sakit pinggang ato boyok

nopx

New member
sering kali saya didatangi pasien dengan keluhan nyeri di pinggang bag bawah ato tepatnya sering disebut BOYOK (jawa-red)...apakah anda juga pernah merasakan keluhan yang demikian.....sebenarnya apasih sakit boyok itu dan apa aja penyebanya?

Anatomi pinggang

Sebelum membicarakan lebih lanjut tentang nyeri pinggang atau LBP, ada baiknya kita lihat dulu susunan normal/anatomi yang membentuk pinggang . Struktur penting yang membentuk pinggang antara lain : tulang belakang (vertebra), sendi tulang belakang, ligamentum yang mengikat tulang belakang, serat saraf, otot, organ dalam perut dan pelvis serta kulit yang menutupi daerah pinggang.

2491885833_699a486d56_o.jpg


Fungsi Pinggang

Daerah pinggang mempunyai fungsi yang sangat penting pada tubuh manusia. Fungsi penting tersebut antara lain, membuat tubuh berdiri tegak, pergerakan, dan melindungi beberapa organ penting.

2492705446_3c64f19b26_m.jpg


Penyebab Tersering Nyeri Pinggang.

Berikut adalah beberapa penyebab tersering dari nyeri pinggang atau low back pain (LBP).

Peregangan tulang pinggang (akut, khronis)

Peregangan tulang pinggang adalah cidera regangan pada ligamentum, tendon dan otot pinggang. Regangan akan menyebabkan luka yang sangat kecil pada organ tersebut. Cidera yang paling sering menjadi biang kerok dari nyeri pinggang ini, disebabkan oleh beberapa hal antara lain, pergerakan yang berlebihan, pergerakan yang tidak benar atau trauma. Disebut akut bila keadaan ini berlangsung dalam beberapa hari atau minggu, dan disebut khronis bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan.


Iritasi saraf


Radikulopathy lumbar


Kondisi tulang dan sendi


Penyebab Lain Nyeri Pinggang

Penyebab lain dari nyeri pinggang antara lain :

Gangguan ginjal


Kehamilan


Masalah pada organ peranakan


Tumor


Penanganan Nyeri Pinggang

Seperti telah dijelaskan diatas, penanganan nyeri pinggang sangat terggantung dari penyebab nyeri itu. Setiap kasus harus ditangani secara individual untuk mengetahui latar belakang dari keluhannya sehingga dapat dikelola dengan tepat.

Prinsip utama penanganan nyeri pinggang adalah mengatasi nyerinya terlebih dahulu, setelah itu baru dicari penyebab dari nyeri pinggangnya.Penanganan fisioterapi pada kasus LBP ini yang bisa diberikan antara lain SWD (Short Wave Diathermy), MWD (Microwave Diathermy), Infra Red, Ultra Sound , Traksi, terapi manipulasi dll tergantung kondisi pasien. Sayangnya keluhan ini bisa kambuh kambuhan sehingga sangat menjengkelkan bagi beberapa pasien, untuk itu perlu dijelaskan dengan baik tentang kemungkinan kemungkinan yang terjadi.


jogjafisio.wordpress.com
 
Last edited by a moderator:
Bls: sakit pinggang ato boyok

jgn cuma minta dikunjungi aj donk...

kasih juga-lah sedikit materinya (Low Back Pain) disini, saling berbagi ilmu...
 
Bls: sakit pinggang ato boyok

intinya kurang minun air mineral............
jadi mesti banyak minum air tapi jangan yang mengandung achl.....
tar jens ga ke bagean dehhhh.....
hehehe

viss brooo
 
Back
Top