Edutainment Theme Park Pertama Diindonesia

n0v4n

New member
Hebat yahh Indonesia negara keempat yg punya theme park KIdzania...surga bagi anak anak indonesia nih utk belajar dan bermain...dibwah ini beritanya dikutip dr bisnis indonesia

Membangun 'kota' anak-anak dengan US$11 juta

Tak ada waktu untuk bersantai-santai lagi. Semua harus bekerja keras. Itulah yang terjadi di lingkungan kerja PT Aryan Indonesia, pemegang hak waralaba Kidzania di Indonesia dari negara asalnya, Meksiko

Apa boleh buat. Perusahaan itu telah memutuskan untuk merampungkan pembangunan sebuah 'kota' pada pertengahan tahun ini. Sebuah 'kota' khusus bagi anak-anak yang telah terbukti sangat ampuh untuk mengembangkan investasi bernilai jutaan dolar.

Kidzania, itulah 'kota' yang telah sukses menggaet nama besar berkelas global sebagai partner internasional yang sudah puluhan bahkan ratusan tahun malang melintang di seantero dunia.

Sebutlah nama Coca Cola, American Airlines, Uniliver, Nestle, AIG International, 3M, Fuji, General Motors, WalMart. Avis, Johnson & Johnson, HSBC dan McDonald's.

Sejumlah perusahaan raksasa lainnya tengah bernegosiasi untuk ikut terjun langsung di Kidzania, yang tengah berkembang pesat di sejumlah kota besar.

Meski berbagai taman bermain kelas dunia telah berkembang, Kidzania telah menjadi daya pikat sendiri bagi anak-anak dan investor.

Dunia idaman

Bagi anak-anak Kidzania adalah sebuah dunia idaman yang tak dimiliki oleh taman bermain lain. Sedangkan bagi investor, Kidzania adalah sebuah peluang tanpa pesaing yang tengah berkembang pesat.

Kedua daya pikat tersebut bisa menjadi energi untuk mengembangkan sayap ke seantero dunia, termasuk Indonesia.

Semangat untuk menggapai dunia juga didorong oleh kenyataan bahwa jumlah pengunjung Kidzania meningkat dari tahun ke tahun.

Prestasi itu tentu sangat terkait dengan kesungguhan pengelola untuk memenuhi tuntutan kepuasan dan keamanan pengunjung.

Itulah faktor mengapa Kidzania berhasil memperoleh penghargaan prestisius sehingga keberadaannya sebagai taman rekreasi kelas dunia tak perlu diragukan.

Dengan demikian para orang tua tak perlu was-was bahwa anak-anak mereka memperoleh pelajaran sesat seperti aksi-aksi kekerasan sebagaimana kerap dipertontonkan berbagai media massa atau permainan komputer.

Kidzania pertama di dunia, yang dibuka pada September 1999 di Mexico City, telah memperoleh dua penghargaan kelas dunia.

Pertama adalah Best New The Park yang bisa disetarakan dengan Oscar untuk industri hiburan anak dari Themed Entertainment Association (TEA) pada 2001. Lalu Top Family Entertainment Center pada 2003 dari International Association of Amusement Parks and Attracations (IAAPA).

Kemudian, tak lama setelah dibuka, Kidzania kedua yang berlokasi di Monterrey, Meksiko, juga memperoleh Best New Theme Park pada 2006.

Sementara itu, kini ribuan anak di Jepang harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan giliran masuk ke Kidzania di Tokyo, yang dibuka Oktober tahun lalu.

Maklum, jumlah peminat di sana jauh lebih besar dibandingkan kapasitas yang tersedia meski Jepang adalah salah satu negara yang memiliki fasilitas hiburan anak paling lengkap di dunia.

Antrean panjang itu terjadi karena Kidzania dikenal luas sebagai pusat edutainment yang lebih maju dan bermanfaat untuk kepentingan anak-anak pada hari ini dan masa depan.

Anak-anak di Jakarta dan Dubai tentu harus lebih sabar karena Kidzania di Jakarta baru akan dibuka pada pertengahan tahun ini. Sedangkan di Dubai, Kidzania akan dibuka Oktober tahun ini.

Tapi yang pasti, para anak-anak dan juga orang tua mereka tak perlu khawatir soal fasilias dan kualitas karena pasti sama dengan yang sudah ada.

Di sana anak-anak itu bisa mewujudkan mimpi bila dewasa kelak, yang nyaris tak mungkin terwujud di dunia nyata pada saat ini. Maklum, di Kidzania, hanya anak-anak berumur 4-13 tahun yang diizinkan menjadi warga kota.

Di Kidzania, anak-anak tersebut bisa berperan sebagai tokoh sesuai dengan impian mereka. Bisa menjadi bankir, insinyur, pilot, fotografer, penata rambut, wartawan, presenter TV, penyiar radio, dokter, kasir, petugas pompa bensin atau lainnya.

Mereka juga memiliki ruang kerja yang memadai karena di Kidzania terdapat lebih dari 50 bangunan (paviliun) dengan fungsi berbeda-beda sesuai dengan tuntutan sebuah kota.

Ada bank, bandara, kantor penerbitan surat kabar, studio TV, foto studio, pabrik, proyek konstruksi. Setiap bangunan akan diberi nama diberi nama sama dengan permintaan sponsor.

"Itu berarti anak-anak mendapatkan brand awareness sejak kecil," kata Ika Suwandi, Marketing Director PT Aryan Indonesia. "Maka, kelak akan terwujud brand loyalty karena mereka berasosiasi pada produk atau jasa."

Tak cuma itu. Di Kidzania juga berlaku mata uang dan ATM khusus. Ini berarti mereka akan mengendalikan sepenuhnya roda ekonomi di seluruh wilayah 'kota' tanpa intervensi dari orang dewasa.

Dengan demikian, ketika kembali ke dunia nyata, mereka memiliki apresiasi lebih tinggi pada arti kehidupan, pekerjaan dan uang.

"Di Kidzania, anak-anak bisa bermain sambil belajar secara realitis," kata Andhie Saad, Chief Executive Officer PT Aryan Indonesia.

Kidzania Indonesia akan menempati areal 7.500 m2 di Pacific Place Shopping Mall, Sudirman Central Business Centre, Jakarta.

Pada tahun pertama, Kidzania Indonesia diperkirakan akan menampung sekitar 600.000 anak, lalu berkembang menjadi satu juta pada tahun-tahun berikutnya. Sedangkan kapasitas kota adalah 1.250 anak setiap lima jam.

Sejumlah perusahaan besar telah memutuskan untuk terjun langsung di 'kota' baru ini. Tercatat nama Sony, Holcim, BCA, Mayora, Wings, PLN, Unican, SECOM, dan Media Indonesia.

Investasi yang dibutuhkan untuk membangun 'kota' khusus bagi anak-anak itu mencapai US$11 juta.

"Sebagai target pemasaran, anak-anak memiliki tiga dimensi. Pertama mereka mempunyai daya beli, kedua dapat memengaruhi orang tua dalam berbelanja dan ketiga merupakan pangsa pasar masa depan," tutur Andhie. (eries. adlin@bisnis.co.id)

Oleh Sutan Eries Adlin
Wartawan Bisnis Indonesia
 
lucu banget deh..ini dibwah photo simulasi ambulance nya...


trus ada atmnya juga



trus ada simulasi.sopir taxi..heheh lucu yahh


dan dibawah ini adalah antrian mau masuk ke Kidazania diJepang

 
Back
Top