Kanjeng Ratu Kidul (Kolaborasi)

Status
Not open for further replies.
Re: Bls: Kanjeng Ratu Kidul (Kolaborasi)

numpang nimbrung ya...[<:)

Yah, terserah aja mau bilang apa...Yang jelas adanya bencana pun ga lepas dari kuasa Tuhan. Bukannya trus karena Ibu Ratu mau mantu..:D
Manusia memang makhluk paling sempurna. Pada dirinya terdapat banyak fitur2 yang luar biasa. Ada yang aktif ada yang ga aktif tapi tetep bisa diaktifkan. Seperti halnya kemampuan healing, mentranfer energi, melihat dengan mata tertutup sampai melihat makhluk2 gaib, itu wajar2 aja sebagai manusia. karena memang fitrahnya demikian. kadang apa yang tidak pernah kita alami sendiri akan sangat sulit kita percayai. yah, jalani saja apa yang sudah menjadi keyakinan masing2 dan berbuat baiklah. Tidak akan ada habisnya jika kita trus2an saling ngotot membela keyakinan masin2. ga akan pernah ada ujungnya. mau membela kebenaran versi kita? kita tahu apa?
ga masalah mau berpendapat macem2, yang penting tetep santun n rendah hati.

Anda berjiwa besar....!! begitulah agama mengajarkan agar manusia menuju kebesaran Jiwa, semakin berJiwa besar maka Manusia akan MAMPU MENERIMA APA-APA YG TIDAK BISA DIA TERIMA...., salam. [<:)
 
Pada dasarnya manusia hidup dimuka bumi ini ditugaskan untuk ber IQRA'.
IQRA' berarti bacalah, membaca dari apa? ya membaca dari semua, dari yang berbentuk (jasat) atau ghoib (ruh). Semua harus dibaca.

Menengok kebelakang -ketika ayat ini diturunkan pertama kali kepada Muhammad SAW- mengapa seorang manusia yang buta huruf dan tidak bisa menulis diperintahkan untuk membaca? membaca disini ternyata tidak secara harfiah mengartikannya.

Kembali ke pokok permasalahan mengenai -perdebatan/ diskusi/ sharing- di thread ini, pada dasarnya hal ke-ghib-an itu adalah sebuah wacana yang wajar. Maka ber-bijaksana-lah dalam menyikapi hal ini.

Goib adalah mutlak goib sedangkan mitos /cerita rakyat/ legenda itu hanya sebatas cerita yang mana hanya di peruntukkan sebagai pembelajaran/ khasanah sejarah yang mana (yang baik bisa dicontoh dan yang buruk ditinggalkan)

Kembali ke topik awal cerita tentang kanjeng ratu kidul ini bisa yang bisa dilihat dari 2 sisi tersebut.
1. Bagi yang bisa ataupun paham akan keghoiban makan coba di telaah dengan baik dipelajari, dalami dan dirasakan dengan seksama dan waspada, karena kegoiban itu sangat tipis 'menyenggol' kemusrikan.
2. Bagi yang menganggap itu hanya sebuah mitos ya udah ambillah contoh yang baik dan buanglah contoh yang jelek. ceritakan kepada anak keturunannya sebagai cerita penghantar tidur.

Salam hangat
 
Re: Kanjeng Ratu Kidul

Yth ki bungsu atau fitratulloh atau siapa aja...

Kalo sy baca tulisan anda sepertinya anda sdh sangat mumpuni dalam hal segala ilmu...bahkan tentang ibu ratu kidul pun anda bisa dgn tegas lugas mengeluarkan pendapat....menurut pandangan sy yg sama sekali ga ngerti ilmu agama atau ilmu gaib...kalian itu terlalu bangga dgn diri sendiri..terlalu gampang kalian mengeluarkan pendapat yg sebenarnya kalian itu ga tau atau ga ngerti atau ga kenal....saran sy jgn pernah jadi hakim untuk sesuatu yg kalian ga tau ... be a good muslim lah ...jgn kalian dgn pintarnya bilang alam setan,alam jin lah, alam malaikat lah, kangjeng rasul begini begono , ALLAH dah menciptakan segala sesuatu dgn benar sesuai dgn kebutuhan kita semua...nabi besar muhammad saw aja ..belum tentu sanggup bilang atau mengeluarkan pendapat spt yg kalian tulis......mendingan sok ganteng bos dari pada sok tau ....piss my bro ...
 
