TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain) Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Otomotif > Sepeda Motor
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Rantai/Gir] TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

Artikel ini terdiri dari 4 aspek penting dalam merawat rantai sepeda motor :
Inspeksi, Membersihkan, Melumasi dan Penyetelan.

Awalnya saya mengunjungi pameran dan mendengar penjelasan serta demonstrasi produk PRIMO Autocare khusus perawatan rantai sepeda motor, tadinya saya kira biasa aja seperti produk umum lainnya yang di supermarket juga ada, tapi setelah melihat penjelasan dan demonstrasinya, wah……jadi kepingin nyoba.

Produk PRIMO yang disampaikan ada 3 produk: LUBE-10 = Pembersih Rantai; LUBE WAX= Pelumas dan Wax untuk rantai tetapi yang paling menarik dan diunggulkan adalah yang SLICK WAX untuk Chain Lubricant & Wax, yang memiliki kemampuan tetap di tempat/awet serta pelumasan SUPER LICIN yang membuat super tahan aus.

Menurut Technical Support PRIMO, Wax biasa tidak memiliki kemampuan pelumasan tetapi Wax di SLICK WAX ini sangat unik, memiliki sifat anti-aus dan sekaligus anti-karat. Lebih menariknya, SLICK WAX bisa menurunkan koefisien gesek sampai 70% oleh formula aditif metal treatment NIB (NANO IONIC BOND) yang membuat lapisan baru dimetal yang SUPER LICIN sehingga dijuluki PELUMAS HAMPIR TIDAK AUS.

Melihat bukti melalui demo antara beberapa produk lainnya dengan produk PRIMO, hasilnya boleh diacungkan jempol deh, dimana SLICK WAX bisa menahan beban lebih dari 3x lipat dan tahan aus diprediksi sampai 25x lipat dari produk lainnya melalui alat yang disebut FALEX TEST KEAUSAN.






Nah akhirnya, saya coba ambil beberapa bahan mengenai cara perawatan rantai sepeda motor digabung dengan saran dari Technical PRIMO, jadilah seperti di bawah ini, semoga bermanfaat.

Mengapa rantai sepeda motor harus dirawat ?



Akselerasi/percepatan dan perlambatan meningkatkan ketegangan pada rantai sepeda motor seperti terlihat pada gambar.

Rantai sepeda motor, oli dan ban adalah bagian yang krusial/penting dalam berkendaraan yang aman dan nyaman. Rantai bertindak seperti super hero dalam berkendaraan motor, ia melakukan tugas sulit dalam mentransfer/memindahkan tenaga dari mesin ke penggerak roda dan tanpa inspeksi dan perawatan dapat mengakibatkan kegagalan, kelumpuhan dan bahkan membahayakan nyawa pengendaranya.

Berapa seringkah rantai harus di-inspeksi dan disetel?
Tergantung dari berapa agresifnya Anda berkendara, rantai seharusnya diinspeksi setiap 800 – 1.000 Km atau rata-rata 2 kali sebulan.

Apa yang harus disiapkan saat harus merawat rantai ?
1. Berbagai ukuran kunci-kunci
2. Sikat yang lembut atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai
3. Produk Maintenance, disini kita memakai Produk PRIMO:
1. PEMBERSIH: PRIMO LUBE-10, tidak berbau nyengat, bening bersih dan tidak membuat lengket seperti produk lainnya yang diberi pelumas oli lebih banyak
2. PELUMAS : Ada 2 pilihan produk PRIMO yaitu :
- PRIMO SLICK WAX yang lebih tinggi harganya hampir 2 kali lipat, tapi awet lebih dari 3x dengan teknologi Wax-nya yang unik dan Anti-Geseknya yang bisa buat kecantol.
- PRIMO LUBE WAX yang setelah dicoba sudah lebih baik dari produk biasa yang ada di pasaran yang pernah saya coba.
Kalau boleh saya rekomendasikan, pakai saja PRIMO SLICK WAX yang ada NIB yang buat super licin, toh repotnya membersihkan dan melumasi kan ga sebanding dengan harga SLICK WAX yang 2 kali lipat dengan LUBE WAX atau produk Chain Lube umum di pasaran bukan? Lagian kan asik bisa merasakan rantai berputar dengan berkurang gesekan 70% bukan? Apalagi serbaguna, bisa dipakai lumasi penggerak parabola di rumah, engsel, sambungan pin rolling door, dsb.
4. Pin pasak yang baru (diperlukan jika menyetel tegangan rantai)
5. Kain lap (untuk mengelap bekas kotoran yang meleleh atau di sekitar rantai)
6. Pemukul/palu karet (tambahan, jika perlu)

Bagaimana meng-inspeksi Rantai?



