Ketidak-adilan Atas Dasar Gender
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

KETIDAK-ADILAN ATAS DASAR GENDER :Ketidakadilan gender merupakan bentuk perbedaan perlakuan berdasarkan gender, seperti pembatasan peran, dan penindasan terhadap hak-haknya.
Bentuk-bentuknya adalah sebagai berikut :

Marginalisasi (peminggiran) : Peminggiran terjadi dengan adanya asumsi perempuan lebih tidak mampu melakukan pekerjaan formal dibanding laki-laki.

Subordinasi (penomorduaan): Perempuan dianggap lemah, tidak mampu memimpin, cengeng dan lain sebagainya, mengakibatkan perempuan ditempatkan menjadi nomor dua setelah laki-laki

Stereotip (citra buruk) : Pandangan buruk terhadap perempuan. Misalnya perempuan yang pulang larut malam adalah pelacur, jalang dan berbagai sebutan buruk lainnya. Anehnya perlakuan ini juga dilakukan oleh sebagian besar kaum perempuan terhadap kaumnya sendiri.

Violence (kekerasan), yaitu serangan fisik dan psikis. Perempuan adalah pihak paling rentan mengalami kekerasan. Perkosaan, pelecehan seksual atau perampokan contoh kekerasan paling banyak dialami perempuan.
Sebagian perempuan juga mempunyai beban kerja berlebihan, yaitu tugas dan tanggung jawab perempuan yang berat dan terus menerus. Misalnya, seorang perempuan selain melayani suami, hamil, melahirkan, menyusui, juga harus menjaga rumah, dan mengurus anak-anak. Disamping itu, kadang ia juga ikut mencari nafkah.

Huuuuuuhhh….miris juga c…sebagai perempuan, saya merasa ga trima nih di jaman emansipasi wanita sekarang ini masih aja ada diskriminasi gender pada wanita, pelecehan dan kekerasan2 terhadap wanita juga anggapan2 miring orang lain yang sok tahu terhadap sosok perempuan.............AYO HAPUSKAAAAAAAAAANNNNN!!!!



**********.. wahai para pembaca......
bintangnya....bintangnya....bintangnya...kasih donk....wikiki..************
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________

Recent Blog: I'm Allive   
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

kadang cewek itu sendiri yang memancing kita untuk merendahkan seseorang tersebut
gue juga sering menganggap cewe yang ber-geng itu lemah karena setau gue, temen2 gue yang nge-geng itu cewek2 yang cuma bisa ikut2an aja

gue lebih menghargai cewek pintar dan enggak banyak omong
satyanagarabhakti
satyanagarabhakti satyanagarabhakti is offline
National Level

Post: 1.639
 
Reputasi: 2

__________________
cutest bachelor

When you hurt
Would you turn the other cheek????


:nyetirmarah:





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

ya klo gitu jangan terpancing bwt ngrendahin dunk....bukan berarti ga suka ma tingkah laku seseorang maka bisa dengan bebasnya berlaku ekstrim seperti hal2 di atas kan......
masalah cewek ber-geng yg kmu bilang suka2 ikut2n kan karna tu figure dari teman2 kmu.....tapi cew-geng lain belum tentu smua gitu dunk boy...
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________

Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
[font="Courier New"][

Marginalisasi (peminggiran) : Peminggiran terjadi dengan adanya asumsi perempuan lebih tidak mampu melakukan pekerjaan formal dibanding laki-laki.
demikian juga dengan stigmatisasi.. he.he. kadang kan elo juga suka ngerasa gini kan.. == iih.. ini cowok cowok pada kemana sih.. masak cewek yang ngerjain ginian sih...? hwakakaka... kok yang kayak gini gak dibahas..??

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
Subordinasi (penomorduaan): Perempuan dianggap lemah, tidak mampu memimpin, cengeng dan lain sebagainya, mengakibatkan perempuan ditempatkan menjadi nomor dua setelah laki-laki
faktanya.. wanita cenderung labil jika harus mengambil keputusan keputusan strategis dan vital...
wanita cenderung menggunakan pertimbangan perasaan yang kadang kadang absurd dibandingkan dengan pertimbangan rasio yang obyektif dan terukur

kok fakta fakta seperti ini tidak dimunculkan dalam setiap pembahasan tentang emansipasi..?




