih masuk akal seperti tiadanya kebangkitan dalam arti fisik, tiada kelahiran perawan, tiada mujizat dan lain-lain. (bisa dilanjutkan ke dalam diskusi panjang tentang pendekatan yesus sejarah dan yesus yang yang diyakini dalam balutan iman pengikutnya)

itulah sebabnya saya menyampaikan sindiran di atas.

tapi ya sudahlah, lagipula toh memang banyak kesalahan seperti yang dianggapkan pada penambahan tersembunyi dalam baik teks (menurut kritiks teks, doktrin tidak prinsip, atau yang prinsippun ya sudahlah), khan manusia memang dijamin dari kehendak bebas yang dimilikinya untuk memiliki pemandangan masing-masing yang adalah sebenarnya sah-sah saja. ya silakan dilanjutkan.

Yah ini cuma sekedar teori saja, otoritas apa yg bisa membuat seseorang beranggapan bahwa teorinya benar ?, semua orang boleh berteori dan beranggapan bahwa teorinya suatu kebenaran dan kalau masa kemudian terasa salah yah tinggal di perbaiki tanpa rasa bersalah apapun, kebenaran hanya ada dalam benak kita sendiri saja.

Dimana kebenaran Allah sendiri yg ABSOLUT ?

jadi seperti saya katakan di atas, bagi saya apa yang anda jelaskan bukan permasalahan. saya tidak beriman karena hal yang sempurna benar saya beriman karena cinta. bagi saya salah atau benar, sempurna atau tidak sempurna, cinta akan membantu saya untuk memahami dengan tulis dan tetap meyakini sesuatu yang saya anggap (subyektif) baik.

Ini pun mesti bisa benar atau bisa salah juga kan ? -> Lah kalau gitu buat apa di simak, kalau salah gimana ?

semoga anda memahami maksud saya dan bersikap lebih bijak untuk memaparkan kutipan-kutipan intelektualitas barat.

Intelektualitas barat ? kenapa hanya yg BARAT apakah intelektualitas Timur tidak masuk hitungan ? Utara, Selatan - Universal ? tidak berarti ?

Saya hanya bertanya.

Salam sejahtera juga
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

To bro Amos...
Salam dalam kasih Kristus..

Sepertinya pemahaman yang anda peroleh dari thread saya diatas sudah diluar konteks yang saya maksud....

Membandingkan Alkitab dan Alquran.. bukan tujuan dari thread ini, dan saya tidak mau memperdebatkan hal ini.. karena Alkitab dan Alquran memiliki metode yang berbeda dalam cara penulisan . Oleh karena itu biarlah kita sesama umat beragama saling menghormati perbedaan yang ada...

untuk Masalah kekristenan atau teologi liberal yang menganggap alkitab bukan Firman Tuhan, bagi saya pandangan mereka malah lebih jauh, karena mereka hanya melihat Alktab sebagai karya atau catatan sejarah ( jadi sy nggak sependapat dgn bro Amos yang mengatakan bahwa teolog liberal melihat alkitab sebagai karya sejarah suci Allah ) mengenai bangsa israel dan kekristenan atau gereja.. tidak lebih ! Demitologisasi Rudolf Bultman yang melihat hal-hal supranatural dalam kaitan iman kristen seperti yang bro amos tulis.. buat saya itu pun hanya pembenaran dari gerakan kekristenan liberal dengan menyandarkan pada filsafat eksistensialisme.. sehingga bultman berusaha memberikan tafsir baru terhadap hal-hal spritual tersebut, agar kekristenan liberal tidak berlari terlalu jauh dari nilai-nilai kekristenan ! tafrsi baru yang seperti apa ? ..yaitu.. bagi bultman hal-hal supranatural yang menyangkut iman kristen dalam hal-hal kebangkitan yesus, kelahiran dari anak perawan, dsbnya...tidak ada yang bisa dibuktikan.. tetapi bisa diterima secara iman.. karena iman tidak harus disandarkan kepada fakta yang dapat dibuktikan !!! [ Sementara Iman kristen menuntut kita untuk percaya terhadap bukti yang tidak pernah kita lihat (Ibrani 11:1), itulah iman yang sejati ].. Oleh karena itu bultman dikenal sebagai pelopor lahirnya gerakan neortodoks..dari kekristena liberal...yang sepertinya benar tetapi tidak ! karena Rudolf Bultman yang merupakan seorang ahli perjanjian baru memiliki pandangan yang memperkecil ajaran nilai-nilai injil sinoptik sebagai catatan historis belaka.. tidak lebih..