Pakai pengukur mistar (atau secara visual mengukur saja), pegang rantai di bagian tengah di antara sprocket depan dan belakang dan tarik ke atas dan ke bawah dan pastikan rantai bergerak sekitar 1 inchi ke atas maupun waktu ke bawah.
Jika rantai bergerak lebih dari 1 inchi ke atas/ke bawah, maka perlu diketatkan. Dan jika terlalu ketat, longgarkan.

Bagaimana meng-inspeksi rantai sprocket?
Meng-inspeksi sprocket untuk melihat keausan dari dekat; tajamnya gigi akan memberitahukan dengan jelas bagaimana motor tersebut telah dipakai dan dirawat.
Gigi sprocket depan dan belakang adalah indikator yang baik benar tidaknya rantai tersebut disetel atau dirawat. Meng-inspeksi gigi-gigi rantai untuk memastikan apakah saling bertautan satu sama lainnya dengan rantai dengan posisi yang benar. Jika bagian gigi terjadi keausan, kemungkinan besar gigi tidak duduk benar terhadap rantai, jika kondisinya sudah tajam sekali, artinya siap-siap rogoh kocek untuk ganti sprocket yang baru.

Membersihkan rantai dengan PRIMO LUBE-10



Pastikan memakai pembersih yang sesuai untuk o-ring, dan putarlah roda sewaktu menyemprotkan cairan pembersih pada rantai dan sprocket. Bantu dengan penguasan untuk membersihkan kotoran yang bandel.

Walaupun rantai perlu atau tidak perlu disetel, pastikan rantai Anda senantiasa bersih dan terlumasi dengan baik. Pembersihan adalah untuk menghindarkan kotoran menjadi keras dan menggerus logam sehingga aus.

Kebanyakan rantai modern adalah type o-ring dimana memakai komponen karet dan sensitif terhadap solvent tertentu, pilihlah pembersih yang tepat seperti PRIMO LUBE-10.

Melumasi Rantai dengan produk : PRIMO SLICK WAX atau LUBE WAX



Memakai pelumas yang baik dan benar akan memperpanjang usia rantai secara signifikan
Putar perlahan roda sewaktu menyemprotkan dengan tepat lapisan tipis pelumas pada rantai yang akan meneruskannya pada gigi sprocket. Pastikan semua bagian dilumasi dengan sempurna.
Catatan : Dari hasil uji coba, dibuktikan PRIMO SLICKWAX memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa
dalam ketahanan terhadap keausan serta ketahanan terhadap karat pun 3 kali jauh lebih awet.

Bersihkan kotoran atau cairan pelumas yang berlebihan/berlepotan.



Lap dengan kain cairan yang belepotan sehingga rantai dan badan kendaraan terlihat bersih dan enak dipandang. Pastikan semua gigi sprocket dan sambungan rantai bersih.

Menyetel Tegangan Rantai (Hanya Jika Perlu)



Tegangan rantai umumnya ditentukan oleh jarak antara sprocket depan dan belakang dan kebanyakan sepeda motor memiliki angka/ tanda indeks untuk membantu pengaturannya.

Sepeda motor mempunyai perbedaan mekanisme penyesuaian rantai dan umumnya, as roda belakang dan roda diputar-putar kedepan dan kebelakang untuk menyetel tegangan rantai.

Jika tegangan rantai sudah di set benar, maka seharusnya rantai dapat digerakkan ke atas dan ke
bawah dengan jarak diantara 0,75 sampai dengan 1 inchi untuk mengukur tanda kelonggaran rantai yang pas.

Mengetatkan As Roda Belakang



Ketika menggerakkan as roda belakang, pastikan bahwa kedua sisi sudah sejajar/segaris sempurna sebelum diketatkan, jika tidak dapat menyebabkan keausan baik pada rantai maupun sprocket. Secara merata ketatkan baut as roda dan sebaiknya ganti pasak pin dengan yang baru.


Thanks buat para Bikers dan principal PRIMO yang telah memberi masukan berharga bagaimana merawat rantai sepeda motor. Mohon maaf apabila ulasan tersebut kurang berkenan atau masih jauh dari sempurna.

