Membuat Ultimate Boot DVD - Multi Installer WinXP+Vista+Acronis AIO

venantius

New member
Satu lagi...

Tutorial Emas dari The Master...



" Menjadi master tanpa mantra"





Multi Installer WinXP+Vista+Acronis AIO dalam sekeping DVD.

Sebelumnya mungkin bro & sis udah tahu yg namanya Ultimate Boot CD (a.k.a UBCD), yaitu sebuah bootable cd yg berisi macam-macam tools penting yg pada umumnya dipakai sebagai emergency saat OS tidak lagi dapat diakses karena virus atau kerusakan lainnya. Juga digunakan untuk manager hdd, diagnosa hardware, virus scanning, dsb. Sama juga seperti Hiren's Boot CD.

Utility semacam UBCD atau Hiren's Boot CD itu memiliki tampilan menu yg text based, yg pada umumnya dibuat dengan aplikasi CDShell. Info lengkap mengenai CD Shell dan link untuk mendownloadnya dapat diakses dari sini :

http://www.cdshell.org/

Sekarang kita akan mencoba membuat sebuah Ultimate Boot DVD, dengan tampilan menu GUI yg bisa difungsikan dengan mouse ataupun keyboard. Ultimate Boot DVD ini berisi aplikasi :
  • Acronis All In One, yaitu tools partisi, manager, recovery dan repair hdd.
  • Windows XP Installer
  • Windows Vista
Memang, aplikasinya tidak banyak seperti Hiren's atau UBCD, tetapi gw rasa cukup mendukung untuk persiapan untuk menginstall OS dari tahap yg paling awal di sebuah PC baru atau untuk keadaan darurat merecovery data, saat OS tidak bisa diakses.

Persiapan :

1. Menu Template

Disini gw udah bikin template-nya sebagai "bahan dasar", supaya pengerjaannya lebih mudah, selain itu supaya mencegah pertanyaan-pertanyaan sulit yg mungkin gw gak bisa jawab
icon10.gif
karena gw pun masih belajar.

Alasan lainnya :
Lebih flexible,
user bebas memilih sesuai selera, jenis OS Windows XP yg akan diintegrasikan ke dalam DVD ini, karena tentu kita tahu banyak macam-macam Windows XP yg bertebaran disini seperti Windows XP Gamers Edition, Windows XP bla.. bla.. Edition. Begitu pula dengan Vista.
Hemat waktu dan efisien,
karena bandwidth upload gw yang ultra minim
onion-40.gif
maka dibutuhkan waktu berhari-hari atau mungkin berminggu-minggu jika gw upload .iso yg tinggal pakai (~ 4GB). Juga akan percuma jika OS Windows yg gw integrasikan tidak sesuai selera masing-masing.
2. ISO Editor

.iso editor ini diperlukan untuk mengedit template yg gw bikin tadi, rekomendasi gw adalah Ultra ISO. Memang banyak aplikasi .iso editor lainnya seperti WinISO atau MagicISO, tetapi gw gak merekomendasikan.


3. CD atau source installer Windows XP dan Vista (versi apa saja)

4. Aplikasi Virtual PC, seperti Virtual Box atau VMWare. Untuk mencoba hasil .iso yg sudah diedit.

Download VirtualBOX disini
by ain_gt
[/URL]​

Cara Pembuatan :



Download template disini

1. Ekstrak templete yg gw berikan ke folder baru dengan WinRAR atau 7Zip. akan dihasilkan sebuah file .iso image.
2. Install Ultra ISO, kemudian buka file template tadi dengan aplikasi tersebut. File > Open
3. Tampilan Layoutnya akan seperti ini :

c7c3e8bdf35854241e460809b3236f72.png

Defaultnya, folder yg diberi panah - panah berwarna masih kosong, yang nantinya dapat diisi oleh file dari cd windows yg bro & sis punya.

Folder I386 (panah hitam) adalah file installer windows xp, copykan isi folder I386 dari cd windows xp kamu punya ke sana dengan mendrag n' drop.
Folder BOOT (panah oranye) adalah bot manager dari Windows Vista, copy isi folder BOOT dari dvd windows vista yg kamu punya ke sana dengan mendrag n' drop.
Folder SOURCES (panah biru) merupakan file installer vista, lakukan hal yg sama.
Folder SUPPORT dan UPGRADE (panah hijau) bersifat opsional untuk vista, tetapi jika ingin disertakan, lakukan seperti hal diatas.

4. Setelah folder-folder yg kosong diisi dengan source installer untuk masing-masing OS, maka kita dapat menge-save-nya. File > Save.

Note : pada Windows XP dengan service pack ada beberapa tambahan file yg harus dimasukkan seperti WIN51 WIN51P WIN51IP WIN51IP.SP2 ....dst
cari file tersebut pada cd windows xp dan masukkan pada root template .iso yg kita buat (satu letak dengan file VISBOOT). lihat gambar ini :

c79302dee8e397090e4afafd6ecb30ea.png




5. Setelah semua prosedur dilakukan, install Virtual PC dan mount .iso yang kamu buat untuk pengujian, jika menu-menu dapat tampil dan aplikasi yg diklik dapat berjalan, serta instalasi os dapat dilakukan maka kamu bisa memburningnya ke sebuah DVD.

Dan selamat!! Sekarang kamu telah memiliki sebuah Ultimate DVD Installer.


Screenshot Menu Boot pada Ultimate DVD


38e0705b10a56bae20d12cf0b7dccf5e.png




Bagaimana dengan menambah aplikasi lainnya ke dalam dvd yg sama? Ubuntu, Hiren's ... lain kali aja ya
tongue.gif



Sementara ini aja dulu tutorialnya, buat mengisi kesunyian dan kehampaan di forum yg lengang ini......

Bonus :


buat nemenin ente sekalian jaga forum





kabur ah, daripada diomelin...........................
ngacir.gif




Sesuai forum rules, dilarang memasukan software yang kemungkinan ilegal seperti crack, bajakan dan semacamnya. Software freeware dan shareware yang dibagikan/direview secara benar diperbolehkan

Link didelete, thread di closed dan di move ke Archive, jika anda merasa ini kesalahan mohon pm saya
 
Last edited by a moderator:
Bls: Membuat Ultimate Boot DVD - Multi Installer WinXP+Vista+Acronis A

bos, gw udah ikuti petunjuk di atas dan menggunakan ultraiso dgn menggunakan template nya, tapi waktu gw save ato save as kok lgsg exit ya. File yg gw save td tetap tersimpan dgn format iso, tapi size nya 0 (gak ada isinya sama sekali). Knp ya bos?
Mohon pencerahannya bos...thx bgt... :)
 
Bls: Membuat Ultimate Boot DVD - Multi Installer WinXP+Vista+Acronis A

File templatenya kan ada 3part, diextract dulu pake 7z. Nanti akan menghasilkan file BTMNTEMPL.iso

Nah, file .iso tersebut yg diedit dengan UltraISO. Kalo gagal berarti ada kesalahan prosedur, mungkin UltraISO yg lo install gak sempurna, ato belum dicrack.

Dicoba lagi aja...
 
Back
Top