Kutip:
Oleh resi_dj View Post
Stereotip (citra buruk) : Pandangan buruk terhadap perempuan. Misalnya perempuan yang pulang larut malam adalah pelacur, jalang dan berbagai sebutan buruk lainnya. Anehnya perlakuan ini juga dilakukan oleh sebagian besar kaum perempuan terhadap kaumnya sendiri.
begitu juga dengan stereotip yang mengatakan bahwa pasti kaum pria menganggap bahwa kaum wanita berada dalam posisi subordinat.. pria cenderung memperlakukan wanita semaunya.. dsb dsb
he.he. padahal nggak kali..

itu juga stereotip kan..??

soo... bintang hanya akan gue berikan kalo elo udah bener bener paham apa itu emansipasi....
berani belajar..??
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Kutip:
Oleh popoi View Post
demikian juga dengan stigmatisasi.. he.he. kadang kan elo juga suka ngerasa gini kan.. == iih.. ini cowok cowok pada kemana sih.. masak cewek yang ngerjain ginian sih...? hwakakaka... kok yang kayak gini gak dibahas..??
yups ga muna emang iya lah...btw yg aq bold itu salah satu bentuk emansipasi wanita ni hehe...eh lbh tepatnya .. proses pembelajaranku menuju emansipasi wanita

Kutip:
Oleh popoi View Post
faktanya.. wanita cenderung labil jika harus mengambil keputusan keputusan strategis dan vital...
wanita cenderung menggunakan pertimbangan perasaan yang kadang kadang absurd dibandingkan dengan pertimbangan rasio yang obyektif dan terukur
kok fakta fakta seperti ini tidak dimunculkan dalam setiap pembahasan tentang emansipasi..?
yup memang bener,tapi ga tw juga yak bozz..di sekitar aq..selalu ada aja suatu kondisi yg menyebabkan/ mengharuskan q untuk menjadi pemimpin...mungkin dengan rasa keharusan, tidak ada pilihan lain, so menyebabkan q untuk bisa berpikir rasio dan mengabaikan perasaan... n sejauh ni lancar jaya aj...dengan yg pertama dari rasa keharusan n ga da pilian lain...lama2 aq bisa enjoy jg bila sedang berperan menjadi leader...
ya yg q alami c gitu....n aq yakin ga sedikit jg wanita yg bisa berpikir rasio shg mau menjadi leader dg segala konsekuensi n penuh tanggung jawab.
intinya...klo wanita memang ingin dianggap mampu...ya buktikan


Kutip:
Oleh popoi View Post
begitu juga dengan stereotip yang mengatakan bahwa pasti kaum pria menganggap bahwa kaum wanita berada dalam posisi subordinat.. pria cenderung memperlakukan wanita semaunya.. dsb dsb
he.he. padahal nggak kali..

itu juga stereotip kan..??
klo stereotip sih berlaku buat semuanya...hanya ingin mengajak.. don't look everything with just the cover, karna apapun yg dilakukan orang lain pasti beralasan dan mempunyai dasar, sekalipun yg terlihat, terdengar jelek di mata kita, belum tentu jelek dimata- Nya

Kutip:
Oleh popoi View Post
soo... bintang hanya akan gue berikan kalo elo udah bener bener paham apa itu emansipasi....
hehehe...dibilang paham ato ga??!! maybe mang belum...aq hanya mengerti, mengetahui isi/ pengertian /penerapan dari masing2 istilah di atas...karena mang dekat banget dg kehidupanq selama ini...klo istilah asingnya...ya baru2 itu

Kutip:
Oleh popoi View Post
berani belajar..??
wow...PASTI, bukannya pengen disebut sbg peng-emansipasi, wanita hebat atau sejenisnya.....tapi semata - mata sebagai aktualisasi diri dengan memanfaatkan semua hal yg dah dianugerahkan Tuhan padaku...klo ga dimanfaatkan, sayang kan

wahh tengkyu bwanget mr.pop....klo da tambahan2 aq ga nolak loh klo dibagii.... hehe
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________

Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Gender itu beda dengan emansipasi bu.... Gender itu pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan, jadi jika didalam pembagian kerja tadi bisa saja laki-laki yang merasa ketidakadilan dan bisa juga sebaliknya. So jika kedua belah pihak merasa tidak ada merasa hak dan kewajibannya nya terganggu ya nggak ada masalah.
boedak_kampoeng boedak_kampoeng is offline
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

???? ??? ?? ?
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

!!! !!! !! !

gender = pembagian kerja ?
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Kutip:
Oleh boedak_kampoeng View Post
Gender itu beda dengan emansipasi bu.... Gender itu pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan, jadi jika didalam pembagian kerja tadi bisa saja laki-laki yang merasa ketidakadilan dan bisa juga sebaliknya. So jika kedua belah pihak merasa tidak ada merasa hak dan kewajibannya nya terganggu ya nggak ada masalah.
setau gw gender itu jenis kelamin deh..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

oiiiiiii.. semuanyaaaaaaaa...
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.