Yang ingin tahu lebih lanjut tentang produk PRIMO, silahkan kunjungi saja websitenya:
http://chain.jcprimo.com/

Untuk mempermudah anda memperoleh produk PRIMO tersebut, maka dibawah saya sertakan outlet-outlet dimana produk PRIMO dijual. Kabarnya harga LUBE-10 dikisaran 25 ribuan s/d 33 ribuan. Sedangkan LUBE WAX dikisaran 22 s/d 25 ribuan dan SLICK WAX dikisaran 50 s/d 55 ribuan



__________________________________________________ _________________
ALAMAT OUTLET – OTLET YANG MENJUAL PRODUK PRIMO :

MITRA 10
Bintaro: Jl. Pondok Betung Raya Ex Gedung Ramayana Pondok Aren Bintaro Jakarta Selatan Cibubur: Jl. Raya Alternatif Cibubur - Cileungsi Km. 4 Rt 03/01Kav 88, Cibubur Daan Mogot: Jl. Tampak Siring Raya Perum Daan Mogot Baru KM 16 Blok KK No.1, Jakarta BaratPercetakan Negara: JL. Percetakan Negara Raya No.36C, Komplek Rawasari Mas, Jakarta Pusat

RUMAH KITA
SCBD Sudirman: Electronic City SCBD, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53 Kelapa Gading: Mal Kelapa Gading 2 Lt. 2 Unit 23-25, Jl Boulevard Kelapa Gading Blok MMal Ciputra: Mal Ciputra, Lt IV No. A1, Jl. S. Parman, Grogol, Jakarta Barat
Bintaro: Bintaro Plaza Lt. 2, Jl. Bintaro Utama III, Bintaro Jaya, Tangerang
Bekasi: Lt. 1 Bekasi Cyber Park, Jl. K.H. Noer Ali No. 177

DEPO BANGUNAN
Serpong: Jl. Raya Serpong KM 2 Pakuloan Serpong 15325, Tangerang
Kalimalang: Jl. Raya Tarum Barat No. 46, Kalimalang, Jakarta Timur 13440

HOME CIENTRO
Mall MGK Kemayoran Lt. II
Jl. Angkasa Kav B6, Kotabaru, Bandar Kemayoran – Jakarta Pusat

HOME CENTER
Bekasi: Bekasi Trade Center Lt. 2
Cikarang: Lippo Mall Cikarang Lt 3
Cinere: Mall Cinere Lantai 2

BJ HYPERMART BANGUNAN
Serpong: Jl. Pahlawan Seribu No. 17 BSD City Golden Boulevard Sektor VI. I , Tangerang

HOME BUILDERS CENTRE
Kelapa Gading: Jl. Boulevard Raya Blok L /3 Jakarta Utara.
Panglima Polim: Jl. Panglima Polim Raya No. 80, Jakarta Selatan
Cinere: Jl. Raya Cinere No. 10, Cinere Depok
Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur No. 100, Cibubur
Pamulang: Jl. Siliwangi Raya No. 34, Pondok Benda, Tangerang
Klender: Jl. Pahlawan Revolusi No. 19 Jakarta Timur

SUPERHOME
Bekasi (Mega Bekasi): Jl. A. Yani No. 1Mega Bekasi Hypermart Lt. 1 No. 306
Bekasi (Bekasi Square): Bekasi Square LG BIG Ten Ant B Jl, Jend A Yani, Pekayon
Cibubur: Cibubur Junction Lt LG No. 3 Jl. Jambore No. 1, Cibubur, Jakarta Timur
Bandung: Jl. Paris Van Java, Lt UG No. A 28, Jl. Sukajadi 137-139, Sukajadi
Bogor : Botani Square Lt Lower Ground No. 8, Tegal Lega
Solo: Jl. Slamet Riyadi No. 451-455 Lt 1 No. 4

KITCHEN HOUSE (DAPUR KITA)
Kemang: Jl. Kemang Raya No. 95 E, Jakarta Selatan
Kelapa Gading: Jl. Boulevard Raya FX 1/20, Jakarta Utara


TOKO OLI & BENGKEL

Jakarta Selatan
RAINBOW: Jl. Kesehatan Raya no. 28, Bintaro
LESTARI MOTOR: Jl. RC. Vetetran No. 7, Bintaro
RAJAWALI: Jl. Radio Dalam Raya No. 34
PLATINUM AUTO COUTURE: Jl. Radio Dalam Raya No. 5 - 7
MADY JAYA MOTOR: Jl. Radio Dalam Raya No. 99 A-B, Kebayoran Baru
PANCARAN ANEKA MOTOR: Jl. Ciputat Raya No. 28-30A, Kebayoran Lama

