Ketidak-adilan Atas Dasar Gender
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

lebih ???? ??? ?? ? lagi....
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   
       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Kutip:
Marginalisasi (peminggiran) : Peminggiran terjadi dengan adanya asumsi perempuan lebih tidak mampu melakukan pekerjaan formal dibanding laki-laki.
itukan hanya asumsi.. kwkwkwkw..

Dalam kenyataannya, dah banyak kok perempuan2 hebat yang mampu melakukan pekerjaan formal layaknya seorang laki-laki..

Perempuan bisa menduduki jabatan Manager, Direktur atau bahkan Presiden di Negara kita...

Antara laki-laki dan Wanita memiliki tanggung jawab masing-masing dalam kehidupan keluarganya.. terutama... tak ada halangan bagi seorang perempuan untuk bekerja di sebuah perusahaan dengan jabatan setinggi-tingginya.. selama ia masih bisa memegang peranan dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga di dalam keluarganya..

sisanya nyusul ah..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #13   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Kutip:
Oleh boedak_kampoeng View Post
Gender itu beda dengan emansipasi bu.... Gender itu pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan, jadi jika didalam pembagian kerja tadi bisa saja laki-laki yang merasa ketidakadilan dan bisa juga sebaliknya. So jika kedua belah pihak merasa tidak ada merasa hak dan kewajibannya nya terganggu ya nggak ada masalah.
makasih komennya...nah yang bilang gender= emansipasi siapa den??
hmm gender= pembagian kerja? gimana nih jelasnya?

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
setau gw gender itu jenis kelamin deh..
bukan..gender ga bisa diartikan jenis kelamin..jenis kelamin itu seks.

gender, setelah aku buka- buka dan baca....dapat suatu pengertian nih,

bahwa gender adalah sifat yang melekat pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial dan kultural dengan akibat terjadinya perbedaan fungsi, peran dan tanggung jawab pada kedua jenis kelamin. Perbedaan ini merupakan konstruksi masyarakat sehingga sifatnya bisa berubah dan tidak sama.

sedangkan seks adalah perbedaan jenis kelamin yang ditentukan secara biologis. Perbedaan ini merupakan kodrat atau ketentuan Tuhan sehingga sifatnya permanen dan universal.


Kutip:
Oleh Redbastard View Post
itukan hanya asumsi.. kwkwkwkw..

Dalam kenyataannya, dah banyak kok perempuan2 hebat yang mampu melakukan pekerjaan formal layaknya seorang laki-laki..

Perempuan bisa menduduki jabatan Manager, Direktur atau bahkan Presiden di Negara kita...

Antara laki-laki dan Wanita memiliki tanggung jawab masing-masing dalam kehidupan keluarganya.. terutama... tak ada halangan bagi seorang perempuan untuk bekerja di sebuah perusahaan dengan jabatan setinggi-tingginya.. selama ia masih bisa memegang peranan dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga di dalam keluarganya..

sisanya nyusul ah..
iyah benar, seperti juga keterangan pengertian gender yang aku tulis sebelumnya, "Perbedaan ini merupakan konstruksi masyarakat sehingga sifatnya bisa berubah dan tidak sama."
mengacu dari kalimat itu...memang sudah banyak perempuan- perempuan yang bisa menduduki jabatan setara dengan pria bahkan lebih,,tetapi nggak sedikit juga kan yang masih mempermasalahkan gendernya.
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

Jadi sebenarnya yang aku maksudkan di sini adalah,,,kenapa harus mempermasalahkan gender??
Bukankah sebenarnya gender nggak perlu dipermasalahkan jika hal itu tidak menimbulkan diskriminasi dan ketidak adilan gender terhadap salah satu jenis kelamin manusia.

Akan lebih mantab rasanya jika benar- benar diterapkan kesetaraan gender.
Dalam artian,
kesetaraan gender (Gender Equality) adalah kesetaraan kondisi dan status antara laki-laki dan perempuan bahwa semua makhluk baik laki-laki maupun perempuan bebas untuk membangun kemampuan pribadinya dan didalam membuat keputusan tanpa dibatasi oleh pandangan stereotipe, peran gender yang kaku dan prejudice.
Bahwa perbedaan perilaku, aspirasi-aspirasi (harapan), dan kebutuhan laki-laki dan perempuan dijadikan sebagai pertimbangan, dihargai dan diperlakukan setara.
Dan nggak berarti bahwa perempuan dan laki-laki harus menjadi sama, tetapi dalam hak-hak, tanggung jawab, dan kesempatan mereka tidak akan tergantung apakah karena dia lahir sebagai laki-laki atau perempuan.

Equality (yang dimaksud dan diharapkan) menyangkut kesetaraan peluang dan kesempatan:
* dalam sumber daya
* dalam partisipasi dalam membuat suatu keputusan
* dalam akses dan kontrol terhadap sumber daya dan keuntungan
* dalam pengakuan


gitu sih maksud aku,,,,bagi tambahan penjelasannya ya bagi yang tahu

@ om pop: tambahi penjelasannya om.....biar sekalian ngerti gitu
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #15   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

yang jelas antara pria dan wanita tahu pekerjaan masing2x...semua punya hak yang sama...yang jelas mampu ....dan punya skilll
hendriantorsi
hendriantorsi hendriantorsi is offline
National Level

Post: 884
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #16   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

hmmmmmmmm,,,,,
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #17   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

sebenernya yang mempersalahkan gender siapa ya??
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #18   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

To all: Salam... aku di sini baru (baru banget, Grezz) tapi pengen gabung di topik ini..