ayo" bagi yg gx percaya..
qt sama" yuk pake baju hijau ke pantai selatan..

gimana pa roely, minat bareng saya <3D
 
Nah justru dua ayat yang Anda sebut di atas sangat mendukung ayat yang saya utarakan. Jadi diibaratkan sedemikian luasnya dan besarnya ilmu Allah, adalah termasuk juga mengenai keghaiban, hanya Dia yang tahu dan hanya sedikit diperlihatkan kepada rasul-rasulnya.

Kembali ke topik kita; Kanjeng Ratu Kidul. Ada bebeapa hal dalam postingan Anda terdahulu dalam thread ini yang sekiranya patut dipertanyakan, antara lain:

Pertama. Jika Anda memang benar mengklaim bahwa Anda adalah salah satu orang yang mendapat ijin dari Allah untuk melihat keghaiban dan telah mengalami sendiri bertemu (interaksi) dgn mahluk ghaib (Kanjeng Ratu dkk.), maka semestinya yang harus Anda lakukan adalah pencerahan umat, seperti yang dilaksanakan oleh para rasul/nabi. Meskipun Anda tidak mau disebut nabi.
Dalam postingan Anda di hal.2 justru lebih banyak Anda tonjolkan kehebatan-kehebatan Anda (sampai mengobrak-abrik istana Kanjeng Ratu !) ketimbang memberikan pencerahan kepada umat.

Kedua. Jika menurut Anda Kanjeng Ratu Kidul adalah roh sang putri yang jasadnya telah hancur/mati dan dibawah kekuasaan setan/jin, apakah ini tidak bertentangan dengan keyakinan kita bahwa roh manusia hanya bisa dicabut oleh malaikat Ijroil atas kehendak Allah. Entah dia mati biasa, kecelakaan, ataupun bunuh diri.
Dan ingat, setiap roh yang dicabut dari jasad hanya tersedia tempat di alam kubur. Agama kita tidak mengenal roh gentayangan, dan alam kubur bukan di kuburan.

Ketiga. Penggambaran mengenai Kanjeng Ratu Kidul yang Anda paparkan berbeda pula dengan yang dipaparkan oleh orang lain yang juga mengaku pernah bertemu. Dari sekian banyak kesaksian (lihat di Google) tidak ada yang sama. Ini menunjukkan bahwa hal ini hanya imajinasi yang berbeda-beda pengembangannya pada masing2 orang.
Yang menarik: "Kereta Kencana Kanjeng Ratu ditarik 40 ekor kuda putih". Mengapa cerita para lelembut selalu digambarkan ketinggalan jaman ? Kenapa si Kanjeng Ratu nggak pakai mobil limosin aja yang bertenaga ratusan tenaga kuda ? (ingat, kereta kencana juga teknologi barat)

Keempat. Bagaimana cara Anda belajar menembus keghaiban (selama belasan tahun), sedangkan di ajaran agama samawi tidak pernah disebutkan cara-cara umat untuk bisa interaksi langsung dgn mahluk ghaib ? Bukankah kita hanya cukup meyakini saja dan tidak perlu melakukan aksi-aksi palsu demi sensasi ?

Kesimpulan saya tetap, bahwa Kanjeng Ratu Kidul hanyalah sebuah mitos. Dan sebagai mitos tentu tidak dapat dibuktikan secara nyata. Mitos bisa berkembang dalam imajinasi setiap orang dan pengembangannya adalah masing-masing berbeda. Keyakinan akan mitos yang terlalu kuat membuatnya seolah-olah merupakan kenyataan.

Sebelumnya saya minta maaf , jujur saya orang awam dan saya juga masih usia 22 ., saya mungkin belum paham betul ., memang benar jika anda berfikir secara logis , bahwa hal semacam itu hanyalah mitos belaka , karena mungkin anda pribadi belum pernah mengalaminya, maka tidak jarang untuk mereka yang mengaku sebagai ulama ( maaf ) tetapi banyak melakukan kesalahan sebagai contoh tentang mati sahid ( atau bom bunuh diri ) itu di sebabkan mereka belum mengerti betul apa yang sesengguhnya Allah tujukan ., kembali lagi itu pendapat anda karena setiap manusia mempunyai pandangan masing - masing tetapi ada baiknya tidak menjudge yang lainnya ..


