Diet n olah raga

Bls: Diet n olah raga

ini deh tips nya

1. Jangan memulai program pengendalian berat badan bila sedang depresi atau mengalami perubahan penting dalam hidup. Dalam kondisi tersebut biasanya kita akan mengalami kegagalan sejak awal.

2. Tentukan sasaran penurunan berat badan yang masuk akal (jangka panjang dan pendek). Kalau ingin menghilangkan 18 kilogram, mulailah menurunkan 2 kilogram dulu setiap bulan.

3. Cermati asupan makanan. Kebanyakan orang dewasa meremehkan jumlah kalori yang dimakan. Mengurangi 500-1.000 kalori per hari dari porsi sekarang dapat menurunkan berat badan 0,5-1 kilogram per minggu. Hanya saja, kalori di bawah 1.200 per hari tidak memenuhi kebutuhan gizi. Karena itu, perhatikan aturan makan yang baik.

4. Belajar menikmati makanan sehat. Siapkan selalu makanan sehat, baik menu utama maupun camilan. Porsi camilan juga perlu diperhatikan.

5. Kurangi lemak makanan hingga 30 persen. Meski demikian, jangan terlalu banyak mengurangi lemak karena tubuh membutuhkannya. Anda dapat mengurangi lemak secara drastis dengan menghindari asupan daging, gorengan, makanan penutup yang berlemak, mentega, margarin, mayonnaise, dan salad dressing.

6. Jangan lewatkan waktu makan. Makan pada waktunya membuat nafsu makan dan pilihan lebih terkendali. Sarapan akan meningkatkan metabolisme tubuh sejak pagi dan membakar lebih banyak kalori.

7. Buatlah catatan diet. Orang yang mencatat apa yang dimakan lebih sukses menjaga berat badan dalam jangka panjang. Buat juga catatan olahraga.

8. Catat faktor yang mempengaruhi usaha pengendalian berat badan. Catat kapan muncul keinginan untuk makan. Apakah tergantung suasana hati, waktu, jenis makanan atau kegiatan tertentu? Apakah Anda tanpa konsentrasi, misalnya sambil menonton TV atau membaca?

9. Perhatikan apa yang diminum. Batasi minuman ringan. Alkohol mengandung banyak kalori yang meningkatkan nafsu makan dan menurunkan niat mengurangi berat badan. Minumlah susu berkadar lemak rendah serta jus buah, tapi jangan banyak-banyak karena keduanya juga mengandung kalori. Minum air putih lebih baik.

10. Batasi gula dan makanan manis. Keduanya mengandung banyak kalori, tapi rendah zat gizi. Makanan penutup dan yang manis seperti permen mengandung banyak lemak.

11. Makanlah perlahan-lahan. Dengan demikian, porsi yang dimakan akan lebih sedikit, sebab Anda sudah merasa kenyang.

12. Konsentrasi pada yang dimakan. Jangan makan sambil melakukan sesuatu, misalnya membaca atau menonton TV.

13. Ambil sendiri makanan untuk Anda sesuai kebutuhan.

14. Gunakan piring lebih kecil. Kurangi porsi makan. Setiap selesai menyuap, taruh sendok di piring, sebagai salah satu cara mengerem makan.

15. Kendalikan diri bila ada makanan kesukaan. Keinginan makan pun akan segera hilang.

16. Jangan terlampau sering menimbang berat badan. CUkup sekali seminggu.

17. Minumlah multivitamin setiap hari saat diet, terutama kalau kalori yang masuk dibatasi 1.400 per hari. Tidak perlu minum formula mahal, berdosis tinggi, ataupun formula penurun berat badan.
 
Bls: Diet n olah raga

diet dengan tinggi serat


makan serat yang banyak ( tapi jangan terlalu banyak )
terus olah raga yang banyak



serat berfungsi untuk membakar lemat dan melancarkan buang air besar



malas ngetik ah
baca aja artikelnya di blog ku
 
Last edited by a moderator:
Back
Top