Surga Yang Pernah Ditempati Nabi Adam ?Alaihissalam

andy_baex

New member
Dijawab oleh: Ustadz Muhammad Arifin Badri

Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertanyaan saya mengenai surat Al A?raf ayat 19. Ketika disebutkan setelah diciptakan Adam as berdiam di surga, yang dimaksud surga itu apakah surga yang dijanjikan Allah SWT, atau surga di tempat lain? ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa surga itu tempat yang sangat indah di bumi. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Jawaban Ustadz:

بسم الله الرحمن الرحيم

Ulama? berbeda pendapat dalam permasalahan ini, jumhur (kebanyakan) ulama? berpendapat bahwa surga yang dimaksud adalah surga yang ada di langit, yang kelak akan di huni oleh kaum mukminin, diantara dalil yang menguatkan pendapat ini ialah hadits As Syafa?ah berikut:

عن حذيفة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (يجمع الله تبارك وتعالى الناس فيقوم المؤمنون حتى تزلف لهم الجنة فيأتون آدم فيقولون يا أبانا استفتح لنا الجنة فيقول وهل أخرجكم من الجنة إلا خطيئة أبيكم آدم). رواه مسلم

?Diriwayatkan dari sahabat Huzaifah radhiallahu ?anhu ia berkata: Rasulullah shalallahu ?alaihi wassallam bersabda: Allah Yang Berkah dan Maha Tinggi akan mengumpulkan manusia, kemudian ketika surga telah didekatkan, maka kaum mukminun akan bangkit, dan mendatangi Nabi Adan alaihissalam, kemudian mereka akan berkata kepadanya: ?Wahai bapak kami, mohonlah agar surga segera dibukakan untuk kami.? Maka beliau menjawab: ?Tidaklah ada yang mengeluarkan kamu dari surga, melainkan kesalahan bapakmu Adam??? (HRS Muslim)

Dan juga hadits Abu Hurairah radhiallahu ?anhu berikut ini:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : احتج آدم وموسى عليهما السلام عند ربهما فحج آدم موسى. قال موسى: أنت آدم الذي خلقك الله بيده ونفخ فيك من روحه وأسجد لك ملائكته وأسكنك في جنته ثم أهبطت الناس بخطيئتك إلى الأرض. رواه مسلم

?Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ?anhu ia berkata: Rasulullah shalallahu ?alaihi wassallam bersabda: Nabi Adam dan Nabi Musa ?alaihimassalam pernah berdebat disisi Allah, maka Nabi Adam berhasil mengalahkan Nabi Musa. Nabi Musa berkata: ?Wahai Adam, engkaulah orang yang Allah ciptakan langsung dengan Tangan-Nya, dan Allah meniupkan ruh-Nya kepadamu, dan memerintahkan para Malaikat untuk bersujud kepadamu, dan Allah juga telah memberimu kesempatan untuk tinggal di surga-Nya, kemudian engkau karena dosamu menurunkan seluruh manusia (anak keturunanmu) ke bumi.?? (HRS Muslim)

Dari kedua hadits ini dan juga dalil-dalil lain jumhur ulama? berpendapat bahwa surga yang pernah dihuni Nabi Adam ?alaihissallam beserta istrinya Hawa adalah surga yang ada di langit, bukan surga dengan pengertian taman yang indah yang ada di bumi.

Walau demikian ada sebagian ulama salaf yang berpendapat bahwa surga yang dimaksud ialah surga khusus yang telah Allah siapkan untuk menguji Nabi Adam ?alaihissallam bersama istrinya Hawa. Kemudian ulama? yang berpendapat demikian ini terbagi menjadi dua kelompok, yang pertama mengatakan: Surga khusus ini berada di langit, dan kelompok kedua mengatakan bahwa letak surga khusus ini ada di bumi.

Ulama? yang mengatakan pendapat kedua ini beralasan: karena Nabi Adam ?alaihissallam dan istrinya Hawa mendapatkan tugas agar tidak memakan satu jenis buah suatu pohon, dan Nabi Adam ?alaihissallam tidur, dan juga Iblis dapat masuk ke dalamnya, semua ini menunjukkan bahwa surga yang dimaksud bukanlah surga yang akan dihuni oleh kaum mukminin kelak setelah datangnya hari qiyamat.

Bila di amati lebih jauh, maka pendapat jumhur ulama? lebih kuat, karena didukung oleh pemahaman kedua hadits di atas.

Demikianlah secara singkat jawaban pertanyaan ini, bagi yang ingin mendapatkan penjelasan lebih banyak, silahkan baca kitab Al Bidayah wa An Nihayah 169-dst, oleh Ibnu Katsir rahimahullah, dan juga Al Qurtubhi dalam Tafsir-nya 1/302 ?dst.
 
Back
Top