Apabila saudara amos hendak mengkaji Yesus secara sejarah atau dengan kata lain melihat yesus dari kacamata Jesuanity.. hal ini tidak juga mengurangi arti dan pesan-pesan tentang pribadi Yesus yang tercermin dalam Christianity...dan saya setuju sama bro amos.. untuk masalah Yesus Sejarah dan Yesus Alkitab atau Jesuanity VS Christianity dalam memandang Yesus dibutuhkan suatu diskusi yang panjang...

Selanjutnya saya pribadi tidak melihat lahirnya tradisi liberal dalam kekristenan dalam mengkaji alkitab sebagai sesuatu yang harus disayangkan atau diperbandingakn dengan umat Islam yang sangat ketat... tetapi sebagai suatu yang positif karena hal yang positif dari tradisi Liberal adalah memberikan wawasan kepada kita orang-orang kristen untuk lepas dari kukungan "Ketidak bersalahan" alkitab sampai ke titik koma, seperti yang diajarkan oleh orang-orang kristen ultra konservatif tetapi yang pada kenyataannya dapat dibuktikan Alkitab juga memiliki "kesalahan - kesalahan " dalam metode penyalinannya termasuk dalam hal titik, koma dan kesalahan dalam penulisan, tetapi walaupun demikian, biar bagaimanapun toh sampai sekarang tidak ada kesalahan, perbedaan atau kontradiksi dalam keselarasan dari isi dan pesan-pesan utama yang disampaikan di dalam Alkitab, yang mana inti dari isi atau pesan tersebut, " ..karena Allah begitu mengasihi manusia sehingga Dia mengorbankan AnakNya yang Tunggal untuk mati di atas kayu salib bagi dosa-dosa manusia, yaitu Yesus.."

inerasi alkitab atau ketidak bersalahan alkitab yang bro amos katakan dari golongan reform.. kalau boleh saya koreksi bukan pada sampai ke titik koma, karena teolog-teolog reform pun menyadari ada kesalahan dalam masalah penyalinan kitab-kitab suci yang menyangkut "titik dan koma" atau perbedaan huruf, tetapi yang dimaksud dengan mereka adalah ketidak bersalahan Alkitab dalam isi dari ilham-ilham yang diterima oleh para penulis Alkitab.. yang semuanya adalah selaras dan konsisten mulai dari kitab kejadian sampai dengan kitab wahyu....

Bro amos menulis, " saya beriman karena cinta.." walaupun itu adalah hak pribadi bro amos sendiri, tetapi kalau beoleh saya menanggapi...harus diperjelas cinta yang mana dan cinta yang seperti apa ? karena semua umat manusia juga mengatakan bahwa mereka penuh dengan cinta kasih...
umat muslim juga mengatakan bahwa mereka adalah umat Islam yang penuh cinta dan mengamalkan cinta kasih.. umat buddha juga berkata ..bahwa mereka juga adalah pengikut budha yang mengajarkan dan membawa cinta..umat hindu juga berkata bahwa mereka adalah umat yang mengabdi kepada cinta...bahkan orang ateis pun mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang melaksanakan cinta..

