benarkah bencana berasal dari tuhan

Status
Not open for further replies.
Bls: benarkah bencana berasal dari tuhan

ya begitulah... kalo ada hewan gerombolan jalan masuk hutan... ikutin aja tu hewan... karena mau terkjadi bencana
 
Re: Bls: benarkah bencana berasal dari tuhan

BENCANA

Dari Sayidina Ali ra., berkata, telah bersabda Rasulullah SAW.: “Apabila umatku melakukan lima belas perkara ini, pasti mereka akan ditimpa bala bencana. Para sahabat bertanya, ‘Apa sajakah itu wahai Rasulullah?’ beliau menjawab, ‘Yaitu apabila harta rampasan (penghasilan Negara) hanya beredar pada penguasa dan orang-orang besar saja; amanat menjadi rampasan (dirampas atau dikorupsi di tengah jalan); zakat sudah dihutang; suami sudah tunduk patuh pada segala kehendak istrinya; mendurhakai ibunya; bersikap baik kepada teman-temannya; dan mendurhakai ayahnya; hiruk pikuk suara di masjid-masjid; yang menjadi pemimpin suatu kaum yaitu orang yang rendah budi pekertinya; dihormatinya seseorang karena takut kejahatannya; minum-minuman keras sudah dibiasakan; memakai sutra (bagi laki-laki) juga dianggap hal yang biasa; biduanita-biduanita; dan bunyi-bunyian (musik) sudah menjadi kegemaran; umat yang akhir (manusia sekarang) sudah melaknat dan mencaci maki orang-orang dahulu yang shaleh. Maka disaat yang demikian itu, nantikanlah angin yang sangat panas atau gempa bumi dan tanah longsor atau penyakit yang bisa mengubah wajah manusia.’” (HR. Tirmidzi)

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (QS. Ar-Ruum (30): 41)

Jelaslah sudah, bahwa bencana yang terjadi pada masa-masa ini di beberapa tempat termasuk ayat-ayat (tanda-tanda) kekuasaan-Nya sebagai ujian bagi hamba-hamba-Nya. Semua yang terjadi di alam ini, (yakni) berupa Gempa bumi, Tsunami, Lumpur Lapindo, Longsor, Banjir, dan peritiwa lain yang menimbulkan bahaya bagi para hamba serta menimbulkan berbagai macam penderitaan, disebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri karena telah ingkar kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

”Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”. (QS. Asy-Syuura (42): 30)

Oleh karena itu, setiap kejadian didunia ini, baik yang membahagiakan maupun yang menyakitkan kita, sudah ada dalam sekenario Allah SWT. Seorang hamba seharusnya dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian yang terjadi disekitar kita, baik itu berupa Gempa bumi, Tsunami, Lumpur Lapindo, Longsor, Banjir, dll. Memang tidak setiap orang mampu memetik hikmah dari kejadian itu. Tetapi bagi orang yang beriman, itu bukan sesuatu yang tidak mungkin. Karena itu, janganlah menjauh dari Allah, agar hidayah dan taufiq-Nya terus mengalir kepada kita.

Sebagai hamba, kita harus berbaik sangka pada Rabbnya, menunggu karunia dari-Nya, dan mengharapkan kebijaksanaan-Nya, karena siapapun yang berada di bawah otoritas “Kun”, maka harus percaya kepada janji-Nya.

“Katakanlah: ‘Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu’…" (QS. Al Ahzab (33) : 17)

Tak seorang pun yang dapat memberikan kebaikan kecuali Allah. Di dalam setiap jiwa Allah telah menentukan kebijaksanaan, dalam setiap gerakan ada hikmah, dan setiap saat Allah memberikan jalan keluar. Allah SWT yang menjadikan pagi hari setelah malam, yang menurunkan hujan setelah kegersangan, Yang memberi agar disyukuri, Yang menurunkan ujian untuk mengetahui siapa yang bersabar dan siapa yang tidak, Yang memberi kenikmatan hanya karena Allah ingin mendengarkan pujian dari hamba-Nya, dan Yang menurunkan bencana supaya hamba mau berdoa. Ini adalah keharusan agar hamba lebih menguatkan tali hubungan dengan-Nya, dan banyak memohon kepada-Nya.

