pesan dari sang GURU..

kyai_GANTARO

New member
"jalani Hidup Dengan Kosong Ego. Nikmati Hidup Seperti Raja. Berbuat Baik Untuk Hidup Baik. Hidup Baik Dalam Kasih. Kasih Itu Kosong Ego. Raja Itu Punya Peranan Utama."
 
Bls: pesan dari sang GURU..

Tolong penjabarannya, pak Kyai.
Karena setahu saya, ego itu diri. Kalau kosong ego berarti gak ada diri donk. Terus siapa yang harus menikmati hidup seperti raja dan berbuat baik kalau dirinya gak ada. Atau mungkin yang dimaksud ego adalahegois ?
 
Bls: pesan dari sang GURU..

kosong ego maksudnya.. ego kita hilang yang ada hanya sifat ke ilahian.. dalam arti jawa adalah manungaling kawulo lan gusti.. semua sifat dan kesadaran kita bersumber dari sang pencipta maha kuasa
 
Bls: pesan dari sang GURU..

hmm..>8|..maksudnya supaya manusia bisa melepaskan kodrat dan takdir nya .
Agar menjadi Keillahian dan bukan Kemanusiawian....hmm.>8|

Buwad gw sih,..mns mempunyai ego adlh hal yg sangat Manusiawi.>8|
Utk menyatu dgn Sang Pencipta,..mns musti mjd sangat Manusiawi.
Krn manusia adlh Gambaran DIA.
Jd ,semakin mns menjadi manusia yg sesungguhnya,.semakin mns 'mendekati' DIA.>:l
DIA nda perlu dikejar. Utk disatu in.
Kl manusia udah bisa menjd mns sesungguhnya,.mk dia akan menyatu dan sesuai Gambaran DIA.
 
Bls: pesan dari sang GURU..

Mungkin "Pesan dari Sang Guru" yang disampaikan oleh pak Kyai semacam pesan religius yang berdasar kepada "kebatinan" yang dulu banyak dianut oleh masyarakat Jawa.

Saya menemukan tulisan yang agaknya relevan dengan pesan Sang Guru tersebut di buku karangan Niels Mulder, berjudul "Kebatinan dan Hidup Sehari-hari Orang Jawa" di halaman 11 sebagai berikut:

Bagi mereka (penganut kebatinan), Tuhan ada dalam hati manusia dan hidup manusia sendiri harus menjadi doa terus-menerus kepada Yang Maha Kuasa. Bagi kaum abangan Jawa, Tuhan bukanlah hakim yang jauh dan tidak terdekati, sebaliknya Tuhan begitu dekat kepada manusia lebih dari apapun juga, karena pada dasarnya manusia adalah bagian dari Hakekat Ilahi.

Di bagian bawahnya, si penulis menjelaskan bahwa Tuhan dalam pengertian Jawa adalah "imanen" (menyatu dalam setiap diri manusia). Sedangkan pengertian dari agama-agama asal Timur Tengah (Islam,Kristen,Yahudi) lebih mengacu kepada Tuhan yang "transenden" (berada di suatu tempat).

Apakah yang dimaksud begitu, pak Kyai ?
 
Bls: pesan dari sang GURU..

ga ada ego bagaikan hidup tanpa jiwa.sperti robot yg tidak mempunyai perasaan
 
Bls: pesan dari sang GURU..

@ Kyai Gantaro

Hal yang menarik adalah bahwa "kebatinan" oleh seorang ahli (Sumantri Mertodipuro) diartikan sebagai "cara a'la Indonesia mendapatkan kebahagiaan. Kebatinan, apapun namanya: tasawuf, ilmu kesempurnaan, teosofi, dan mistik adalah gejala umum di Indonesia"
Artinya, kebatinan sebagai dasar pemahaman spiritual dalam usaha seseorang untuk menyatu dan berkomunikasi dengan realitas asali dalam kosmos, berdasar pada keyakinan akan adanya kesatuan hakiki antara segala yang ada, termasuk antara dirinya dengan Tuhan. Praktek kebatinan senantiasa dilakukan untuk lebih memperdalam penghayatan religius agama apapun atau kepercayaan apapun yang dianut.

Baiklah, pak Kyai, itu hanyalah yang saya simpulkan dari tulisan seorang pengamat asing (Niels Mulder), yang saya anggap cukup relevan dengan Pesan sang Guru.[<:)

Tidak lupa saya KLIK satu buat pak Kyai.
 
Kwakak.. Om popoi bener.. Kalo org itu salah.. Om popoi salah klo org itu bener. Yg benar y benar, yg salah y salah.. Jgn yg bener disalahn.. Yg salah dbenerin.. Bener ga..?
 
Last edited:
Bls: pesan dari sang GURU..

jiah.. jadi.. gue salah apa bener bay..??
heheh.. ngomong ngomong.. glad to see you here bay.. udah lama banget... bertahun tahun.. huekekekekeke...
 
Bls: pesan dari sang GURU..

Y gw ga tau.. Yg buat ni thread jg.. Ga tau dy bener pa ga..
Iy ni om.. Pusing blajar kimia.. Piye kabare om
 
Bls: pesan dari sang GURU..

apik ae bay..
wew.. kimia...
ajarin dong bay..
gue juga udah lupa lagi nih..
kalo gak salah dari C ya..??
xixixixixi
 
Bls: pesan dari sang GURU..

Mohon tambahan pencerahan dari pak kyai agar paham dan mengendap dalam sanubari kita. . . .
. . . .kalau kulitnya saja yang dibahas nanti jadi kayak syeh siti jenar lho. . . . .
 
Back
Top