Buat saya cinta terlalu luas ! bisa positif dan bisa negatif....
saya pribadi saya juga memiliki cinta sama seperti bro amos walaupun definisi cinta saya berbeda dengan apa yang dimaksud oleh bro amos.. bagi saya cinta adalah Krsitus, saya beriman kepada Yesus karena cinta..yaitu cinta yang sejati atau " cinta Agape " dimana saya mencintai Yesus, karena Allah mencintai saya terlebih dahulu.. dengan menyelamatkan saya dari dosa melalui keselamatan dalam kematian Yesus dikayu salib.. dan oleh karena itu cinta harus saya aktualisasikan kepada orang lain, siapapun dia dengan memperlakukan mereka penuh kasih, walaupun mereka benci kepada saya.."

Dengan cinta Agape...kita bisa sabar dan mengasihi mereka yang sering menyerang dan menghujat Yesus, tanpa sindirian ! tetapi dengan hati yang tulus...itulah cinta buat saya...

Demikian penjelasan saya yang panjang lebar...semoga bro amos bisa memahami dan kembali ke konteks yang saya maksud dari thread diatas dan tidak sampai melebar dengan menyindir kepada saudara nizhami yang saya anggap tidak perlu..dengan berlandaskan kepada cinta..

marilah kita terima perbedaan yang ada..bahkan kepada mereka yang memaki maki kita karena perbedaan tersebut ! .. tetap kita harus menghormati dan memperlakukan mereka semua dengan penuh kasih yang berlandaskan cinta ...........................

Tetapi Peace deh Bro dan salam damai sejahtera selalu !!!!

Tuhan Yesus memberkati...

To Bro Nizhami.. thanks atas pengertiannya..dan salam sejahtera juga..
wassalam..!!!
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

memang kalo tulisan bisa ngalor ngidul pembahasannya...sebetulnya gini mas. di Islam kritik yang paling keras terhadap iman kristen salah satunya adalah kredibilitas Al Kitab dan doktrin-doktrin kristen yang banyak dianggap memiliki kesalahan, sehingga ineransi gaya reform (meskipun saya tidak sepaham sekali) memiliki titik perbaikan penting pembentuk kredibilitas baru pasca kritik period lahirnya kritik teks yang sangat deras, untuk mendukung kembali tujuan misi kristen. dan memang kebangkitan reform atau evangelical atau apa saja aliran pasca great awakening di Amerika, ada gerakan misi Kristen yang sangat besar ke seluruh dunia sebagai salah satu bagian sejarah kekeristenn Amerika.

Sehingga ketika and menjelaskan kesalahan apalagi menurut anda sendiri tidak prinsipil (karena menurut saya anda cukup beriman tradisional-konvensional bahkan boleh dikatakan kategori pietis - dalam arti positif) - seharusnya (menurut saya) sedikit kurang bijak.

tapi saya khan ngga bisa menghakimi anda toh saya juga ngga ngerti motif di balik thread tersebut. saya hanya menangkap apa yang saya pahami dan bisa salah. jadi dalam hal ini saya cuman obrolan warung kopi aja.

cinta maksud saya begini rekan alan. bagi saya yesus tuhan, bukan tuhan, ada bukti tiada bukti, baik buruk, apapun, kesadaran saya terhadap dia adalah sama. dia bangkit tidak bangkit, naik ke surga tidak naik, tetap sama. Saya mengambil gaya keyakinan bertuhan sadrakh mesakh abednego, meski tuhannya dapat menolong tidak dapat menolong, dibakar mati atau hidup, dia menyatakan keyakinan yang sama. memang benar rekan alan ini sangat sebuah keyakinan yang sangat pribadi.

rekan gonzo banyak bertanya lebih baik banyak membaca biar ketemu jawabannya he he he.
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

:D:D

di Islam kritik yang paling keras terhadap iman kristen salah satunya adalah kredibilitas Al Kitab dan doktrin-doktrin kristen yang banyak dianggap memiliki kesalahan

Sebetulnya itu adalah problemnya orang Islam, bukan problem orang Kristen.

rekan gonzo banyak bertanya lebih baik banyak membaca biar ketemu jawabannya he he he.