“…Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku...” (QS. Al-Baqarah (2): 186)

“Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al-Mu’min (40): 60)

Sesungguhnya Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui terhadap semua yang dilaksanakan dan ditetapkan. Sebagaimana juga Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui terhadap semua syari’at dan semua yang diperintahkan. Allah menciptakan tanda-tanda apa saja yang dikehendaki-Nya, dan menetapkannya untuk menakut-nakuti hamba-Nya. Mengingatkan terhadap kewajiban mereka, yang merupakan hak Allah Azza wa Jalla. Mengingatkan mereka dari perbuatan syirik dan melanggar perintah serta melakukan yang dilarang-Nya.
reppu den :D
 
semua kejadian yg ada diaturNYA dan baik adanya.
yang mati, yang selamat.. pun memang harus demikian adanya.
jangan takut, lari, sembunyi... sebelum keterjang bencana teriakkan Allahuakbar 3X kalo sempat! mati2 kemungkinan masuk sorga lebih besar....

- n1 -
so nice! mikiiirrrr
 
semua kejadian yg ada diaturNYA dan baik adanya.
yang mati, yang selamat.. pun memang harus demikian adanya.
jangan takut, lari, sembunyi... sebelum keterjang bencana teriakkan Allahuakbar 3X kalo sempat! mati2 kemungkinan masuk sorga lebih besar....

- n1 -
so nice! mikiiirrrr
mau ngumpet kya apa juga mati mah tetep mati kalo udah di takdirkan buat mati, ada gempa dia lari, selamat, besoknya tau-tau mati kecelakaan, itulah rahasia ilahi
 
Bisa disimpul trid ini..
Nurut aq, memang semua bencana dari TUHAN. bukan bencana saja.. semua kejadian yg pernah ada! ..
Sudah ter plot dalam skenario buatanNYA jauh sebelum manusia ada.
Ternyata TUHAN bisa pula marah dan membuat skenario yg super keji. maka berhati-hatilah! syukur lebih bertawakal meski dlm kekurangan.

- n1 -
ada pendapat lain? masih percaya yg jelek2 dimata manusia(semisal bencana) dibuat setan?
 
ini baru betulll... dasyat.... logikadan dapatdi pertanggung jawabkan... seppp dah... thanks yahh [kyak di ds].,........................................//////.........;
 
kalo gunung ga ngejeblug, kalo gempa ga di laut, kalo meteor gede ga nubruk bumi, kalo bomb ga diaktifkan .. ya semua perantara saja.
Bahkan manusia sudah bisa meramalkan sebelumnya. itupun sudah terplot dikitabnya jayabaya.(dpt nyontek darimana kira2?)
percaya saja sudah diatur dari sononya... emang takdirnya harus gitu!
 
ya tergantung pendapat masing masing sih ..
sbenarnya mungkin kalo bencana ituu ..
kan bumi itu udah tua ,,
trus juga datang dari ulah manusia sendiri ..
 
manusia lahh bisanya berkhayal. apa itu bencana?
gunung ngejeblug.. penyesuaian alam berekosistem. tsunami juga.
kematian dikendaraan,motor dll tembak mampus termasuk. memenuhi takdir perjalanan hidup.
trus yg benar2 bencana yg kayak apa?

- n1 -
diPHK, anak blum bayar spp, istri hamil mau mrocot, rumah sewa/kontrak habis, tabungan diblokir, kepasar mau jual perhiasan dicopet. lapor hansip/kekantor polisi ada foto dinding mirip teroris. dicari! yaa ga dpt duit malah di sel ..
 
kalo saya sie adanya berencana seperti gempa bumi tsunami itu dari ya maha kuasa . itu bertanda teguran kecil dari . mangka umat muslim yg bejar agar sadar
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top