Salam
 
=b==b==b= betul ! begitulah kurang lebihnya pemahaman sebuah mitos =b==b==b=

Saya pernah berpikir, bagaimana cara untuk menghapuskan mitos-mitos yang tidak memberikan keuntungan atau bahkan menghambat kemajuan masyarakat kita, seperti mitos Ratu Kidul ini. Mungkin dengan menanamkam pengertian / pemahaman yang benar perihal ke-mitos-an kepada para anak didik (baca: generasi baru). Jangan sampai mereka kelak terbelenggu oleh keyakinan yang salah seperti sebagian dari generasi-generasi yang sudah-sudah.

Hahahaha jujur buang bang roelly maaf sebelumnya ., kita hidup bukan pada masa sekarang saja ., sebelum itu masih ada masa masa yang lain ., karena mitos itu tidak hanya berlaku di indonesia saja ., bahkan di luar sana pun masih banyak mitos yang di percaya ., karena jangan salah mitos itu sendiri memang sudah menjadi budaya suatu daerah , kota , bahkan negara ., jadi gak akan pernah bisa di hilangkan ., !!

Terima kasih
 
Maaf sebelumnya untuk para sesepuh mohon pentunjuk nya , karena saya mengalami kejadian ini ,

Saya pernah di temui seorang wanita saat itu kondisi saya dalam keadaan setengah tertidur , dan sebelum wanita itu datang sebelumnya saya mendengar suara ombak laut yang pecah di pantai , tidak lama saya sadar bahwa saya sudah di tepi pantai , kemudian saya bertemu dengan wanita itu , saya tidak jelas betul dengan wajahnya , yang saya lihat dan paham betul dia berpakaian seperti wanita keraton memakai kemben hijau , kain batik corak hijau , rambut panjang sampai pantat , badannya wanginya masya Allah menyengat wangi melati tapi enak , dia bilang " kamu minta apa ( tapi pakai bahasa jawa ) "
Saya jawab " saya hanya ingin kesejahteraan buat semua nya , dan saya tidak mau ada korban sedikitpun , jikalau memang harus ada yang di korbankan , saya hanya ingin satu , yaitu saya sendiri "

Setelah itu dia hanya senyum dan memutar balik badannya , setelah itu saya tidak tahu tiba tiba tubuh saya seperti terlempar dari atap dan jatuh ketempat tidur ( saat itu saya dalam kondisi sadar ) dan saat saya melihat ke langit langit atap tiba tiba ada sosok putih yang samar jatuh ke badan saya dan lenyap ( entah makhluk apa itu) , itu pertemuan hari pertama

Kemudian hari kedua dia hanya datang saja tidak ada hal yang kita bicarakan ,

Kemudian hari ketiga dia datang kembali
Tapi dia tidak membawa saya ke laut lagi , dia hanya membawa saya ke rumah gubug , sama seperti hari kedua tidak ada dialog apapun tetapi saat kita berpisah dia hanya menyerahkan kitab lusuh ( buku tua ) dimana ada beberapa bagian yang sudah rusak karena mungkin kemakan usia , sebelum dia pergi saya sempat membuka buku itu di bagian tengahnya dimana di dalamnya ada berupa tulisan jawa kuno ( saya tidak tahu baca huruf jawa ) dan ada satu lukisan wanita rmbut panjang cantik ., dia hanya bilang " itu buat kamu "
Jujur selama 2 tahun saya coba untuk mencari tahu apa arti semua itu , kata nenek saya , saya harus ke orang " pintar "

Mohon bisa di jelaskan segala maksud dan tujuannya syukur syukur saya bisa mendapatkan nomor telp atau media yang memang bisa untuk berinteraksi lebih dalam tentang hal ini ...


Terima kasih atas waktunya

Saya tunggu siapa saja dari beliau semua yang bisa menjelaskan ..