Kutip:
Oleh popoi View Post
demikian juga dengan stigmatisasi.. he.he. kadang kan elo juga suka ngerasa gini kan.. == iih.. ini cowok cowok pada kemana sih.. masak cewek yang ngerjain ginian sih...? hwakakaka... kok yang kayak gini gak dibahas..??
@popoi: itu pernyataan subyektif banget... gak semua perempuan juga punya keluhan2 kaya gitu kok? justifikasi sepihak gitu gak valid.. (kebetulan aja si neng emang tipe cwe begitu, tapi kan gak semua) sebaliknya, emang gak semua laki2 juga melakukan subordinasi ato marginalisasi ke perempuan, tapi ya kita liat realita aja lah... klo kita dah bisa makan enak, bukan berarti kita gak usah teriak membela hak orang miskin kan?


Kutip:
Oleh popoi View Post
faktanya.. wanita cenderung labil jika harus mengambil keputusan keputusan strategis dan vital...
wanita cenderung menggunakan pertimbangan perasaan yang kadang kadang absurd dibandingkan dengan pertimbangan rasio yang obyektif dan terukur

kok fakta fakta seperti ini tidak dimunculkan dalam setiap pembahasan tentang emansipasi..?
@ popoi: wow.... pernyataan itu sama sekali gak bisa dibuktikan secara ilmiah, sekalipun ada perempuan yg lebih menggunakan perasaannya dibanding logikanya, itu bukan terjadi secara alamiah atau genetik. laki2 pun bisa begitu, aku menemukan banyak laki2 yg tidak lebih logis dari ku. jadi itu bukan kenyataan ilmiah, pasti ada sebab2 nya, tdk mutlak. jadi argumen semacam itu, jgn divalidkan dlm forum



Kutip:
Oleh popoi View Post
begitu juga dengan stereotip yang mengatakan bahwa pasti kaum pria menganggap bahwa kaum wanita berada dalam posisi subordinat.. pria cenderung memperlakukan wanita semaunya.. dsb dsb
he.he. padahal nggak kali..

itu juga stereotip kan..??
@popoi: justru stereotip2 yg tidak adil (baik thd perempuan maupun laki2) itulah yg harus diberantas spy jadi netral, bukan dibuat senjata saling serang..

intinya, kita harus menolak pembagian2 peran dan pembatasan2 hak serta stereotip2 yg merugikan itu jika dianggap sbg hal yang alamiah. jadi, misalnya ada kalimat "masak ya tugasnya perempuanlah.." itu yg harus diluruskan sebab itu tidak berdasar pada kodrat, baik perempuan maupun laki2 bisa aja masak kan?
tapi klo ada kalimat "hamil dan melahirkan itu ya tugasnya perempuanlah" nah, itu emang bener, itupun gak perlu dibantai, karena itu kodrati, tidak mengandung unsur pembedaan gender. itu juga bedanya gender dan jenis kelamin. gender itu ada akibat bentukan masyarakat, jadi bisa dipertukarkan, bisa durubah. sedangkan jenis kelamin tidak...

Buat semuanya, mungkin link ini bisa sangat membantu, bagi yg mau belajar ttg gender, termasuk popoi juga, jangan gampang nantang orang padahal kamu sendiri juga masih harus banyak belajar... http://arihaz99.wordpress.com/2010/0...jenis-kelamin/


tentang emansipasi, yang aku tau... emansipasi itu kan artinya pembebasan. emansipasi itu gak mesti berhubungan ma perempuan aja. ada emansipasi pekerja/buruh, ada emansipasi manusia, dll. intinya adalah pembebasan diri. emang berbeda sich antara emansipasi perempuan dna isu kesetaraan gender, tapi kan nyambung banget.. pendidikan gender dibutuhkan setiap orang, disadari maupun tidak.
arihaz99 arihaz99 is offline
Village Level

Post: 27
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #19   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

hehehehe.. baik lah ndoro putri.. xixixi

becanda.. becanda..
hehehe.. kalo elo ngelihat pernyataan pernyataan gue diatas dengan kacamata yang justru sudah bebas dari bias gender..
elo pasti bisa ngerti deh...

hahaha, soalnya.. inti dari pernyataan gue diatas tuh hanya bahwa ada beberapa aspek yang tidak dibicarakan dalam setiap pembahasan mengenai gender...
ya misalnya stigmatisasi dan penstereotipan diatas.. itu hanya salah satu contoh aja..

ya kebetulan aja yang gue ambil memang yang rada ekstrim ya memang sengaja.. biar eye catching bagi para pejuang gender... xixixixi

and. mengenai gue masih harus banyak belajar.. you're soooo correct.. bener banget.. and please.. guide me... show me how wonderful this gender subject is...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #20   Report Post  

Bls: Ketidak-adilan Atas Dasar Gender

wekkekeke.. intinya mah cewek ma cowok beda.. :P
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.