Jakarta Utara
TODA RACING: Jl. Boulevard Raya Blok PD1/2, Kelapa Gading Permai
ROSELLA GALERY: Jl. Pluit Utara Raya No. 75
GADING GRIYA LESTARI: Jl. Raya Gading Griya Lestari Blok C21/16, Sukapura
ABADI MOTOR: Jl. Muara Karang Blok A 3 U No. 151
CAHAYA P MOTOR: Jl. Muara Karang No. 10
USAHA KIMIA: HWI Lindeteves Lt Dasar
SINAR BINTANG BEARING: LTC (Lindeteves Trade Center) G Floor I Blok C 31 No. 8

Jakarta Barat
MERDEKA MOTOR (GLOBAL): Jl. Kemangisan Utama Raya No. 66
AA MOTOR: Jl. Srengseng Raya No. 20
RELIEF JAYA MOTOR: Jl. Raya Joglo No. 2, Kembangan
AUTO LUBE OIL & CAR ACCESSORIES: Jl. Panjang No. 4 Arteri Kedoya
AT MOTOR SPORT: Jl. Panjang Kompleks Ruko Green Garden Blok A7 No. 62
JP RACING: Jl. Panjang Arteri Kedoya Raya No. 4 A
BATU SARI JAYA: Jl Meruya Ilir No. 39, Kebon Jeruk
SALMA MOTOR: Jl Raya Meruya Selatan No. 5A, Kebon Jeruk
REJEKI MOTOR: Jl. Palmerah Utara No. 81
OTO MOTOR: Automatic car Wash M3, Jl. Panjang Blok X 37
SEKAWAN MOTOR: Jl. Ciputat Raya No.19
TERMULIA MOTOR: Jl. Joglo Raya No. 25
FRC: Jl. Arteri Kedoya
KARTIKA MOTOR: Jl. Peta Selatan Blok A No. 3 Pertokoan Kalideres Indah I
DWI KARYA MOTOR: Jl. Peta Barat No. 65 C, Kalideres
DUA SAHABAT: Jl. Bambu Larangan No. 15A, Cengkareng
GRIYA MOTOR: Jl. Kincir Raya, Cengkareng Timur
MATA MOTOR (PALEM): Mutiara Taman Palem C10/2 Jl. Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng
PANDAWA MOTOR: Jl Peta Barat No. 72, Cengkareng

Tangerang
BETAWI BAN: Jl. Raya Iman No. 31, Karawaci
KEVAN MOTOR: Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong
CIPONDOH JAYA MANDIRI: Jl. KH Ashari No.136, Cipondoh
SABANG MOTOR: Jl. Raya Iman No. 84, Karawaci
MATA MOTOR (DADAP): Jl. Perancis Raya No. 88B, Dadap

Jakarta Timur
PODOMORO SENTRA SERVICE & CELL: Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 20 Nuaran 1, Klender
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

ne info ap jualan ya>???? modnya mn ne??
PerFect_29
National Level

Post: 1.423
 
Reputasi: 6

__________________
BAGI YANG IJO - IJO KAYA CENDOL TU NA :blink::blink:





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

info yang bagus bro...
doni_cool
Continent Level

Post: 2.691
 
Reputasi: 58

__________________
cool boy






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

BRO...
selain rantai yang harus kita rawat...agar nyaman saat berkendara..ada baiknya ban juga harus dipelihara...iya gak bro??
nah ,agar nyaman diperjalanan, isi ban dalam bro semua pake TIREGUARD, yaitu cairan anti ban bocor yang melindungi ban motor anda dari dalam.
apabila ban terkena paku saat melintas dijalanan, tidak usah khwatir lagi
cabut aja pakunya..dan jalan lagi deeeh...
dijamin tidakakan nambal banselama setahun*
berminat hub ane:
088 1234 3817 or 021-32287072
harga dijamin murah....
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

hiya iklan lg,..
PerFect_29
National Level

Post: 1.423
 
Reputasi: 6

__________________
BAGI YANG IJO - IJO KAYA CENDOL TU NA :blink::blink:





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

wah bner tu tips yg mantap!lengkap bnget!!!
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

terima kasih bro atas tips nya
spiderman
City Level

Post: 223
 
Reputasi: 11






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: TIPS : Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor (MotorCycle Chain)

rame-rame rawat motor
Kijokobodong
Village Level

Post: 97
 
Reputasi: 1

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Merawat Rantai Roda Sepeda Motor mcndol Sepeda Motor 6
Tips & Trik Merawat Mesin Sepeda Motor andy_baex Sepeda Motor 3
Tips and Trik Merawat Mesin Sepeda Motor nurcahyo Sepeda Motor 0
Tips and Trik Merawat Mesin Sepeda Motor nurcahyo Mobil 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.