Sekali lagi terima kasih
 
Maaf sebelumnya untuk para sesepuh mohon pentunjuk nya , karena saya mengalami kejadian ini ,

Saya pernah di temui seorang wanita saat itu kondisi saya dalam keadaan setengah tertidur , dan sebelum wanita itu datang sebelumnya saya mendengar suara ombak laut yang pecah di pantai , tidak lama saya sadar bahwa saya sudah di tepi pantai , kemudian saya bertemu dengan wanita itu , saya tidak jelas betul dengan wajahnya , yang saya lihat dan paham betul dia berpakaian seperti wanita keraton memakai kemben hijau , kain batik corak hijau , rambut panjang sampai pantat , badannya wanginya masya Allah menyengat wangi melati tapi enak , dia bilang " kamu minta apa ( tapi pakai bahasa jawa ) "
Saya jawab " saya hanya ingin kesejahteraan buat semua nya , dan saya tidak mau ada korban sedikitpun , jikalau memang harus ada yang di korbankan , saya hanya ingin satu , yaitu saya sendiri "

Setelah itu dia hanya senyum dan memutar balik badannya , setelah itu saya tidak tahu tiba tiba tubuh saya seperti terlempar dari atap dan jatuh ketempat tidur ( saat itu saya dalam kondisi sadar ) dan saat saya melihat ke langit langit atap tiba tiba ada sosok putih yang samar jatuh ke badan saya dan lenyap ( entah makhluk apa itu) , itu pertemuan hari pertama

Kemudian hari kedua dia hanya datang saja tidak ada hal yang kita bicarakan ,

Kemudian hari ketiga dia datang kembali
Tapi dia tidak membawa saya ke laut lagi , dia hanya membawa saya ke rumah gubug , sama seperti hari kedua tidak ada dialog apapun tetapi saat kita berpisah dia hanya menyerahkan kitab lusuh ( buku tua ) dimana ada beberapa bagian yang sudah rusak karena mungkin kemakan usia , sebelum dia pergi saya sempat membuka buku itu di bagian tengahnya dimana di dalamnya ada berupa tulisan jawa kuno ( saya tidak tahu baca huruf jawa ) dan ada satu lukisan wanita rmbut panjang cantik ., dia hanya bilang " itu buat kamu "
Jujur selama 2 tahun saya coba untuk mencari tahu apa arti semua itu , kata nenek saya , saya harus ke orang " pintar "

Mohon bisa di jelaskan segala maksud dan tujuannya syukur syukur saya bisa mendapatkan nomor telp atau media yang memang bisa untuk berinteraksi lebih dalam tentang hal ini ...


Terima kasih atas waktunya

Saya tunggu siapa saja dari beliau semua yang bisa menjelaskan ..

Sekali lagi terima kasih

Lupa saat hari pertama dia memberi tahu kalau dia nyi roro kidul
 
Mr/Mrs. Confused22, menurut saya, apa yang Anda alami bertemu dgn Nyi Roro Kidul tidak lebih dari pengalaman psikologis saja.
Tentang mitos yg menurut Anda tidak bisa dihilangkan mungkin ada benarnya, namun yg penting adalah bagaimana kita berupaya meluruskan mitos-mitos tsb agar berdampak positif bagi generasi y.a.d.
 
Mr/Mrs. Confused22, menurut saya, apa yang Anda alami bertemu dgn Nyi Roro Kidul tidak lebih dari pengalaman psikologis saja.
Tentang mitos yg menurut Anda tidak bisa dihilangkan mungkin ada benarnya, namun yg penting adalah bagaimana kita berupaya meluruskan mitos-mitos tsb agar berdampak positif bagi generasi y.a.d.

mungkin krn ak bukan org jawa jd ga percaya eksistensi nyi roro kidul
itu hanyalah sebuah mitos
 
Mr/Mrs. Zhilands, saya sudah dua kali ke pantai Parangtritis pake baju hijau, celana hijau, kendaraan warna hijau pula. Gak ngaruh tuh...

Mr. Mojave, memang begitulah, mitos Ratu Kidul berawal dari pendirian keraton Mataram Islam, kerajaan di Jawa.
 