Yg saya ingin tau dari pertanyaan saya itu adalah pandangan Bang Amos ha ha ha ...... bukan jawaban yg benar dari hasil yg sudah saya baca :mad:):mad:)
 
Islam ingin bertanya kepada Nasrani

Halal ato Haram kah babi bagi Anda

begini nih pas lagi jalan-jalan ke forum lain(kaskus) ketemu bagian debat nah disana ada tentang babi gitu,dan rasanya g wajar jika saya menayakan ke forum tersebut ntar malah menjadi debat berkepanjangan karena ada islam juga yang mendebatkan disana.
ini lampiran ayat yang ingin saya tanyakan:

Alkitab terjemahan LAI
[Imamat 11:7] Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak haram itu bagimu.

Alkitab versi terjemahan Bahasa Sehari-hari
[Imamat 11:7] Jangan makan babi. Binatang itu haram, karena walaupun kukunya terbelah, ia tidak memamah biak.

Alkitab versi Terjemahan Lama -1954
[Imamat 11:7] dan lagi babi, karena sungguhpun kukunya terbelah dua, ia itu bersiratan kukunya, tetapi ia tiada memamah biak, maka haramlah ia kepadamu.

Alkitab versi Firman Allah Yang Hidup
[Imamat 11:7] Juga babi, karena walaupun berkuku belah, tidak memamah biak. Kamu dilarang memakan dagingnya ataupun menyentuh bangkainya; karena binatang-binatang itu haram bagimu.

Alkitab versi Today’s Malay Version
[Imamat 11:7] Jangan makan babi. Babi mesti dianggap haram kerana walaupun berkuku belah, tetapi tidak memamah biak.

alasan saya mempertanyakan yaitu berkaitan dengan virus influenza A(flu babi),dimana bertujuan kalo emang ternyata haram juga bagi anda maka boleh donk anda-anda menyarankan kepada pemerintah agar sebaiknya dimusnahkan sementara hewan babi tersebut,tetapi jika teryata halal bagi anda bagaimana anda bersikap agar virus ini tidak masuk kenegara kita.

maaf tidak ada maksud untuk berdebat cuma ingin bertanya

bagi umat muslim tolong jangan jadikan tread ini ajang saling menjatuhkan ato mendebatkan.
 
Bls: Islam ingin bertanya kepada Nasrani

perlu di ketahui bahwa iman kristiani memegang Injil. Yang mana Injil termuat dua strata yaitu PERJANJIAN LAMA (PL) dan PERJANJIAN BARU (PB).
PL merupakan kitab nubuatan sebelum Yesus datang kedunia sedangkan PB merupakan kitab pengajaran tentang keselamatan. Hal ini tak dapat di mengerti oleh umat lain (muslim, dll) karena pijakan iman yang berbeda.
bicara masalah halal-haramnya babi yang termuat di PL itu harus di lihat dari konteksnya, yaitu zaman PL memang diharamkan Babi karena merupakan Simbol kutukan. Ibadah pada zaman PL merupakan Ibadah Simbolik.
Sedangkan pada masa PB jelas Babi tidak di haramkan namun tidak wajib di makan.

sekarang pertanyaannya: mengapa di PL babi haram dan PB babi tidak haram ?

jawabannya adalah: pada masa PL semua tata kehidupan beribadah di atur dalam tata ibadah simbolik. dan setelah Yesus datang kedunia maka tata ibadah simbolik tidak diperlukan lagi karena yang di simbolkan sudah datang yaitu Yesus itu sendiri. dan berlaku tata ibadah hakekat yaitu ibadah hati, roh dan kebenaran..

marilah kita sama2 menghargai perbedaan ini dan janganlah berusaha berdebat. karena iman kristen tentang babi sangat berbeda dgn iman islam. tidak akan ada titik temu..


thread ini saya tutup untuk menghindari SARA dan tidak ada yg perlu lagi kita perdebatkan.
 
Bls: Umur Yesus yang Sebenarnya ketika Disalib ?

angka 40 juga banyak di dalam dunia islam tapi islam g hubungin2 tuh ama umur... mungkin angka keramat kale yee. . .
 
Back
Top