Mitos (kalo yang dibicarakan adalah Mitologi) nggak akan mungkin dihilangkan... Menghilangkan mitos/mitologi sama saja dengan menghilangkan budaya itu sendiri... Juga tidak perlu diluruskan karena mitologi itu terbentuk dan berakar dari budaya, yang tentu saja tidak ada 'budaya' atau 'pandangan' lain yang berhak untuk meluruskan...

Yang perlu diluruskan itu adalah pemakaian kata mitos itu sendiri yang selama ini sudah mengalami disambiguisasi, sehingga yang terjadi adalah jika ada kata mitos itu berarti 'salah' dan 'nggak benar'...
Ratu Kidul, roro Kidul, Ratu Selatan, You name it itu adalah sebuah mitologi atau mitos yang bersumber dan berakar dari budaya yang merupakah hasil karya, karsa dan pikiran manusia... Sama halnya dengan Mitologi/Mitos Yunani Kuno, Jepang, China, Nordik, Mesir, Islam, Kristen, Hindu dll...

Dan itu semua bukan 'mitos' yang sudah terambiguisasi tadi... Nggak sama dengan 'Mitos tangkur buaya', 'Mitos kuat diranjang dengan cara yadda yadda...', 'Mitos pengobatan ini bla bla bla....'

Nah pemakaian kata 'mitos' itu yang perlu diluruskan, bukannya meluruskan sebuah mitos yang sudah ada...

Itu akan sama halnya dengan seseorang yang mencoba meluruskan agama orang lain karena nggak sesuai dengan ajaran agama yang dia anut....




-dipi-
 
Mitos (kalo yang dibicarakan adalah Mitologi) nggak akan mungkin dihilangkan... Menghilangkan mitos/mitologi sama saja dengan menghilangkan budaya itu sendiri... Juga tidak perlu diluruskan karena mitologi itu terbentuk dan berakar dari budaya, yang tentu saja tidak ada 'budaya' atau 'pandangan' lain yang berhak untuk meluruskan...

Yang perlu diluruskan itu adalah pemakaian kata mitos itu sendiri yang selama ini sudah mengalami disambiguisasi, sehingga yang terjadi adalah jika ada kata mitos itu berarti 'salah' dan 'nggak benar'...
Ratu Kidul, roro Kidul, Ratu Selatan, You name it itu adalah sebuah mitologi atau mitos yang bersumber dan berakar dari budaya yang merupakah hasil karya, karsa dan pikiran manusia... Sama halnya dengan Mitologi/Mitos Yunani Kuno, Jepang, China, Nordik, Mesir, Islam, Kristen, Hindu dll...

Dan itu semua bukan 'mitos' yang sudah terambiguisasi tadi... Nggak sama dengan 'Mitos tangkur buaya', 'Mitos kuat diranjang dengan cara yadda yadda...', 'Mitos pengobatan ini bla bla bla....'

Nah pemakaian kata 'mitos' itu yang perlu diluruskan, bukannya meluruskan sebuah mitos yang sudah ada...

Itu akan sama halnya dengan seseorang yang mencoba meluruskan agama orang lain karena nggak sesuai dengan ajaran agama yang dia anut....




-dipi-

Coolll gw setuju banget dengan jawabannya tepat seperti yang gw pikirin !!!!!!!! Two tumb !!
 
Mr/Mrs. Confused22, menurut saya, apa yang Anda alami bertemu dgn Nyi Roro Kidul tidak lebih dari pengalaman psikologis saja.
Tentang mitos yg menurut Anda tidak bisa dihilangkan mungkin ada benarnya, namun yg penting adalah bagaimana kita berupaya meluruskan mitos-mitos tsb agar berdampak positif bagi generasi y.a.d.

Yup terima kasih atas tanggapannya .,
Memang sedikit sulit untuk bisa menyatukan pemikiran orang di zaman modern ini dengan orang yang masih percaya dg mitos kuno .,
Tapi mungkin mr/ mrs. Roelly sendiri blm pernah mengalami hal itu dalam kehidupan pribadi anda ., jika anda mengalami hal tersebut dalam diri anda mungkin anda juga sama seperti mereka mempercayai mitos itu sendiri .,

Thanks
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top